Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Warning! Ini Daftar HP yang Tidak Didukung WA Mulai Tahun 2021, iPhone Termasuk

Share :
Warning! Ini Daftar HP yang Tidak Didukung WA Tahun 2021, iPhone Termasuk

Whatsapp merupakan salah satu sosial media yang keberadaannya sudah tidak asing lagi di masyarakat. Kehadirannya membuat keinginan masyarakat untuk menggunakan SMS (Short Message Service) berbasis pulsa menjadi turun. Karena dengan aplikasi ini, anda dapat mengirimkan pesan, melakukan panggilan, video call, mengirim dokumen, gambar, video dan aktivitas lainnya hanya dengan menggunakan internet saja. Tentu itu lebih dari cukup untuk menggantikan peran Short Message Service (SMS) berbasis pulsa.

Baca Juga :

Awal Mula Kemunculan Whatsapp

Whatsapp berdiri pada tanggal 24 Februari 2009. Whatsapp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum (mantan pegawai Yahoo). Mulanya aplikasi WhatsApp belum sempurna dan masih terdapat banyak masalah. Saat dicoba, aplikasi ini juga selalu gagal. Kondisi tersebut membuat Koum ingin menutup perusahaan yang baru dirintisnya dan kembali bekerja.

Namun, Brian Acton muncul menyemangatinya lalu bertahan beberapa bulan lagi. Setelah melewati beberapa fase beta cukup panjang, akhirnya pada bulan November 2009, WhatsApp dapat resmi berkiprah di App Store. Jan Koum sempat membujuk partnernya Brian Acton beserta lima mantan pegawai Yahoo lainnya untuk berinvestasi. Setelah kemunculannya di App Store, pada bulan Januari 2010 WhatsApp dipakai pada BlackBerry Store. Kemudian selanjutnya dipakai Android pada bulan Agustus.

Baca Juga :

WhatsApp masih tetap populer meskipun statusnya waktu itu telah diubah dari gratis ke berbayar. Per Februari 2013 pengguna aktif WhatsApp pun meledak di angka 200 juta. Kemudian penggunanya bertambah dua kali lipat di bulan Desember dan naik lagi menjadi 500 juta di bulan April 2014. Lalu, per September 2015 pengguna aktif WhatsApp tercatat sebanyak 900 juta orang.

Whatsapp Diakuisisi Oleh Facebook

Merasa yakin dengan potensi whatsapp, akhirnya Facebook memutuskan untuk membeli Whatsapp dengan nilai sebesar $19 miliar. Setelah bernaung di bawah Facebook, Whatsapp tetap terjaga kualitasnya serta tetap dapat memberikan kepuasan bagi banyak pengunanya.

Perubahan Sistem Operasi Ponsel yang Didukung Whatsapp

Whatsapp memiliki kebijakan baru yaitu akan menghentikan dukungan layanan di beberapa smartphone Android dan iOS. Ini terungkap dari halaman FAQ whatsapp terkait sistem operasi yang didukung whatsapp. Whatsapp tidak bisa lagi dipakai pada beberapa perangkat baik itu Android maupun iPhone/iOS.

Baca Juga :

Penyebab pemberhentian dukungan Whatsapp pada sejumlah perangkat smartphone Android dan iOS ini, dikarenakan oleh sistem operasi yang dipakai pada perangkat sudah terlalu lama/lawas, dengan kata lain Out Of Date.

HP yang Tidak Didukung Whatsapp di Tahun 2021

Lalu, apa saja HP yang tidak didukung WA Tahun 2021? Lanjut simak ulasan ini.

HP iPhone yang memakai iOS 8 atau di bawahnya
Semua iPhone yang masih menggunakan iOS 8 ke bawah tidak dapat lagi mengakses Whatsapp tahun 2021 mendatang. Dalam hal ini, iPhone 4 serta model sebelumnya tidak dapat lagi memakai layanan WhatsApp. Sedangkan, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S harus melakukan update OS sebelumnya menjadi iOS 9 agar tetap dapat memakai Whatsapp. Lalu, untuk iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE masih mendapatkan dukungan dari iOS 14.

Baca Juga :

HP Android 4.0.3 atau di bawahnya
Selain tidak dapat dipakai di sejumlah HP iphone, WhatsApp juga tidak dapat dipakai pada smartphone dengan sistem operasi Android 4.0.3 ke bawah. Misalnya,
  • HTC Desire
  • Motorola Droid Razr
  • LG Optimus Black
  • Samsung Galaxy S2
Untuk mengetahui HP yang anda miliki termasuk HP yang tidak didukung di tahun 2021 atau tidaknya, coba ikuti beberapa langkah berikut ini!
  1. Anda dapat mengecek terlebih dahulu di menu Setting.
  2. Lalu, pilih opsi About System / About Device.
  3. Kemudian Anda akan dapat menemukan versi OS yang dimiliki oleh smartphone Anda.
Jika perangkat smartphone yang anda miliki menggunakan versi OS lebih baru dari Android 4.0.3 atau iOS 8 ke atas. Itu berarti smartphone yang Anda miliki masih bisa digunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp.

Sementara, jika OS Anda dibawah versi OS Androisd 4.0.3 dan iOS 8 maka smartphone yang Anda miliki tidak lagi mendukung penggunaan dari aplikasi Whatsapp. Anda sebagai pengguna perlu mengupdate OS atau menguprgade perangkat agar dapat tetap memakai layanan WhatsApp.

Demikian artikel mengenai daftar HP yang tidak didukung WA tahun 2021. Semoga bermanfaat dan jangan lupa check smartphone Anda. Jika sudah lawas OS nya jangan lupa untuk di update atau di upgrade smartphone-nya.

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Warning! Ini Daftar HP yang Tidak Didukung WA Mulai Tahun 2021, iPhone Termasuk"