Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tutorial Cara Mengontrol Aktivitas Tontonan dan Penelusuran Anak di Youtube Buat Guru dan Orang Tua

Share :
Tutorial Cara Mengontrol Aktivitas Tontonan dan Penelusuran Anak di Youtube Buat Guru dan Orang Tua


Pada artikel sebelumnya, saya mengajak kita semua terutama para guru dan orang tua untuk lebih mengawasi aktivitas anak dengan hp mereka untuk mencegah dampak negatif yang tidak diinginkan. Salah satunya dengan mengecek aktivitas tontonan mereka di aplikasi youtube. Belum baca? baca di tautan ini.

Tidak ada salahnya untuk sesekali melihat apa saja sih yang mereka tonton di youtube. Tentu kita sama-sama mengharapkan kuota data internet kemendikbud yang didapat digunakan untuk mencari video-video pembelajaran yang bisa menunjang penyelesaian tugas-tugas belajarnya.

Namun gak semua berjalan sesuai keinginan kita bahkan di luar ekspektasi kita. Untuk itu kita perlu mengontrol aktivitas tontonan mereka setelah menggunakan aplikasi youtube. Gimana cara mengontrol aktivitas anak terhadap tontonan mereka di youtube? Simak terus artikel ini hingga akhir.


Kalau kebetulan anda menemukan hal-hal yang kurang baik dari riwayat tontonan anak/siswa anda maka kontrol yang bisa anda lakukan adalah menghapus riwayat/histori tersebut. Aplikasi youtube berusaha menampilkan saran video-video pada beranda youtube berdasarkan minat. Minat tersebut terlihat dari apa yang pernah dicari/ditonton. Ini adalah cara terbaik youtube memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan aplikasinya.

Selain menghapus histori, kontrol lainnya adalah anda dapat menonaktifkan histori. Dengan demikian, youtube hanya akan menampilkan saran video-video yang lagi trending/populer/terbaru saja di beranda aplikasi. Kontrol ini berguna supaya anak yang pernah menonton video yang tidak pantas tidak mengulangi lagi perbuatannya. Ini karena anak tersebut sudah tidak melihat lagi saran video sejenis seperti itu. Lalu jenis kontrol manakah yang tepat yang perlu saya lakukan? anda dapat memilih salah satu ataupun menerapkan keduanya pun gak masalah. Anda dapat mengubah setelan ini kapan saja untuk kembali ke pengaturan awal.

Cara Menonaktifkan Histori Tontonan Dan Penelusuran Anak Di Youtube

Berikut adalah cara menonaktifkan histori.
1. Buka aplikasi Youtube di hp anak/siswa anda.
2. Klik gambar profil di sudut kanan pojok atas untuk membuka menu Akun.
3. Klik menu "Data Anda di Youtube".


4. Gulir halaman ke bawah, Cari bagian Histori Tontonan Youtube. Anda akan melihat status histori tontonan youtube "Aktif".


5. Klik "Aktif" atau "Gambar tanda panah ke kanan".
6. Pada halaman kontrol aktivitas, anda akan melihat toggle button histori youtube berwarna biru yang menandai status aktif. Klik toggle button ini untuk menonaktifkan.


7. Begitu toggle button di-klik akan muncul jendela "Jeda Histori Youtube". Pada jendela konfirmasi "Jeda Histori Youtube", klik Jeda. Tombol Jeda tidak aktif? Gulir dulu jendela konfirmasi tersebut hingga akhir maka tombol Jeda akan aktif.


Dengan demikian histori tontonan dan penelusuran menjadi tidak aktif. Untuk melihat perubahan silahkan kembali ke halaman "Data Anda di Youtube". Ini perlu karena mungkin saja pada halaman Kontrol Aktivitas perubahan ini belum terlihat. Anda sudah berhasil menonaktifkan history tontonan dan penelusuran di youtube.

Setelah menonaktifkan histori tontonan dan penelusuran, kontrol berikutnya adalah menghapus histori tontonan dan penelusuran sebelumnya. Tindakan ini perlu dilakukan bersamaan supaya kontrol anda menjadi lebih baik.

Baca Juga :

Cara Menghapus Histori Tontonan Dan Penelusuran Sebelumnya Di Youtube

1. Buka aplikasi Youtube. Anda juga dapat buka menggunakan pc/laptop.
2. Klik gambar profil di sudut kanan pojok atas untuk membuka menu Akun.
3. Klik menu "Data Anda di Youtube".
4. Gulir halaman ke bawah, Cari bagian Histori Tontonan Youtube.
5. Klik "Kelola Histori Tontonan Youtube Anda" atau "Kelola History Penelusuran Youtube Anda".
6. Gulir halaman ke bawah hingga menemukan daftar video-video yang sudah ditonton "sepanjang waktu". Di bagian ini juga ada menu "Filter menurut tanggal" dan menu "Hapus".

Untuk menghapus data histori, ada beberapa cara. Saya merangkumnya menjadi 3 (tiga) cara, anda dapat memilih salah satu cara yang efektif menurut anda. Saya menyarankan menggunakan metode Filter supaya lebih cepat dan mudah.

a. Menghapus Data Histori Tontonan dan Penelusuran Menggunakan Filter

Cara Pertama
1. Pada samping kanan menu Filter menurut tanggal, klik menu Hapus.


2. Pilih opsi periode waktu, anda bisa memilih periode Sepanjang waktu atau Rentang waktu. Pada opsi Hapus ini ada beberapa periode waktu penghapusan tersedia, yaitu:
  • Sejam terakhir
  • Sehari terakhir
  • Sepanjang waktu
  • Rentang tertentu
3. Setelah memilih periode waktu, tunggu proses menghapus item selesai. Anda akan mendapat notifikasi bahwa item selesai dihapus.


Cara Kedua
1. Opsi lain adalah dengan memfilter data menurut periode tertentu. Klik pada "Filter menurut tanggal".


2. Pilih periode waktu penghapusan, misalkan 30 hari terakhir. Kemudian klik Terapkan. Ada beberapa periode waktu yang dapat dipilih, yaitu:
  • Hari ini
  • Kemarin
  • 7 hari terakhir
  • 30 hari terakhir
  • Sepanjang Waktu
  • Kustom
3. Setelah memilih periode waktu, klik menu Hapus yang ada di samping kanan.


4. Pada jendela yang muncul, klik Hapus untuk mengkonfirmasi.


b. Menghapus Data History Tontonan dan Penelusuran Menurut Tanggal Tertentu
1. Di Halaman Histori Youtube, cari video menurut tanggal yang akan dihapus. 
2. Klik ikon Hapus.



c. Menghapus Data History Tontonan dan Penelusuran Dengan Menghapus Video Tertentu Saja
1. Di Halaman Histori Youtube, cari video yang akan dihapus. 
2. Klik ikon menu berupa titik tiga.
3. Klik Hapus.


Cara "b" dan "c" di atas hanya sebagai info tambahan saja karena tentu butuh waktu lebih lama jika memilih-milah video ataupun tanggal. Selain itu, tidak semua orang tua paham betul dengan teknologi. Paling mudahnya anda menggunakan cara yang "a" saja.

Demikian informasi Cara Mengontrol Aktivitas Tontonan dan Penelusuran Anak di Youtube Buat Guru dan Orang Tua. Semoga bermanfaat.

Belum ada komentar untuk "Tutorial Cara Mengontrol Aktivitas Tontonan dan Penelusuran Anak di Youtube Buat Guru dan Orang Tua"