Cepat! Ini Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet Utama (Telkomsel, dll)

Diperbarui pada 11 Maret 2021

Glozaria - Hai sobat Glozovers !! Apa kabar ? Semoga sehat selalu. Gimana kabar kuota hadiah kemendikbudnya? Lancar jaya kan? Tapi sayang sekali kuotanya harus terbuang percuma karena kegunaannya yang dibatasi untuk aplikasi belajar.

Peringatan : Artikel ini mungkin sudah tidak sesuai dengan kebijakan baru pemberian bantuan kuota kemendikbud. Sehingga tidak dapat memberikan informasi yang akurat saat ini.


{tocify} $title={Table of Contents} 

Kuota Belajar Kemendikbud

Seperti yang kita ketahui, kuota belajar merupakan kuota yang diberikan kemendikbud dalam rangka mendukung  kegiatan belajar mengajar online. Kuota belajar yang diberikan cukup berguna untuk menunjang belajar, dan bahkan kuota yang diberikan oleh kemendikbud include 5Gb kuota reguler.

Tapi besaran data 5GB tidaklah cukup untuk menanggung aktivitas kita selama berinternet. Bahkan sebagian orang ada yang mengeluhkan kuota reguler yang hanya bisa dipakai 5 sampai 10 hari ini, Menurut mereka, kuota reguler terlalu sedikit dan kebanyakan pembelajaran dilakukan dengan arahan menonton youtube sebagai rujukan pembelajaran. Tak jarang ada kuota belajar tak tersentuh karena selama sebulan tak pernah melakukan aktivitas yang melibatkan kuota belajar. Sayang banget kuota belajar harus menguap sia-sia.

Cepat! Ini Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet Utama (Telkomsel dan Operator Lainnya)

Cepat! Ini Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Jadi Kuota Internet Utama (Telkomsel dan Operator Lainnya)
Nggak perlu khawatir, banyak sebenarnya aplikasi yang dikembangkan dalam memanipulasi jaringan. Hanya perlu mengotak-atik sedikit pengaturan sehingga kuota belajar dapat dipakai sebagai kuota internet utama/regular. Nantinya kuota yang diubah dapat digunakan untuk buka aplikasi facebook, youtube bahkan google. Tertarik mencobanya? Lanjut simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :

Apa itu aplikasi Anonytun

Aplikasi Anonytun merupakan aplikasi VPN yang memiliki beberapa setting yang berguna untuk membuka firewall jaringan internet. Dalam men-setting anonytun diperlukan sebuah link BUG yang berfungsi untuk menghubungkan anonytun dengan tujuan kuota yang ingin dipotong. Ada beberapa BUG yang banyak tersebar, contohnya ialah:
  • www.whatsapp.com: Bug kuota belajar 
  • www.classroom.com:Bug  kuota belajar
  • Play.hooq.tv : Bug kuota videoMax
  • m.youtube.com: bug kuota youtube
Itulah bug yang dapat kalian setting untuk pemakaian anonytun. Kalau Glozaria pribadi sering pakai yang bug pertama. Alhasil kuota belajar Glozaria yang awalnya 85Gb sekarang berkurang akibat pemakaian menjadi 40Gb.

Baca juga :

Cara Ubah Kuota Belajar Kemendikbud Jadi Kuota Internet Utama Dengan Aplikasi Anonytun

Untuk cara setting, kalian bisa ikut tutorial di bawah ini. 
1. Download aplikasi Anonytun di google play store atau bisa klik langsung di sini.
2. Buka aplikasi Anonytun.

