Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Tips Sederhana Cara Agar BBM Irit Namun Mesin Tetap Ngibrit !

Share :
Ini Tips Sederhana Cara Agar BBM Irit Namun Mesin Tetap Ngibrit !
Motor merupakan salah satu kebutuhan yang sangat vital. Kendaraan ini dimiliki oleh semua kalangan dan strata dengan berbagai merk dan tipe. Bahkan sekarang telah banyak diproduksi motor-motor dengan desain unik, sedikit anti mainstream. Akhirnya berhasil menjadi tren pilihan motor konsumen.

Apapun jenis motor, hal yang terpenting adalah perawatan. Jika pintar merawat maka sedikit biaya yang dikeluarkan untuk servicenya. Begitupun sebaliknya, sehingga mulailah perhatikan kondisi motor dari sekarang.

Mempunyai kendaraan terutama sepeda motor kini bukanlah suatu hal yang mewah. Namun, sekarang lebih pada fungsi yang bisa diandalkan. Dengan berkendara tentu mobilitas menjadi makin cepat dan praktis. Tapi, terkadang konsumsi BBM seringkali bikin kantong bolong.

Baca Juga :

Tahu kan, harga BBM terus melonjak dan jarang bisa turun kembali. Seumpama turun tentu engga yang langsung, tapi hanya sedikit atau sekian persen saja. Hal ini menjadikan pengguna masih pikir-pikir untuk membawanya pada rutinitas ekstra.

Nah, engga perlu khawatir. Jika anda sedang mencari cara agar konsumsi bahan bakar makin irit, anda berada di tempat yang tepat. Pasalnya, ulasan kali ini tentang cara agar BBM irit namun performa mesin tetap Ngibrit.

Hindari Pengereman Terlampau Sering

Ternyata intensitas pengereman ini bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar lho, sobat! Makin sering anda injak pedal rem, tentu makin besar pula BBM yang terbuang percuma. Selain itu, mobilitas mesin bakalan jadi berat. Karena akselerasi nya akan menyedot BBM lebih gede ketimbang posisi normal.
Sebaiknya, tancap gas dengan kecepatan stabil dan juga konstan. Sehingga dapat menghindari penginjakkan rem terlalu sering. Cara lain agar tak sering melakukan pengereman ialah jangan gantung kaki di pedal rem anda.

Cari Jalur yang Relatif Tak Macet ketika Berkendara

Meski terbilang sepele, cara ini cukup bisa diandalkan lho. Bayangkan jika macet menjebak, sementara mesin mobil masih dalam keadaan menyala. Sudah bisa dipastikan anda tak bisa menghemat BBM ini kan?


Sehingga, anda perlu mencari rute-rute khusus untuk perjalanan anda. Anda dapat mencarinya melalui google maps maupun aplikasi waze. Selanjutnya, tentukan rute mana saja yang ingin anda lalui. Dengan begitu, travelling anda bakal lebih lancar. Cara ini bisa anda andalkan agar BBM irit, namun performa mesin tetap melejit.

Jangan Panasi Motor Terlalu Lama

Meski mesin motor harus dipanasi terlebih dulu ketika akan dipakai. Namun, tak lantas membiarkannya begitu saja ya sobat. Alih-alih membuat performa mesin sip, justru malah boros bahan bakar. Banyak yang mulai beranggapan kalau memanaskan mesin dengan lebih lama maka akan lebih baik. Padahal  motor keluaran terkini sudah mumpuni dan canggih. Sehingga tak butuh waktu lama untuk memanasi nya.

Hindari Tempat Parkir yang Panas

Pernah kan, saat hendak memarkir motor menemukan area yang cukup panas?. Jika iya, usahakan untuk menghindarinya ya. Kenapa demikian?

Baca Juga :

Memarkirkan kendaraan di tempat panas akan membuat bahan bakar lekas menguap. Sehingga stok bahan bakar pada tangki akan cepat habis. Padahal engga dipakai kemana-mana, kan sayang jika habis menguap begitu saja.

Menyiasati mesin agar konsumsi BBM makin irit ternyata gampang ya? Anda tak perlu repot-repot menambahkan sesuatu di mesin. Cukup lakukan 4 step tersebut agar BBM irit. Apalagi jika sekarang ini BBM sudah dikira cukup mahal di pasaran. Jika Anda terlalu boros dengan pemakaian BBM maka hal tersebut akan merugikan Anda sendiri. Jadi lakukanlah 4 tahapan di atas dijamin, mesin berkinerja dengan baik. Kantong aman, karena konsumsi BBM makin ringan. Penasaran, ayo lakukan dengan konsisten.

Penulis : Andreas Natawijaya
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Ini Tips Sederhana Cara Agar BBM Irit Namun Mesin Tetap Ngibrit !"