6 Cara Sederhana Menghindari Kejahatan Skimming Kartu ATM

Menghindari Kejahatan Skimming Kartu ATM
Apa yang dimaksud dengan Skimming? Skimming bukan hal yang baru lagi. Namun kejahatan skimming semakin meningkat dalam prakteknya. Teknis kejahatan Skimming semakin beragam bentuknya. Skimming adalah pencurian informasi ATM termasuk PIN nasabah melalui mesin ATM.

Pengguna kartu ATM semakin banyak jumlahnya tiap waktu. Kartu ATM memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi keuangan yang lebih cepat. Di balik kemudahan tersebut, setiap pengguna harus berhati-hati dalam pemakaiannya. Kejahatan Skimming selalu mengintai para penggunanya saat berada di mesin ATM.

Jika kita berhati-hati dan waspada maka apa salahnya. Lebih baik waspada daripada menyesal kemudian setelah kejadian yang tidak dinginkan terjadi. Saat berada di ATM, kita perlu memperhatikan sekitar mesin ATM sebelum melanjutkan transaksi di ATM.


Untuk membantu anda menghindari Skimming kartu ATM, ada 6 cara sederhana mencegah kejahatan Skimming kartu ATM.

1. Mengecek Sekitar Mesin ATM

  • Pada lubang kartu tidak ditempelkan alat skimmer yang bisa membaca data. Periksa dengan mengecek apakah ada bekas lem, tempelan atau hal mencurigakan pada lubang untuk memasukkan kartu.
  • Keyboard Pin (Pinpad) tidak ditempeli keyboard palsu (keypad palsu).
  • Pada ATM tidak terdapat kamera yang mencurigakan baik pada ATM, lampu downlight ATM, dan penutup keypad (pinpad).
  • Pada ATM tidak ada perangkat router tambahan yang terpasang.

2. Pada saat memasukkan PIN, tutup pinpad dengan tangan.
Saat memasukkan PIN ATM biasanya kita menggunakan tangan kanan kita. Maka tutuplah pinpad dengan telapak tangan kiri kita saat mengetikkan PIN.

3. Jangan memberitahu siapapun PIN ATM kepada siapapun bahkan petugas bank sekalipun.
Saat membuat kartu ATM di bank, petugas bank saja tidak mengetahui PIN ATM yang kita buat. Kita diminta untuk memasukkan sendiri PIN ATM tersebut. Saat kartu ATM bermasalah di mesin ATM, mungkin kita akan sedikit panik. Namun berusahalah mengendalikan diri dengan tetap tenang. Jangan pernah memberitahukan PIN kepada siapapun dikarenakan orang lain bermaksud membantu menyelesaikan masalah kartu ATM.

4. Melakukan perubahan PIN ATM secara berkala
PIN ATM perlu diperbarui secara berkala. Ini bisa menghindari masalah seperti kebocoran PIN. Perubahan PIN ATM dapat dilakukan langsung di mesin ATM atau datang langsung ke bank.

5. Melapor ke call center bank bersangkutan atau uker terdekat bila melihat atau mendapati ada kecurigaan pada mesin ATM.

6. Hati-hati saat ada orang yang menawari bantuan pada saat kartu ATM tertelan. Mintalah bantuan pada petugas keamanan bank bersangkutan. Jika merasa perlu, segera urus pemblokiran kartu ATM anda.

Semoga kita semua terhindar dari Skimming kartu ATM. Ayo ingatkan yang lain supaya aman juga.

Demikian 6 Cara Sederhana Menghindari Kejahatan Skimming Kartu ATM. Semoga bermanfaat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Sederhana Menghindari Kejahatan Skimming Kartu ATM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel