Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Terbaru Cara Atasi Artikel Di Internet Tidak Dapat Disalin atau Copy Paste

Internet merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan pada saat sekarang ini. Jelas ini didukung dengan kemajuan teknologi handphone. Sebagian besar pengguna hp sudah menggunakan smartphone.


Hanya dengan smartphone, siapapun bisa mengakses internet. Ya tentu asal ada kuota internetnya. Namun tidak dapat dibantahkan bahwa kemajuan smartphone telah merubah kebiasaan hidup kita. Bangun tidur bukanya facebook, whatsapp, bahkan google chrome.

Hal ini membuat kita tergantung terhadap apa yang terdapat di internet. Jika dapat dipermudah kenapa harus dipersulit. Semua konten hampir semua dapat ditemukan di internet termasuk berita, video, gambar, dan sebagainya.

Namun terkadang internet dalam hal ini peramban pencarian artikel itu menjengkelkan. Contohnya saat kita menemukan sebuah artikel/berita di internet tetapi tidak dapat disalin (copy paste). Kebetulan artikel tersebut cocok dengan kebutuhan kita. Apakah ada cara mengatasi artikel di internet tidak dapat di copy paste?

Atasi Artikel Di Internet Tidak Dapat Di Salin atau Copy Paste

Beberapa artikel sengaja dilindungi oleh pemiliknya. Salah satu tujuannya adalah mencegah pencurian artikel oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk melakukan hal tersebut, pemilik akan memasang kode/script/plugin pada situsnya. Contoh perlindungan yang ditanam oleh pemilik situs seperti:
  • Artikel tidak dapat dipilih/di-blok
  • Fungsi klik kanan tidak berfungsi
  • Fungsi copy paste dengan shortcut key tidak berfungsi
Nah kali ini admin akan membagikan sebuah cara untuk mengatasi hal di atas.

1. Ubah halaman internet menjadi PDF
Ada banyak layanan online yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencarinya dengan kata kunci "Mengubah HTML ke PDF".Admin biasanya menggunakan layanan dari pdfcrowd.com. Dengan menggunakan layanan ini kamu juga dapat mengubah dokumen menjadi file gambar. Format yang didukung adalah JPG, GIFF, TIFF, PNG, dan WEBP.

Langkah-langkahnya seperti berikut.


  1. Salin alamat/URL artikel (biasanya berekstensi .html) ke layanan pdfcrowd.com
  2. Pada bagian To pilih PDF
  3. Klik tombol Convert untuk memulai konversi
  4. Klik menu Download untuk mengambil dokumen
2. Buka dokumen PDF tersebut lalu copy paste bagian yang ingin diambil.

Anda juga dapat mengefektifkan waktu dalam mengeditnya dengan mengubahnya menjadi bentuk dokumen lain seperti dokumen microsoft Word (.docx).

Sangat mudah bukan! Setelah dokumen diubah menjadi PDF secara online maka dokumen sudah dapat disalin. Selamat mencoba.
Share :

Belum ada komentar untuk "Terbaru Cara Atasi Artikel Di Internet Tidak Dapat Disalin atau Copy Paste"