Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Masuk Bios UEFI Pada Lenovo Windows 10 Untuk Mengaktifkan VTx

Cara Masuk Bios UEFI Pada Lenovo Windows 10 Untuk Mengaktifkan VTx


Mengenal Bios UEFI

Apakah kamu gagal masuk Bios? Permasalahan ini mungkin akan jelas setelah memahami uraian penjelasan ini. Saat ini perangkat laptop telah menggunakan 2 (dua) jenis bios yaitu (1) bios ; dan (2) UEFI. Jika kamu menggunakan perangkat komputer atau laptop generasi terbaru maka bios kamu sudah menggunakan UEFI.

Apakah laptop saya menggunakan Bios UEFI? Kamu dapat mencoba mengeceknya dengan mudah tanpa harus masuk langsung ke bios. Nyalakan laptop, saat laptop sedang booting logo tekan tombol F1/F2 atau kombinasi tombol fn + F1 atau fn + F2 sesuai versi lenovo kamu. Jika Bios tidak muncul maka dapat dipastikan kamu menggunakan laptop lenovo dengan Bios UEFI.

Lalu apa itu UEFI? Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah standar baru firmware interface untuk PC yang didesain untuk menggantikan BIOS (Basic Input/Output System). Ya, UEFI adalah pembaruan dari BIOS yang berfungsi mengupdate fungsi BIOS yang sudah tidak sesuai zaman.

UEFI awalnya dikembangkan oleh Intel dan diberi nama EFI. Saat itu yang sudah menggunakan firmware EFI adalah perusahaan Intel dan HP. Seiring waktu, sistem EFI mengalami perkembangan agar bisa digunakan pada semua komputer, tidak terbatas pada komputer server saja. Lahirlah sistem baru UEFI atau EFI V2.X. Namun lebih umum disebut dengan UEFI.

Seperti halnya BIOS, UEFI menghubungkan antara hardware, firmware, dan OS dalam sebuah komputer. UEFI menjadi program yang pertama kali berjalan saat komputer dinyalakan. UEFI akan mengecek setiap komponen hardware yang terpasang di komputer, menyalakannya, mengaturnya, dan menyerahkannya ke sistem operasi melalui proses booting.

Saat ini UEFI sudah mulai banyak digunakan pada komputer dan laptop generasi terbaru. Ini karena saat ini hardware komputer sudah canggih dan BIOS sudah tidak bisa mendukung lagi. Terutama pada penggunaan hardisk yang lebih besar dari 2 Terabyte.

Kelebihan UEFI

Kelebihan UEFI dibandingkan BIOS sebagai berikut.
  • UEFI memiliki komunikasi yang lebih baik dengan hardware dan firmware. Misalnya saja dia tidak memerlukan boot sector di hardisk dan bisa menggunakan mouse + keyboard di interfacenya.
  • UEFI juga mampu diprogram sehingga manufaktur bisa menambahkan aplikasi dan driver di dalamnya, membuat sistem dan fitur UEFI bisa lebih lengkap daripada BIOS.
  • Secara visual UEFI memiliki tampilan yang lebih cantik dan atraktif. Terlebih mouse dan keyboard bisa digunakan di UEFI sehingga semakin memudahkan proses konfigurasi dan overclocking.
  • UEFI memiliki security yang lebih kuat dibandingkan BIOS. Dia mampu melindungi pre-startup, pre-boot, dan process lainnya dari serangan bootkit.
  • UEFI mendukung hardisk dengan kapasitas lebih dari 2.2 TB
  • UEFI mempercepat waktu startup dan resume saat komputer di hibernate.
  • UEFI mendukung driver perangkat 64-bit sehingga bisa mengalokasikan hingga 17.2 Milyar GB memory saat startup!
  • Selama masa transisi dari BIOS ke UEFI, sebagian besar platform bakal support BIOS meskipun mereka menggunakan UEFI. BIOS bisa berjalan di UEFI.
Nah lanjut ke menu utama kita ya!

Cara Masuk Bios UEFI Pada Lenovo Windows 10

Sebelum itu perlu admin informasikan bahwa admin menggunakan lenovo ideapad 130-151KB.
1. Tekan dan tahan tombol Shift.
2. Klik Menu restart sambil tetap menahan tombol Shift.
3. Setelah muncul layar biru dengan opsi-opsinya, pilih Opsi Troubleshoot dengan menekan tombol Enter.

Cara Masuk Bios UEFI Pada Lenovo Windows 10 Untuk Mengaktifkan VTx

Gunakan tombol Enter untuk memilih opsi. Kemudian gunakan tombol panah PgUp dan PgDown untuk berpindah opsi. Kamu juga dapat menggunakan tombol Tab untuk berpindah dari satu opsi ke opsi lainnya.
4. Pada Menu Troubleshoot, pilih opsi Andvanced Options.


5. Pada Menu Andvanced Options, pilih opsi UEFI Firmware Settings.


6. Pada layar UEFI Firmware Settings, pilih Restart.

Cara Masuk Bios UEFI Pada Lenovo Windows 10 Untuk Mengaktifkan VTx

Seketika layar akan berubah menjadi hitam untuk masuk ke Bios UEFI. Pada Bios UEFI terdapat 5 (lima) menu utama yaitu information, configuration, security, boot dan exit.

Mengaktifkan VT-x Pada Bios UEFI Lenovo Windows 10

1. Dalam kondisi Bios UEFI terbuka, klik menu Configuration. Kita dapat melihat bahwa Intel Virtual Technology dalam kondisi Disabled.
2. Dengan menggunakan tombol panah bawah, geser pilihan ke Intel Virtual Technology.
3. Tekan tombol F5 atau F6 untuk mengubah status menjadi Enabled.


4. Tekan F10 untuk menyimpan pengaturan UEFI.


5. Terakhir, konfirmasi dengan menekan pilihan Yes.

Laptop akan melakukan restart dan kembali ke layar desktop utama. Nah akhirnya VT-x berhasil diaktifkan.

Demikian Cara Masuk Bios UEFI Pada Lenovo Windows 10 Untuk Mengaktifkan VTx.
Share :

Belum ada komentar untuk "Cara Masuk Bios UEFI Pada Lenovo Windows 10 Untuk Mengaktifkan VTx"