Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sering di Depan Laptop, Ini 6 Jenis Kacamata dan Kegunaannya

Sering di Depan Laptop, Ini Jenis Kacamata dan Kegunaannya

Glozaria.com - Selama pandemi, semua pekerjaan dan tugas dikerjakan secara daring atau online. Yang mana menggunakan gadget untuk mempermudah pekerjaan supaya cepat selesai. Mulai dari penggunaan smartphone, tablet, komputer, notebook maupun laptop.

Padahal menatap cahaya gadget yang terlalu lama dapat merusak penglihatan secara perlahan. Nah! Supaya tetap aman walaupun  sering di depan laptop Glozaria akan memberitahu, berikut ini jenis kacamata dan kegunaannya!


Kacamata Lensa Tunggal (Single Visions Lens)

Kacamata dengan lensa tunggal (single visions lens) mempunyai satu ukuran dengan satu titik fokus. Lensa tunggal digunakan untuk seseorang yang memiliki kelainan mata. Seperti hipermetropia atau rabun dekat / plus, rabun jauh /minus (myopia), dan silinder (astigmatisma). Kacamata dengan lensa ini dikatakan single vision karena hanya berfungsi untuk mengoreksi satu ukuran, yaitu jarak dekat atau jarak jauh saja.

kacamata rabun
Foto : Pexels

Kacamata Lensa Bifokal

Jenis kacamata berikutnya adalah kacamata dengan Lensa Bifokal. Pada kacamata ini terdapat 2 (dua) titik fokus yang digunakan untuk kebutuhan mata presbiopia yang biasanya penderitanya adalah orangtua. Kacamata berlensa bifokal berfungsi untuk melihat jauh dan dekat sekaligus hanya dengan satu lensa saja. Satu titik fokus berada di lensa bagian bawah, kegunaannya untuk melihat dengan jarak dekat. Sedangkan titik fokus satunya lagi berada di bagian atas yang berguna untuk melihat di jarak jauh.

Foto : Pexels

Baca Juga :

Kacamata Lensa Progresif

Lalu jenis kacamata dan kegunaannya berikutnya adalah kacamata dengan Lensa Progresif. Kacamata berlensa progresif hampir sama dengan kacamata bifokal yang mempunyai 2 (dua) titik fokus tetapi, tetap memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada lensanya yang tidak mempunyai garis pembatas antara titik fokus untuk melihat jarak jauh dan titik fokus untuk melihat jarak dekat.

Kacamata dengan Lensa Progresif bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Begitupun bagi anda yang memiliki gaya hidup aktif, suka hiking, traveling, bersepeda dan kegiatan lainnya. Kacamata Lensa Progresif dapat digunakan saat bepergian, bekerja di depan laptop bahkan berolahraga.

kacamata
Foto : Pexels

Baca Juga :

Kacamata Lensa Transisi (Lensa Photochromic)

Kemudian kacamata dengan Lensa Transisi yang beberapa waktu ini sangat populer dengan sebutan Lensa Photocrhomic. Kacamata dengan lensa ini sangat direkomendasikan bagi anda yang sering beraktifitas di luar ruangan dan anda yang mempunyai mata sensitif.

Foto : All About Vision

Keunikan dari lensa ini adalah dapat berubah warna. Apabila berada di luar ruangan akan berubah warna menjadi gelap. Sedangkan jika digunakan di dalam ruangan lensanya dapat berubah kembali menjadi bening seperti semula. Sehingga lensa jenis ini disebut juga sebagai Lensa Adaptif.

Perubahan warna menjadi gelap ini layaknya Kacamata Sunglasses. Sehingga dapat memberikan perlindungan untuk mata dari rasa silau akibat sinar matahari dan melindungi mata dari sinar UVB.

Kacamata Sunglasses dan Polarized

Kacamata berikutnya adalah Sunglasses dan Polarized. Kacamata Sunglasses lebih dikenal dengan kacamata hitam. Bahkan di Google Terjemahan, Sunglasses berarti kacamata hitam. Kacamata Sunglasses atau kacamata tabir surya berguna untuk melindungi mata dari radiasi sinar UV (ultraviolet) baik UVA dan UVB yang berasal dari pancaran sinar matahari. Kacamata ini mengklaim mampu memberi perlindungan 100% terhadap sinar UV.

kacamata sunglasses
Foto : Pexels

Namun saat ini, jenis kacamata ini sudah memiliki banyak varian warna yang dapat dipilih. Warna yang umum digunakan untuk Kacamata Sunglasses adalah Abu-abu, coklat, hijau, merah/pink dan oranye. Ini dikenal dengan sebutan Lensa Warna Sunglasses. Selain lensa warna, ada pula Lensa Warna Gradasi yang dapat menjadi pilihan dalam memilih kacamata Sunglasses anda.

Bagaimana dengan Kacamata Lensa Polarized?. Kacamata Lensa Polarized berguna untuk mengurangi silau akibat pantulan cahaya dari objek-objek sekitar seperti air, jalan, trotoar, kap mobil, dan permukaan-permukaan datar lainnya. Kacamata Lensa Polarized merupakan kacamata Sunglasses juga yang sudah pasti dapat melindungi mata dari sinar UV.

Kacamata dengan lesa terpolarisasi ini sangat baik digunakan saat di luar ruangan seperti saat mengendarai kendaraan, memancing, dan pergi ke pantai. Buat anda yang sensitif terhadap cahaya bahkan pernah menjalani operasi katarak maka sangat direkomendasikan menggunakan kacamata Sunglasses dengan Lensa Polarized.

Kacamata Anti Radiasi

Terakhir, jenis kacamata yang bermanfaat bagi Anda yang sering di depan laptop adalah Kacamata Anti Radiasi. Kacamata Anti Radiasi memang didesain sebagai pelindung mata. Termasuk untuk melindungi penglihatan saat menatap layar komputer, laptop, notebook, smartphone, tablet dan perangkat digital lainnya. Kacamata ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat mengurangi silau / paparan sinar.

Di saat yang sama kacamata ini juga akan meningkatkan kontras serta mengoptimalkan penglihataan. Jadi, saat menatap layar digital Anda akan merasa lebih nyaman dan optimal.
 
Kacamata Anti Radiasi menggunakan lensa yang mempunyai lapisan Anti Reflective (AR) yang bertugas untuk meminimalisasi jumlah cahaya yang diterima oleh mata dan mengurangi paparan sinar / silau.

Keefektifan penggunaan kacamata ini juga tergantung dari penggunaannya. Kacamata ini akan lebih efektif penggunaannya jika diberikan kepada orang yang sebelumnya telah memiliki riwayat gangguan pada mata. Seperti mata lelah, mata merah, mata kering, hingga penglihatan yang buram. Jika Anda mempunyai masalah tersebut, tetapi pekerjaan mengharuskan untuk bekerja di depan laptop dalam waktu yang lama. Maka kacamata anti – radiasi dapat dijadikan solusi dari masalah tersebut.

Dalam segala penggunaan kacamata ini, Perlu diingat untuk tidak lupa berkonsultasi dengan dokter/ahli mata terlebih dahulu. Sebelum memutuskan untuk menggunakan kacamata tersebut. Sebab, dokter/ahli mata akan meresepkan kacamata mana yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat menunjang kenyamanan anda dalam bekerja di depan laptop.

Demikian informasi artikel yang berjudul sering di depan laptop, ini jenis kacamata dan kegunaannya. Semoga bisa membuat anda lebih bijak dalam menjaga penglihatan mata dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan baru. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata Anda!

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "Sering di Depan Laptop, Ini 6 Jenis Kacamata dan Kegunaannya"