Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Berharap Laptop Yang Bagus dan Awet, Ini 8 Tips Memilih dan Membeli Laptop Terbaik 2021

Share :
Glozaria.com - Memasuki pergantian tahun dari 2020 ke 2021, membuat beberapa orang butuh untuk mengupgrade beberapa perangkat elektroniknya. Apalagi perangkat tersebut sudah lama atau lawas. Pasti sangat mempengaruhi performa dan kinerjanya. Terlebih jika penyimpanan, RAM, atau harddisknya juga sudah penuh. Sehingga menjadikan kinerja perangkat tersebut menjadi lamban.

Baca Juga :

Terutama dengan adanya pandemi yang dimulai dari awal tahun lalu, menjadikan hampir semua aktivitas dikerjakan secara online. Sehingga membutuhkan beberapa perangkat elektronik yang mendukung. Seperti, handphone, tablet, notebook, maupun laptop.

Berharap Punya Laptop Yang Bagus dan Awet, Ini Tips Memilih dan Membeli Laptop Terbaik Memasuki 2021           
Gambar : Pixabay
Nah untuk itu pada artikel ini, Glozaria akan memberikan 8 tips dalam membeli laptop memasuki 2021. Apa saja sih tipsnya ? Langsung simak saja beberapa uraian berikut!

Baca Juga:

Perhatikan Desainnya

Sebelum membeli sebuah perangkat, pasti kita akan melihat terlebih dahulu tentang bagaimana penampilan dari perangkat tersebut, utamanya dari sisi desain. Ya perhatikan desainnya lebih dulu! Sebab sebagai perangkat mobile laptop harus mudah dan nyaman untuk dibawa pergi kemana-mana.

Jadi, pilihlah laptop dengan desain minimalis: slim, ukuran sedang serta berbobot ringan (1-1,4 kg). Ukuran sedang berarti layarnya berukuran 11-13  inchi saja. Kecuali jika Anda ingin memakai laptop untuk editing bisa memilih yang 15-17  inci. 

Pilih Baterai Yang Tahan Lama

Selain desain, Anda juga harus memilih laptop dengan kapasitas baterai yang besar dan dapat bertahan lama. Supaya tidak ribet saat sedang dipakai! Apalagi jika tempat anda saat menggunakan laptop jauh dari colokan charger. Anda dapat memilih laptop dengan daya baterai yang angka Wh nya besar, karena makin besar angka Wh makin lama pula waktu penggunaanya.

Teliti Spesifikasi Laptop 

Setelah memperhatikan desain dan memilih daya baterai, anda juga harus memperhatikan spesifikasi dari laptop yang akan dibeli. Apalagi jika sudah ada vendor yang merilis tipe terbaru tanpa ada peningkatan spesifikasi dari produk tersebut. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati dengan strategi marketing vendor perusahaan tersebut.

Baca Juga :

Bagian terpenting, spesifikasi laptop harus mendukung aktivitas yang anda butuhkan. Baik sebagai mahasiswa, pelajar, karyawan maupun profesional. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda begitu juga dananya. 

Prosessor

Tips beli laptop memasuki 2021 berikutnya adalah memperhatikan jenis prosessor yang digunakan. Apabila Anda hanya menggunakan laptop untuk keperluan sehari-hari seperti browsing, mengetik, nonton film, mendengarkan musik. Anda hanya memerlukan prosessor minimal Intel Core i3 / AMD Ryzen 3.

Tetapi, jika anda menggunakan laptop untuk bermain game ringan-menengah. Anda perlu menemukan laptop dengan prosessor minimal Intel Core i5. Sedangkan untuk bermain game berat minimal harus memiliki prosessor Intel Core i7.

Baca Juga :

Sedangkan bila Anda memakai laptop untuk keperluan editing video biasa, prosessor minimal yang diperlukan adalah AMD Ryzen 5. Namun, untuk editing video profesional Anda perlu prosessor minimal AMD Ryzen 7.

Kapasitas RAM

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah kapasitas RAM. Sebab, RAM dapat mempengaruhi kinerja dari sebuah perangkat. Misalnya, untuk pekerjaan standar seperti browsing dan pengetikan Anda memerlukan memori RAM 4GB. Sedangkan untuk keperluan bermain game atau editing ringan, RAM yang dibutuhkan minimal 8GB . Untuk kelas profesional yang biasanya digunakan editing video dengan resolusi tinggi atau bermain game berat. Anda memerlukan kapasitas RAM sebesar 16GB.

Baca Juga :

GPU Grafis

Komponen penting selanjutnya, yaitu GPU Grafis. GPU Grafis menentukan grafis yang ditampilkan dari sebuah laptop. Untuk Anda yang suka bermain game, diperlukan kartu GPU grafis Nvidia. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan laptop untuk keperluan editing video, harus memiliki kartu grafis AMD Radeon. 

Media Penyimpanan

Terdapat 2 media penyimpanan dalam laptop yaitu SSD dan HDD. SSD berpengaruh pada kecepatan yang dilakukan saat booting, baca tulis data atau membuka aplikasi dan bermain game. Sedangkan untuk HDD / Harddisk berpengaruh pada kinerja baca-tulis. 

Sistem Operasi

Selain beberapa hal di atas, Anda juga perlu memperhatikan Sistem Operasi yang digunakan. Baik itu menggunakan Microsoft Windows, DOS atau Mac OS. Walaupun nantinya Anda dapat merubah sistem operasi tersebut dengan OS gratis lainnya seperti linux. Tetapi, jka tidak ingin ribet, anda dapat memilih Sistem Operasi bawaan seperti Windows 10.

Baca Juga :

Demikian Tips Beli Laptop Memasuki 2021 yang dapat penulis sampaikan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan para pembaca. Happy Shopping!

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

1 komentar untuk "Berharap Laptop Yang Bagus dan Awet, Ini 8 Tips Memilih dan Membeli Laptop Terbaik 2021"

  1. Trims ya,
    Sharing infonya bermanfaat.

    Boleh dong kunjungan baliknya ke web saya :D
    Langsung Cek di Toko Komputer Online Terpercaya atau Ilmu Komputer

    BalasHapus