Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perhatikan! 5 Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet dan Tidak Cepat Aus

Share :
Glozaria - Berkendara dengan nyaman dan aman menjadi hal terpenting bagi setiap pengemudi. Baik itu melakukan perjalanan yang jauh ataupun dekat. Ban menjadi salah satu komponen terpenting di sebuah kendaraan.  

Perhatikan! Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet dan Tidak Cepat Aus
Foto : Kompas
Pikirkan ban sebagai fondasi mobil kalian. Lagipula, ban juga memengaruhi laju kendaraan, kenyamanan berkendara, dan yang terpenting pengalaman berkendara yang aman. Perawatan ban yang benar mulai dari menjaga agar ban tetap dipompa ke tekanan ban yang tepat, menjaga permukaan ban yang memadai, memeriksa keseimbangan ketinggian udara, dan menjaga roda tetap sejajar.

Juga jumlah keausan pada ban kalian dapat memberi tahu seberapa banyak hal tentang masalah yang dihadapi ban, atau lebih khusus lagi kendaraan kalian. Dengan mengingat hal itu, pastikan untuk memeriksa ban kendaraan kalian secara teratur apakah ada keausan atau tidak.

Hal ini untuk mencegah masalah jangka panjang. Selain itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional tentang berapa banyak keausan yang aman dan kemudian ganti ban sesuai kebutuhan. Jika kalian memang membutuhkan ban baru, cari ban yang cocok dengan kendaraan kalian ditempat yang resmi dan terpercaya.

Perhatikan! 5 Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet dan Tidak Cepat Aus

Berikut akan kami berikan beberapa tips untuk kalian yang memiliki kendaraan, agar mencegah ban kendaraan kalian cepat aus:

Memastikan tekanan udara dalam keadaan yang tepat

Ban kendaraan dirancang dengan tekanan udara untuk berfungsi dengan baik pada satuan tertentu. Ban yang terlalu kempes dapat menyebabkan keausan dini dan peningkatan risiko ledakan. Ban yang terlalu kempes dapat terlepas dari roda selama bermanuver, menjadi lebih cepat aus, dan mengurangi kendali. Periksa setiap saat tekanan udara di ban kendaraan kaluan secara teratur, dan tambahkan udara sesuai kebutuhan.

Pengecekan secara berkala

Ban dapat mengalami banyak masalah saat menggelinding di jalanan. Periksa ban kendaraan kalian dari kerusakan seperti irisan, sobekan, dan puing-puing jalan yang tertanam di dalam ban. Mengoperasikan kendaraan dengan ban yang rusak atau bocor akan menurunkan kemampuan kendaraan dan memperpendek umur ban.

Periksa keseimbangan ban 

Foto : Nusantaratv
Penting juga untuk menyeimbangkan ban dan roda kendaraan kalian dari waktu ke waktu. Seorang teknisi ban akan menempatkan ban kendaraan pada alat berat yang mendeteksi distribusi berat dan memungkinkan penempatan beban timbal pada pelek untuk mencapai penyebaran yang merata. Ini mengurangi getaran ban dan meningkatkan kualitas pengendaraan ban kalian.

Seimbangkan perputaran roda ban yang ada di kendaraan kalian

Ada gaya-gaya signifikan yang bermain pada roda suatu kendaraan, dan gaya-gaya tersebut bervariasi sesuai dengan di mana mereka ditempatkan. Ban depan terpengaruh oleh jalan yang menikung, lebih cepat aus di bagian tepi daripada di belakang, sementara ban yang dipasang di belakang akan mengalami keausan tambahan saat akselerasi. Dengan menyeimbangkan perputaran ban di seluruh sisi kendaraan, kalian akan meratakan keausan dan mendapatkan umur ekstra dari ban kendaraan kalian.


Mengemudi dengan sebaik dan sewajar mungkin

Salah satu teknik paling efektif untuk merawat ban kendaraan kalian adalah dengan mengurangi kebiasaan mengemudi. Mengemudi dalam kecepatan tinggi dapat memanaskan ban, meningkatkan gesekan, dan membuat ban lebih cepat aus. Gesekan dengan puing-puing jalan membawa lebih banyak energi pada kecepatan tinggi, meningkatkan kemungkinan kerusakan atau bahkan ledakan. Menikung secara agresif juga meningkatkan kecepatan ban aus lebih cepat.

Foto : Mobimoto
Merawat ban itu sederhana, tetapi sangat penting. Dengan meluangkan waktu untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan ban secara teratur dan dengan memoderasi gaya mengemudi kalian, kalian bisa meningkatkan umur ban kendaraan kalian.

Baca Juga :

Itulah beberapa tips dalam menjaga ban agar tidak cepat aus. Tentu banyak faktor lain yang menentukan cepat atau tidak nya ban menjadi aus. Namun, beberapa faktor di atas ini yang merupakan faktor utama yang mana teman-teman semua bisa perhatikan seksama.

Pemilihan dalam jenis ban yang cocok juga menjadi hal penting. Ketika kalian membeli ban dengan kualitas yang bagus, dari produsen resmi, tentu produk yang ditawarkan juga akan berbeda dari jenis ban yang biasa-biasa saja. Pastikan pemilihan ban ini menjadi hal yang sangat dipikirkan matang-matang agar kenyamanan dan keselamatan pengemudi menjadi terjamin.

Penulis : Rizal Andy
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Perhatikan! 5 Tips Cara Merawat Ban Motor dan Mobil Agar Awet dan Tidak Cepat Aus"