Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Contoh Macam-Macam Nama Domain Yang Populer Di Indonesia

10 Contoh Macam-Macam Nama Domain Yang Populer Di Indonesia


Halo!! Apa kabar? Semoga semua dalam keadaan baik-baik saja. Baiklah sebelumnya kalian udah pada tau belum apa sih domain? Domain merupakan sebuah kemudahan yang berikan untuk pengguna dalam mengakses sebuah website. Dengan adanya domain membuat kita mengingat nama situs web tanpa perlu memasukkan ip address dari website tersebut. Contohnya sekarang kita tidak perlu lagi menghafalkan panjang-panjang alamat ip, namun kita hanya perlu mengetikkan facebook.com, glozaria.com, dan sebagainya.

Btw kalian udah tau belum apa sih .com, .edu.id, .gov.id, .ac.id?? Nah diantara jenis ekstensi terdapat ekstensi berjeniskan ccTLD atau Country Code Top Level Domain yang digerakkan oleh Negara tertentu contohnya id (Indonesia), us (amerika) . Untuk melihat ekstensi ini pergilah ke kolom URL (alamat situs). Kali ini mimin akan menjelaskan mengenai contoh ekstensi domain yang populer di indonesia serta contoh penggunaannya.

.com 

.COM (dibaca dot com) biasa dikaitkan dengan ekstensi bisnis karena merupakan singkatan dari Commersial. Meskipun awalnya dikhususkan untuk website komersial, namun ekstensi ini sudah menjadi ekstensi umum yang  dapat digunakan untuk jenis website. Contoh penggunaannya adalah glozaria.com.

Jika kamu mencari salah satu domain berjenis TLD (Top Level Domain) maka .com merupakan pilihan yang benar. Bersama-sama dengan ini, jenis domain TLD lainnya seperti .net, .org, .edu, dan. .id.

.org

ORG merupakan singkatan dari organization yang diperuntukan bagi website yang diakomodir/bergerak pada organisasi atau lembaga tertentu. Contohnya wikipedia.org. 

.ac.id 

Domain dengan ekstensi ini digunakan untuk beberapa universitas atau perguruan tinggi. Nah ac.id sendiri merupakan kepanjangan dari academy indonesia . Adapun contoh dari ekstensi ini untad.ac.id, ui.ac.id. Untuk website yang memiliki ekstensi seperti ini merupakan website resmi yang berada dalam naungan universitas atau perguruan tinggi.

.go.id

Kepanjangan dari goverment atau pemerintahan. Ekstensi yang digunakan untuk website resmi yang dibawahi oleh divisi pemerintahan tertentu. Contohnya indonesia.go.id, kemendikbud.go.id dan sebagainya.

.co.id

Singkatan dari company. Ekstensi ini biasanya digunakan untuk perusahaan atau kepentingan organisasi tertentu. Kebanyakan pemakai ekstensi ini memiliki perusahaan yang telah diakui contohnya adalah pln.co.id, shopee.co.id. Sehingga untuk website yang memiliki ekstensi seperti ini sudah dijamin keresmiannya. Kalian nggak perlu khawatir jika suatu saat ada pihak yang mengatasnamakan website ini. Kalian haruslah memperhatikan ekstensi dari nama perusahan yang mengatasnamakan pihak tersebut jika perusahaannya memiliki ekstensi yang dapat dijamin keresmiannya maka anda bisa mempercayainya.

.net.id

Ekstensi ini kepanjangan dari network yang sering di gunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang jaringan dan telekomunikasi. Contoh dari penggunaan eksensi ini cni.net.id yang bergerak dalam bidang cyber dan sebagainya.

.edu 

Ekstensi ini sering terdengar di telinga pelajar karena memiliki singkatan yakni education. Ekstensi ini biasanya dimiliki oleh website yang berisi ilmu pengetahuan dan pembelajaran seperti academia.edu. Namun tidak semua website yang berisi ilmu pengetahuan dan pembelajaran memiliki ekstensi ini, hanya sebagian saja. Domain .edu merupakan salah domain TLD yang dapat digunakan untuk situs dengan jenis konten pendidikan.

.ponpes.id 

Setiap pondok pesantren memiliki ekstensi ponpes.id yang digunakan oleh website resmi pondok untuk menampilkan kegiatan, pembelajaran, visi misi pondok, dan sebagainya. Adapun contoh dari penggunaan ekstensi ini  almanar.ponpes.id, patwa.ponpes.id

.sch.id

Ekstensi sch.id merupakan ekstensi yang dimiliki oleh web resmi dari sebuah sekolah. Ekstensi ini merupakan kepanjangan dari school Indonesia. Domain ini dikhususkan untuk sekolah SD, SMP, SMA/SLTA yang ada di seluruh Indonesia. Hamper seluruh sekolah di Indonesia memakai ekstensi ini dalam website sekolah. Contoh penggunaan ekstensi ini smansacirebon.sch.id.

Tertarik memiliki domain .sch.id untuk instansi sekolahmu? Kamu juga bisa memilikinya dengan mudah. Namun tak semudah memiliki domain lainnya karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun persayaratan mendaftar domain sekolah .sch.id adalah:
  1. KTP (KTP Pimpinan/Kepala Sekolah)
  2. Surat Permohonan Pendaftaran Domain Dari Kepala Sekolah
  3. SK Penyelenggara Pendidikan Dasar Dan Menengah
  4. Surat Kuasa Dari Pimpinan (Jika KTP Bukan KTP Milik Pimpinan)

.web.id

Ekstensi yang dikhususkan untuk para pembuat blog dan web kepentingan organisasi maupun pribadi. Ekstensi ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan umum seperti penjualan. Adapun contoh dari penggunaan ekstensi ini boc.web.id. 

Nah sekian untuk sesi macam-macam ekstensi domain popular di indonesia kali ini, semoga apa yang telah kami tulis bermanfaat. Segala kekhilafan mohon dimaafkan, jangan lupa share jika artikel kami bermanfaat. Okey sampai jumpa di next article byee.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "10 Contoh Macam-Macam Nama Domain Yang Populer Di Indonesia"