3. Ganti Posisi Anonytun menjadi "Best performance".
4. Klik "Stealth Settings".
5. Selanjutnya ganti status “Stealth Tunnel” menjadi ON.
  • Ganti Connection Protocol menjadi SSL
  • Ubah nilai Connection Port menjadi 443 
  • Menu Connect Via Parent Proxy : OFF
  • Menu Costum TCP/HTTP Headers : OFF
  • Menu Advanced SSL Settings : ON
6. Selanjutnya klik “Edit SSL Settings” dan sesuaikan pengaturannya seperti gambar berikut.
  • True SSL : ON
  • Spoof Host Port : ON
  • Spoof Host : www.whatsapp.com
  • Spoof Port : 443

7. Klik Ok dan silahkan klik Save untuk menyimpan pengaturan.
8. Setelah semua pengaturan selesai, klik Connect untuk menghubungkan ke jaringan.
9. Klik OKAY untuk menyetujui penayangan iklan supaya layanan aplikasi bisa diaktifkan.
10. Ijinkan Anonytun berjalan di latar belakang dengan klik OK untuk mengatur sambungan internet dengan VPN.

Cepat! Ini Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet Utama (Telkomsel, dll)
Anonytun terhubung ke jaringan internet

Baca juga :

Cara Menggunakan Aplikasi AnonyTun Setelah Berhasil Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Jadi Kuota Internet Utama

Setelah aplikasi Anonytun berhasil terkoneksi, jangan kalian tutup aplikasinya. Gunakan Multitasking untuk membuka aplikasi seperti whatsapp, youtube, facebook, browser, dan lainnya.

Selain itu, dari aplikasi AnonyTun, kalian juga bisa menggunakan link cepat yang sudah disediakan. Link cepat tersebut berupa link browser, facebook, telegram, dan youtube.

Cepat! Ini Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet Utama (Telkomsel, dll)

Faktor - faktor kegagalan koneksi pada Aplikasi Anonytun

1. Jaringan tidak stabil / lambat
Terkadang Connection Failed pada Anonytun terjadi karena jaringan internet tidak stabil. Perlunya kita untuk mencari tempat yang memiliki jaringan stabil agar anonytun ter - connect. Di awal koneksi, Glozaria alami kalau koneksi agak lambat. Setelah 3 - 5 menitan, jaringan sudah stabil. Namun hal ini biasa karena sifat dari jaringan dengan VPN.

Baca juga :

2. Salah setting Bug
Perlu diingat bahwa sesuaikan Bug dengan kuota yang tersedia. Jangan memakai Bug Youtube jika yang anda ingin ubah ialah kuota belajar. Tapi gunakan Bug Kuota Belajar yaitu www.whatsapp.com atau www.classroom.com. Glozaria coba menggunakan bug youtube dengan setingan di atas dan hanya mengubahnya ke m.youtube.com. Alhasil aplikasi tidak bisa connect dan terus berada pada posisi connecting.

3. Salah setting posisi Anonytun
Sesuaikan settingan posisi anonytun, Untuk bermain game kalian bisa coba posisi “Gaming|Streaming”, jika kalian ingin kuota digunakan pada aplikasi umum, kalian bisa coba posisi “ Best Performing”.

4. Koneksi internet mati
Jangan nyalakan anonytun saat koneksi internet mati karena connection akan gagal / failed. 

5. Jendela aplikasi lebih baik jangan dihapus/ditutup
Biasanya nih jaringan anonytun tiba-tiba failed karena kita menutup jendela anonytun yang kita setting. Biarkan jendelanya terbuka, tidak perlu dihapus / ditutup. Sebenarnya sekalipun aplikasi ditutup, aplikasi tetap bisa berjalan di background. Namun dengan begini bisa menghindari aplikasi dari force close, menutup sendiri.

Anonytun Berjalan di Latar Belakang

Baca Juga :

Menguji Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet Utama Dengan Aplikasi AnonyTun Benar Bekerja

Untuk menguji bahwa aplikasi VPN AnonyTun ini benar bekerja, sebelumnya pastikan aplikasi sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Kalau berhasil terkoneksi, status aplikasi akan berubah dari Connect 👉 Connecting 👉 Disconnect. Perhatikan gambar sebelumnya di atas.

Saat kalian klik Connect, kalian akan diminta untuk menyetujui penayangan iklan. Jika iklan berhasil tampil, ini menjadi salah satu penanda bahwa layanan telah aktif dan aplikasi mulai terhubung ke jaringan internet.

