Mengenal Aplikasi PTT Modern, Zello Walkie Talkie

Mengenal Aplikasi PTT Modern, Zello Walkie Talkie

Apa kabar semua? Semoga dalam keadaan sehat dan tetap di rumah aja yah. Kali ini mimin akan membahas tentang aplikasi Zello atau dikenal walkie talkie modern.


Pendahuluan

Apa sih Zello itu? Zello merupakan start up yang meniru walkie talkie melalui jaringan ponsel. Aplikasi ini tersedia untuk androis, ios, pc, blackberry. Aplikasi ini juga dapat mendukung proses belajar mengajar loh. Misalnya saja jika kalian ingin melakukan sesi diskusi atau tanya jawab melalui pesan teks atau suara, mimin rekomedasiin aplikasi satu ini. Pada zello ini kalian bisa membuat grub belajar atau perorangan.

Selain itu, pesan suara pada Zello tidak perlu diunduh lagi. Pada saat kita menekan tombol microphonenya maka otomatis lawan bicara kita akan mendengar suara kita. Berbeda dengan Whatsapp yang mengharuskan kita untuk memutar rekam suara.

Grup yang dibuat pada Zello akan masuk pada menu Channels. Selain itu, saat anda sedang mematikan HP, suara yang direkam oleh lawan bicara anda terputar otomatis selama status kita masih available. Sekarang, yuk mari kenali lebih dekat aplikasi walkie talkie modern ini.

Pengenalan Tools Aplikasi Zello

Yuk sekarang perhatikan gambar Beranda Aplikasi Zello berikut.


1. Nama yang tertera pada nomor 1 ini merupakan ID pada aplikasi Zello anda.

2. Menu Terbaru merupakan tempat diaman pesan akan disimpan. Setiap orang yang mengirimkan anda pesan akan muncul pada menu ini.

3. Menu Kontak adalah tempat penyimpanan kontak zello. Ini bukan nomor telepon tetapi sesama pengguna zello,  kalian dapat memilih siapa saja yang ingin anda masukkan kedalam kontak anda.

4. Menu Saluran atau Channel. Seluruh grub anda akan terdaftar pada menu ini.

5. Menu opsi tambahan adalah menu yang memuat beberapa pengaturan lainnya pada zello. Contohnya Status, Pengaturan, Keluar.

Pada opsi status anda dapat memilih 4 jenis status:
  • Ada/available :  anda sedang online dan sedang berkomunikasi dengan semua orang. Apabila ada pesan suara masuk maka dengan opsi ini suara akan otomatis terputar.
  • Solo : saat anda sedang  berkomunikasi dengan 1 orang dan anda tidak ingin terganggu dengan aktivitas channel lainnya.
  • Sibuk : zello akan menyimpan pesan suara untuk nanti anda ingin mendengarkannya.
  • Luring/offline : dapat digunakan saat anda tidak ingin menerima pesan. Pada mode ini percakapan pada grub tidak akan masuk di HP anda.
Sedangkan pada opsi Pengaturan anda dapat mengatur beberapa hal seperti:
  • Account : menu ini mengenai pengaturan akun zello. Anda juga dapat menambahkan akun baru.
  • Penampilan : meliputi bahasa, tema, font size, kecenderungan penguncian layar.
  • Suara : anda dapar mengatur untuk pengeras suara saat pemutaran suara ulang, pengeras rekaman, penekanan kebisingan, mode bluetooth legasi. 
  • Tombol tekan untuk bicara : mengatur Ikon tombol tekan.
  • Tingkah laku : meliputi pengaturan mulai zello, notif pesan masuk, status zello, penyimpanan foto yang diambil di galeri, dan sebagainya.
  • Notifikasi : meliputi pesan masuk, akhir pesan masuk dan sebagainya.
  • Riwayat : tentang pengaturan penghapusan pesan secara otomatis.
  • What is zellowork : mengenai pengenalan zello.
  • Dukungan : dapat melihat versi dan legalitas.
Selanjutnya berikut ini tools aplikasi Zello untuk memulai percakapan.

 
1. Menu yang menentukan berapa orang yang ada pada channel anda

2. Menu Microphone untuk berbicara dengan cara menekan selama anda berbicara den melepaskan ketika anda selesai. Tombol tersebut akan berubah warna saat anda menekannya dan timer akan berjalan sesuai dengan lama anda menekan tombol tersebut. Saat lawan bicara kita menekan tombol tersebut, anda otomatis tidak bisa menekan tombol ini hingga lawan bicara selesai dengan ucapannya.

3. Menu ini merupakan menu bagian untuk merekam ucapan, adapun menu-menunya seperti pada gambar di atas.

4. Menu Keanggotaan berfungsi untuk melihat siapa saja yang masuk di grub dan yang aktif.

5. Menu Pesan berfungsi untuk memantau pesan-pesan yang  masuk pada zello.

6. Opsi lanjutan, menu nya seperti yang telah mimin jelaskan sebelumnya, meliputi Status, Pengaturan, dan Keluar.

7. Menu ini berfungsi untuk menampilkan beberapa pengaturan seperti mengirim peringatan, kirim lokasi, ubah percakapan, tambah peserta, bisukan percakapan, dan atur baku.

8. Tombol Off berfungsi untuk menonaktifkan status. Jadi jika kalian menekan tombol ini, kalian otomatis terputus dari percakapan channel kalian

9. Menu Sinyal berfungsi untuk mengetahui berapa kuat sinyal kalian.

10. Menu Suara berfungsi untuk memilih jenis keluaran suara. Jika kalian memakai earphone kalian dapat memilih jenis suaranya untuk earphone.

11. Menu Display berguna untuk menampilkan notifikasi pada zello.

Download Aplikasi Zello

Aplikasi Zello dapat diunduh melalui Google Playstore. Unduh sekarang.

Demikian Pengenalan Aplikasi Zello Walki Talkie Modern. Semoga bermanfaat.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

1 Komentar

  1. Bagaimana setting agar zello tetap pada kondisi online atau bs muncul suara walaupun hp pada kondisi layar mati? Sy ada 2 hp yg bs tetap online, tp di hp sy yg satu lg dan beberapa pny teman sy tidak bs tetap online, padahal sdh sy coba otak atik di pengaturan

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama