Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fitur - Fitur Whatsapp Terbaru Yang Wajib Diketahui Setelah Pembaruan (Update)

Share :
Fitur - Fitur Whatsapp Terbaru Yang Wajib Diketahui Setelah Pembaruan

Glozaria.com - Whatsapp merupakan salah satu alat komunikasi online yang berbasis layanan pengiriman pesan chat secara instan dan online. Whatsapp juga termasuk aplikasi yang populer dengan 2 (dua) Miliar pengguna. Hal ini membuat penggunanya menemukan fitur-fitur seru yang harus diketahui di whatsapp secara tidak sengaja.

Baca Juga :

Terlebih, whatsapp baru saja melakukan pembaruan (update). Rilis update terakhir yang tercatat di Google Play Store adalah pada 4 Desember 2020. Whatsapp merilis 4 fitur whatsapp terbaru pada Desember 2020 seperti dikutip dari laman google play store, yaitu sebagai berikut.
  • Fitur Pesan Sementara dimana anda dapat menyetel agar pesan yang dikirim di chat akan hilang setelah 7 hari.
  • Fitur Cari stiker dengan teks, emoji, atau kategori.
  • Fitur hiasi foto dan video dimana anda dapat menghiasi foto dan video dengan gambar bebas yang lebih halus dan panduan penyelarasan baru.
  • Fitur menyetel wallpaper kustom untuk chat atau menyetel wallpaper mode gelap. Pilih wallpaper dari galeri yang telah diperbarui atau pilih warna baru untuk wallpaper chat khas whatsapp.
Namun bukan itu saja, Glozaria akan merangkum fitur-fitur whatsapp yang wajib diketahui oleh anda. Apa saja fitur-fitur seru dan gokil di whatsapp hingga saat ini? Lanjut yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Bisa Buat Grup Dengan Diri Sendiri

Pada aplikasi whatsapp ternyata kita dapat membuat grup dengan diri sendiri loh! Walaupun awalnya jika kita membuat grup, kita tidak akan bisa jika hanya memilih 1 (satu) anggota. Namun nantinya kita dapat menjadi satu anggota terakhir yang ada dalam grup tersebut.

Caranya sama dengan cara membuat grup yang sebelumnya. Tambahkan 1 (satu) anggota lain terlebih dahulu saat membuat grup. Setelah grup terbuat, keluarkan anggota lain dari grup tersebut. Sehingga anggota dari grup tersebut yang tersisa hanya anda sendiri. Hal ini menjadi penting jika kamu inin mengumpulkan file atau data-data acak berupa media dari beberapa orang yang harus kamu kumpulkan menjadi satu.

Baca Juga :

Chat Dengan Diri Sendiri

Selain membuat grup dengan diri sendiri, anda juga bisa chat dengan diri sendiri. Caranya mudah, berikan nama pada nomor yang digunakan untuk aplikasi whatsapp anda di telepon. Lalu, buka kontak di whatssapp dan cari nama kontak anda. Kemudian, tinggal berkirim pesan yang anda inginkan.

Bisa Chat Dengan Orang Lain Tanpa Menyimpan Nomornya

Fitur-fitur seru yang harus diketahui di whatsapp berikutnya adalah anda bisa chat dengan orang lain walaupun anda tidak menyimpan nomornya. Caranya yaitu dengan membuka browser, seperti chrome, mozilla, safari atau browser lain. Kemudian ketik wa.me/nomor ponsel . Misalnya wa.me/62433030 (nomor ponsel yang akan anda  chat). Cara ini juga merupakan cara lain supaya anda bisa chat dengan diri sendiri.

Baca Juga :

Bikin Huruf Tebal, Miring Atau Dicoret

Fitur seru whatsapp selanjutnya adalah dapat membuat huruf miring, tebal, ataupun dicoret. Hal ini hampir sama dengan fitur yang ada pada microsoft word seperti bold, italic, dan underline.

Bedanya jika anda ingin membuat huruf tebal di whatsapp, anda harus mengetiknya dengan format memberikan tanda bintang sebelum dan sesudahnya dari sebuah kata / kalimat. Contoh *aku* sehingga hasilnya nanti menjadi aku . Sedangkan untuk kata miring,a anda dapat menggunakan tanda garis bawah atau underscore di depan/belakang kata ataupun kalimat. Misalnya _tulisan miring_ dan akan muncul tulisan miring . Kemudian untuk membuat tulisan dicoret, anda tinggal menambahkan tanda “ ~ ” pada depan/belakang kata atau kalimat. Seperti ~Ini aku~ . Hasilnya bisa dilihat sendiri pada aplikasi whatsapp.

Sematkan Chat Yang Penting (Pin)

Dalam menyimpan beberapa pesan atau dokumen maupun hal-hal yang penting lainnya, anda bisa menggunakan fitur untuk menyematkan percakapan dari sebuah chat atau grup yang penting dengan memberi Pin/Bintang. Sehingga percakapan, grup yang penting dapat dengan mudah dapat ditemukan. Caranya dengan menekan lama pada percakapan chat atau grup, lalu pilih ikon Pin, selesai. Grup/ percakapan chat sudah disematkan!

Baca Juga :

Keamanan Aplikasi Whatsapp dengan Fingerprint

Aplikasi Whatsapp juga meluncurkan fitur keamanan aplikasi. Fitur tersebut adalah Fingerprint (sidik jari). Jadi, semua percakapan akan otomatis terjaga.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan memilih Setelan (Setting). Lalu, pilih Akun/Account. Kemudian tekan Privasi / Privacy. Scroll sampai mentok ke bawah dan Anda akan menemukan Fingerprint Lock yang masih disable (nonaktif). Sehingga Anda perlu menekannya dan meng-enable fitur tersebut. 

Fitur Dark Mode

Selain instagram, sesama aplikasi yang memiliki kepemilikan dari Facebook, Whatsapp juga merilis tema Darkmode (Gelap). Jadi, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi WA mod / YO whatsapp jika hanya ingin menggunakan fitur tema ini. Caranya sangat mudah, tinggal pilih Setelan (Setting), pilih chat/chats, dan pilih tema/theme. Di sini disediakan tema system default, light / terang dan dark / gelap. Pilih dark, maka aplikasi whatsapp anda akan otomatis berubah menjadi tema gelap. 

Baca Juga :

Fitur Kelola Penyimpanan

Aplikasi Whatsapp Messenger atau lebih dikenal dengan whatsapp telah melakukan beberapa update/pembaruan pada tahun ini. Salah satunya dengan adanya fitur pengelolaan penyimpanan. Sehingga anda tidak perlu repot untuk menginstal aplikasi tambahan seperti cleaner for whatsapp dan sejenisnya hanya untuk mengelola penyimpanan dan membersihkan file-file yang sudah tidak diperlukan lagi.

Anda bisa mengakses Fitur Kelola Penyimpanan dengan cara membuka menu Setelan, pilih Penyimpanan dan Data dan terakhir pilih Kelola Penyimpanan. Anda akan melihat kapasitas media yang digunakan whatsapp. Anda bisa mulai meninjau dan menghapus item yang tidak dibutuhkan lagi.

Sekian pembahasan mengenai  fitur-fitur seru dan gokil yang harus diketahui di whatsapp terbaru. Selamat mencoba dan selamat menikmati fitur seru di whatsapp! Semoga bermanfat!

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Fitur - Fitur Whatsapp Terbaru Yang Wajib Diketahui Setelah Pembaruan (Update)"