Setelah aplikasi connected , uji dengan membuka Aplikasi Youtube. Glozaria sudah menguji dan benar bahwa aplikasi sudah berhasil mengubah kuota belajar menjadi kuota internet. Untuk pengujian Glozaria memposisikan jumlah pulsa pada Rp. 0,- (nol rupiah) dan Kuota internet utama juga 0 (nol). Sehingga benar-benar terlihat kalau kuota belajar yang termasuk sebagai kuota multimedia mengalami pengurangan.
Cepat! Ini Cara Mengubah Kuota Belajar Kemendikbud Menjadi Kuota Internet Utama (Telkomsel, dll)
Kuota belajar kemdikbud berkurang sebanyak 300 MB / Gambar : Glozaria
Kalau kalian mempunyai sisa kuota internet utama maka saat mengaplikasikan ini, kuota internet kalian juga akan berkurang. Dalam 10 menit percobaan dengan hanya menonton video youtube saja, kuota internet utama berkurang sekitar 2 - 3 MB. Sedangkan kuota multimedia / kuota belajar berkurang sekitar 20 MB (data mungkin berbeda-beda tergantung cara pemakaian dan koneksi jaringan).
Amankan pulsa kalian ! Jika kuota internet utama kalian habis dan kalian masih berinternet ria dengan mengandalkan Aplikasi AnonyTun ini, pulsa kalian tetap akan tersedot juga. Kalau ingin aman, ikuti langkah di atas tadi, saat kuota utama akan habis, kosongkan pulsa supaya tidak tersedot. Alhasil, kalian tetap bisa melanjutkan berinternet manja dengan AnonyTun.
Glozaria juga sudah menguji di aplikasi lain dan AnonyTun pun bekerja juga. Glozaria bisa membuka Google Play Store bahkan mengunduh aplikasi. Coba buka browser seperti Google Chrome pun berhasil. Silahkan kalian coba di aplikasi lainnya. Kabari Glozaria lewat kolom komentar yah !

Itulah tutorial cara setting Anonytun, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Perlu diingat tutorial di atas jangan disalahgunakan. See u next time dan bye.

19 Komentar

  1. Balasan
    1. Cari/tunggu hingga jaringan bagus dan stabil. Kalau udah nyambung, status berganti jadi Disconnect.

      Hapus
    2. Kalau untuk main gameonline gimana? Soalnya di blokir kalau pake server luar negeri.
      Mohoh solusi nya.

      Hapus
  2. kok yg kepake tetep kuota utama ya? pdhl udh sesuai semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya kepakai kalo ada sisa kouta utamanya tapi jumlahnya kecil dibandingkan kuota belajar yang terpakai. Kalo mau aman, pakainya kalo pulsa dan kuota utama 0.

      Hapus
  3. Ga bisa, udah connected statusnya tapi buat aplikasi youtube, fb, instagram dll tetep zonkk🤣🤣

    BalasHapus
  4. gak bisa kak ..
    kuota utama 0
    tinggal kuota belajar aja nih, stepny udah bener semua
    daritadi connecting mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah kualitas jaringan. Tutup aplikasi kemudian buka lagi, tunggu sebentar sampai aplikasi tutup sendiri (force close). Buka lagi aplikasi kemudian coba connect kan lagi. Pastikan lagi di tempat yang kualitas jaringannya bagus.

      Hapus
  5. Beneran work min, makasih <3

    BalasHapus
  6. Connecting terus kak, udah di ulang dan jaringannya bagus 4G. Tetep connecting, tapi saya coba whatsapp bisa. Apa cuma bisa untuk whatsapp saja?

    BalasHapus
  7. kak, tadi saya sempat bisa, lalu kuota utama saya habis. jadinya connecting mulu. terus disconnect. gabisa connect2 lagi. gimana yah?

    BalasHapus
  8. bisa dipake buat tethering gak? soalnya seringnya pake laptop...

    BalasHapus
  9. Mantap nih work.. tapi, kalo buat main game gabisa. Apa ada cara biar bisa nyambung buat main game juga???

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama