Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Hapus ( Uninstall ) Flash Player Demi Keamanan Setelah Resmi Dihentikan

Resmi Dihentikan ! Begini Cara Hapus ( Uninstall ) Flash Player Demi Keamanan
Ilustrasi Flash Player Dihentikan / Gambar : Glozaria
Glozaria - Adobe Flash Player merupakan perangkat lunak yang berguna untuk kebutuhan multimedia, seperti streaming video dan audio, melihat Rich Internet Applications dan multimedia baik pada komputer web browser atau pada perangkat mobile lainnya yang didukung. 

Flash Player dapat menjalankan SWF file yang dibuat oleh Adobe Flash authoring tool, Adobe Flex, aplikasi dari Macromedia lainnya  maupun peralatan pihak ketiga. Flash Player diciptakan oleh Macromedia, namun sekarang dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe Systems setelah diakuisisi. 

Flash Player Resmi Dihentikan

Flash Player ini telah tersedia secara bebas sebagai Plugin pada versi terbaru dari browser web (seperti Opera, Mozilla Firefox,  Internet Explorer, dan Safari ) atau pada platform yang dipilih. Namun, pada tahun 2021 ini kita tidak dapat lagi menggunakan Adobe Flash Player. Sebab, tepat 31 Desember 2020 kemarin, Adobe telah resmi menghentikan dukungan dari Flash Player.

Sejak kabar Adobe Flash Player dihentikan pada 31 Desember 2020. Penghentian ini juga menandai berakhirnya zaman Flash, karena Adobe berencana mematikan Flash untuk selamanya. Tanda `kematian Flash telah terlihat sejak setahun belakangan ini. Terlebih saat Safari, Chrome, dan Microsoft Edge yang telah memblokir layanannya. Kabar ini pun telah dikonfirmasi dan dibenarkan oleh Adobe pada laman resminya. 

Baca juga :

Adobe menyatakan bahwa mereka akan berhenti memperbarui dan berhenti mendistribusikan Flash Player pada akhir tahun 2020 serta mendorong pembuat konten untuk memigrasi konten Flash yang ada ke format baru. Hal ini telah dijelaskan oleh juru bicara Adobe yang dilansir dari The Verge. Beberapa perusahaan teknologi / website yang sebelumnya mengandalkan Flash untuk pengembangan serta pemutaran konten telah diminta agar mulai menyiapkan diri dan menghilangkan ketergantungan pada Adobe Flash Player sebelum akhir Desember 2020. 

Walaupun telah dihentikan, Flash Player mungkin tetap ada di sistem komputer. Kecuali  bila Anda menghapusnya. Menghapus instalasi Flash Player berarti Anda juga akan membantu mengamankan sistem. Adobe tidak bermaksud untuk  menerbitkan pembaruan Flash Player ataupun patch keamanan. Adobe akan memblokir konten Flash supaya konten tersebut tidak lagi berjalan di Flash Player mulai tanggal 12 Januari 2021. 

Vendor browser utama Adobe akan terus menonaktifkan Flash Player supaya tidak lagi berjalan setelah tanggal EOL ( End of Life ). Setelah resmi menghentikan Flash Player (31/12/2020), Adobe pun juga menyarankan supaya user atau pengguna Flash Player sebelumnya untuk menghapus aplikasi tersebut dari laptop atau komputer. Karena perusahaan tersebut menganggap dengan menghapus atau uninstall Flash Player dari laptop atau komputer dapat membantu melindungi sistem mereka.

Berakhirnya dukungan dari perusahaan Adobe terhadap Flash Player, sebenarnya sudah diumumkan sejak lama. Bahkan beberapa perusahaan sudah mulai beralih meninggalkan Adobe Flash Player. Seperti Apple, yang sudah melakukan transisi dari Adobe Flash Player sejak tahun 2010 silam.

Baca juga :

Cara Hapus ( Uninstall ) Flash Player Demi Keamanan

Untuk itu,  sekarang Anda bisa cek terlebih dahulu pada laptop atau komputer yang dimiliki. Apakah masih terpasang Adobe Flash Player atau tidak? Apabila masih ada, hapus sekarang juga dari laptop atau komputer Anda! Supaya keamanan sistemnya tetap terjaga.

Lalu bagaimana cara uninstall atau menghapus Flash Player ? Cara uninstall dapat dilakukan dengan klik "Uninstall" saat diminta oleh Adobe di aplikasi Flash Player, atau ikutilah petunjuk manual uninstall bagi pengguna Windows dan Mac OS.

Baca  juga :

Uninstall Flash PLayer Melalui Web Adobe

Berikut ini cara untuk Uninstall Adobe Flash Player.
1. Kunjungi web adobe untuk uninstall flash player.
2. Jika perangkat sudah tidak mendukung Flash Player, kalian akan melihat pesan error seperti di bawah ini.
Petunjuk ini TIDAK berlaku untuk Flash Player yang disertakan dengan Microsoft Edge atau Internet Explorer di Windows 8 dan lebih baru atau dengan Google Chrome di semua sistem operasi yang didukung. Kunjungi halaman Bantuan Pemutar Flash untuk petunjuk tentang mengaktifkan (atau menonaktifkan) Pemutar Flash di berbagai browser. Jika Flash Player diinstal di komputer Anda, kotak / jendela berikut menampilkan versi Flash Player dan sistem operasi Anda. Jika Flash Player tidak diinstal, pesan kesalahan muncul.
Perangkat yang sudah tidak mendukung Flash Player
Baca juga :

Uninstall Flash PLayer Menggunakan Aplikasi Uninstaller

1. Unduh Uninstaller Flash Player untuk Windows 32 bit dan 64 bit.
2. Keluar dari semua browser ataupun program lain yang menggunakan Flash.
3. Jalankan Uninstaller Flash Player yang telah diunduh.
4. Klik Yes jika Anda melihat pesan " Do you want to allow this app to make changes to your device ?"
5. Klik Uninstall untuk memulai menghapus Flash Player di perangkat.

Resmi Dihentikan ! Begini Cara Hapus ( Uninstall ) Flash Player Demi Keamanan
6. Tunggu proses uninstall selesai. Anda akan melihat progress 0% sampai penghapusan selesai kalau tidak ada berkas aplikasi flash player di perangkat.
7. Selesai! Jika perlu Anda bisa hapus file beserta folder Flash Player di Drive C ( Drive dimana anda menyimpan file aplikasi Flash Player). Pastikan instalasi telah selesai sebelum melakukannya. Anda dapat me - Restart perangkat untuk menyempurnakan proses penghapusan.

Baca juga :

Demikian artikel tentang kabar Flash Flayer yang telah dihentikan dan jangan lupa  untuk hapus aplikasi itu sekarang demi keamanan.

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "Cara Hapus ( Uninstall ) Flash Player Demi Keamanan Setelah Resmi Dihentikan"