Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Metode Penyamaran (Incognito) Saat Menjelajah Internet

Apakah kamu punya beberapa akun Gmail?. Apakah kamu pernah browsing internet di pc atau hp orang tanpa ijin?. Nah, sekarang sudah ada solusi bagi kamu yang mempunyai kondisi-kondisi seperti di atas. Kamu membutuhkan aplikasi google Chrome untuk browsing internet.

Selain jendela penelusuran standar (umum), ternyata google chrome menyiapkan fitur jendela penyamaran. Tampilan jendela penyamaran Google Chrome ini dirancang berbeda yakni dengan warna latar gelap (hitam). Sedangkan pada jendela penelusuran standar berwarna putih.

Nah, dengan menggunakan fitur jendela penyamaran ini kamu bisa membuka lebih dari 1 akun gmail sekaligus. Kamu juga bisa login atau sign ini di beberapa situs sekaligus. Selain itu, kamu bisa browsing internet di pc atau hp orang tanpa ketahuan (rahasia).


Cara Menggunakan Metode Penyamaran (Incognito) Saat browsing internet

A. Cara Menggunakan Metode Penyamaran (Incognito) di Laptop


cara browsing rahasia di google

1. Buka browser internet pakai Google Chrome.
2. Klik menu di pojok kanan chrome () , klik jendela penyamaran baru. Cara lain dapat menggunakan tombol keyboard dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+Shift+N.

Image : www.supervba.com


Kamu akan melihat halaman Chrome berubah menjadi warna gelap/hitam. Inilah jendela penyamaran chrome. kamu akan melihat informasi berikut.

Anda masuk mode penyamaran. Anda kini dapat mengakses secara rahasia, dan orang lain yang menggunakan perangkat ini tidak akan melihat aktivitas Anda. Namun, hasil download dan bookmark akan disimpan.
Selamat kamu sudah berada di jendela penyamaran. Kamu bisa melakukan browsing internet seperti biasanya.


B. Cara Menggunakan Metode Penyamaran (Incognito) di hp android

Caranya hampir sama dengan cara browsing di laptop.

1. Buka browser internet pakai Google Chrome.
2. Di sebelah kanan kolom pengisian URL, klik menu () kemudian klik Tab penyamaran baru.

Selamat kamu sudah berada di jendela penyamaran android. Kamu bisa lanjut melakukan browsing internet seperti biasanya.

Untuk berpindah dari jendela penyamaran google chrome ke jendela browsing standar sangat mudah. Ini karena saat membuka jendela penyamaran maka jendela chrome standar tidak akan tertutup secara otomatis. Melainkan terbuka pada tab/jendela baru.

Untuk menutup (close) jendela penyamaran chrome ini dengan cara seperti biasa. Klik saja ikon close (x) pada semua tab yang terbuka untuk membersihkan/menghilangkan jejak penelusuran.

Apa kelebihan jendela penyamaran google chrome?

Seperti disebutkan di atas bahwa jendela penyamaran chrome ini dapat menyimpan rahasia penelusuran. Saat chrome di buka/aktifkan ulang, maka semua data penelusuran kamu tidak akan tersimpan. Data yang tersimpan hanya file hasil download. Nah, jadi jendela penyamaran chrome hanya menyimpan informasi-informasi berikut.

  • Histori penjelajahan Anda
  • Cookie dan data situs
  • Informasi yang dimasukkan dalam formulir

Namun aktivitas kamu mungkin tetap dapat dilihat oleh:
  • Situs yang dibuka
  • Pihak sekolah atau atasan
  • Internet Service Provider/operator jaringan data

Saya pernah login atau sign in di suatu situs, apakah alamat email dan pasword saya tersimpan?

Ini juga kelebihan dari jendela penyamaran chrome. Setelah kamu tutup jendela penyamaran chrome kemudian membukanya kembali maka alamat email dan password kamu tidak akan tersimpan. Resikonya, kamu harus memasukkan kembali alamat email dan password untuk bisa login atau sign ini di situs tersebut.

Dengan jendela penyamaran chrome ini, kamu tidak perlu repot membersihkan recent history (riwayat penelusuran) yang biasanya kamu lakukan buat menghilangkan jejak di internet. Jadi, jendela penyamaran chrome ini sangat praktis bagi kamu yang ingin melakukan browsing internet rahasia. 

Selamat mencoba.
Share :

Belum ada komentar untuk "Cara Menggunakan Metode Penyamaran (Incognito) Saat Menjelajah Internet"