Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kelebihan Membuat Formulir dan Kuis Online Menggunakan Microsoft Form

Share :
Hai glozovers, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat. Dalam masa pandemi virus corona ini selalu ingat untuk pakai masker dan jaga jarak saat keluar rumah ya.

Keadaan pandemi virus corona ini memaksa kita  menjalani perubahan kehidupan yang sangat besar. Namun kondisi ini mengharuskan kita untuk memaksimalkan teknologi dalam berkomunikasi dan bekerja. Sebagian besar urusan pekerjaan mesti dikerjakan secara online atau daring (dalam jaringan).

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang saat pandemi ini adalah membuat formulir online. Begitupun formulir untuk ujian online. Selama ini banyak yang menggunakan Google Form untuk membuat formulir atau soal ujian online. Apakah kamu tahu layanan lain untuk membuat formulir online?

Layanan pembuatan formulir online tersebut adalah Microsoft Form. Microsoft form merupakan salah satu aplikasi dari microsoft 365. Untuk menggunakan layananan ini, kamu mesti punya akun microsoft dulu untuk dapat menggunakannya. Setelah mendaftar akun microsoft, kamu bisa mulai bekerja dengan microsoft form. Kamu bisa mengaksesnya di sini.

Setelah membuka halaman microsoft form kamu bisa melihat jenis akun microsoft kamu apakah versi gratis atau premium. Jika kamu menggunakan versi gratis, maka kamu akan melihat link 'Go premium' di pojok kanan atas dashboard untuk mengupgrade akun ke versi premium.

Apa sih kelebihan microsoft form dibandingkan google form? Admin akan menjelaskan beberapa kelebihan microsoft form yang dapat dipertimbangkan untuk memilih apakah akan menggunakan microsoft form atau google form.

Kelebihan Membuat Formulir dan Kuis Online Menggunakan Microsoft Form

Selain kelebihan, kamu dapat membaca tentang kekurangan microsoft form setelah bagian ini.

Apakah responden yang menjawab form lewat microsoft form harus mempunyai email? Mungkin ada sebagian kamu yang bertanya demikian. Jawabnya, 'tidak'. Fungsi ini tidak berbeda dengan google form. Jika kamu meminta responden untuk mengirim/mengupload file termasuk foto, form tentu akan meminta alamat emailnya. Begitupun berlaku di google form. 

1. Template yang Beragam
Microsoft form menyediakan beberapa template siap pakai, diantaranya:
  • Customer feedback survey
  • Course evaluation survey
  • Event feedback survey
  • Employee satisfaction survey
  • Event registration
Untuk melihat semua template, klik link 'More templates'. Selengkapnya perhatikan gambar ini.

Kelebihan Membuat Formulir dan Kuis Online Menggunakan Microsoft Form
Galeri Template Microsoft Form/Image:Glozaria

2. Fitur Shuffle Options dan Shuffle Questions
Formulir dapat diacak baik opsi (pilihan) maupun pertanyaannya. Fitur ini sangat bermanfaat untuk formulir yang berupa kuis atau soal ujian online.

3. Fitur Subtitle
Fitur ini tidak terdapat di google form. Fungsi Subtitle hanya dapat diisi dengan 'teks' atau 'equation (math)'. Lebih dalam, microsoft form mendeklarasikan fungsi subtitle sebagai teks.

4. Fitur Math
Fitur inilah yang membuat microsoft form patut dipertimbangkan untuk digunakan. Kamu tidak perlu menambahkan addon atau ekstensi peramban untuk menambahkan lambang-lambang matematika ke dalam form. Kamu hanya perlu mencentang fitur Math untuk mengaktifkannya.

Fitur Math bekerja dalam fitur Subtitle yang otomatis mengaktifkan fitur ini. Namun kamu tetap bisa beralih ke fitur subtitle berupa teks.


5. Fitur Timer
Microsoft form sudah menyediakan fungsi timer yang berupa tanggal dan pukul mulai (start date) serta tanggal dan pukul selesai (end date).

6. Fitur Notifikasi Lewat Email
Untuk menerima tanggapan pastikan kita mencentang 'Accept responses'. Kalau kita ingin menerima pemberitahuan untuk tiap respon yang masuk maka kita juga wajib mencentang 'Email notification of each response'. Notifikasi akan masuk lewat email setiap kali ada respon baru. Sedangkan di google form kita harus menginstall aplikasi FormsApp untuk mendapatkannya.

7. Fitur Saran Jawaban
Microsoft form juga menyediakan fitur saran jawaban (suggested results) saat kamu membuat soal matematika. Kamu dapat memilih untuk menggunakannya atau mengabaikannya.

8. Fungsi Menambahkan Baris Pada Pertanyaan
Pertanyaan atau soal biasanya gak cuma sebaris kalimat saja tapi juga ada yang berbaris-baris. Di microsoft form kita dapat melakukannya dengan menekan tombol ENTER di keyboard. Sedangkan di google form, pertanyaan atau soal itu akan diterjemakan menjadi 1 (satu) baris kalimat. Iyakah? silahkan dicoba.

6. Tampilan yang Rapi
Selain fitur-fitur, microsoft form juga unggul dalam tampilan. Tampilan form dari microsoft form terbilang sangat rapi. Ini sangat terasa jika form berisi objek-objek selain teks seperti gambar dan equation. 

Untuk menambah tampilan yang menarik dapat dilakukan dengan memilih tema yang sesuai untuk form kamu. Klik theme dan klik pilihan tema yang kamu butuhkan.

7. Rangkuman Respon Dapat Diunduh
Tanpa informasi tentang hasil jawaban responden (responses) maka form yang kita buat gak akan berarti. Serupa dengan fitur di google form, respon di microsoft form juga dapat diunduh sebagai file microsoft excel. Terlebih lagi file microsoft excel ini sudah dilengkapi dengan fitur Sort & Filter. Jadi file responnya sudah sangat fungsional untuk kebutuhan informasi kita.



Kekurangan Membuat Formulir dan Kuis Online Menggunakan Microsoft Form

Sesuai judul artikel ini maka untuk sesi ini admin tidak akan menjelaskan terlalu panjang. Perlu admin sampaikan kembali bahwa kekurangan form di microsoft form ini dibandingkan dengan google form.

1. Tidak didukung dengan Add-on

2. Fitur Math Terbatas

3. Tidak dapat upload file berupa word dan file office lainnya

4. Fitur Kolaborasi Berlaku Terbatas
Fitur ini hanya ada pada versi premium. Hanya bisa dibagikan kepada rekan satu grup dalam aplikasi Teams atau orang yang memiliki akun office 365. Pada google form, sangat mudah menambahkan orang  lain sebagai kolaborator untuk mengedit form dan mengecek respon.

5. Fitur Shuffle Quetions (Acak Pertanyaan) hanya bisa berjalan jika form berupa 1 halaman saja (tanpa section).

Demikian Informasi mengenai Kelebihan Membuat Formulir dan Kuis Online Menggunakan Microsoft Form. Semoga bermanfaat. Share artikel ini untuk berbagi info dengan yang lain.

Belum ada komentar untuk "Kelebihan Membuat Formulir dan Kuis Online Menggunakan Microsoft Form"