Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Nasihat Wajib Dibaca Untuk Anak Muda Jaman Sekarang

Share :
Nasihat Wajib Dibaca Untuk Anak Muda Jaman Sekarang
Apa sih yang terlintas di benak kalau mendengar istilah “ Anak Muda” ? Sekelompok orang yang memiliki usia produktif, memiliki semangat tinggi, disertai dengan ketertarikan tentang teknologi yang juga begitu tinggi.

Dalam sebuah negara anak muda adalah tulang punggung yang nantinya akan menentukan arah pemerintahan dimasa depan. Peran anak muda ini penting untuk kemajuan bangsa. 

Nah bagi teman-teman yang kebetulan membaca artikel ini dan kebetulan juga memiliki usia yang muda. Penting nih untuk merefleksi ke dalam diri kita sendiri. Apakah kita sudah menjadi Golongan anak muda yang on the track atau kita masih belum menemukan jalan yang sesuai untuk diri kita sendiri.

Baca juga:

Kebingungan, kehampaan dan rasa keingintahuan akan semakin besar dirasakan saat usia semakin dewasa. Dan ini juga kerap dialami oleh orang berusia muda. Anak muda itu bagai pisau bermata dua. Anak muda punya tenaga dan ambisi yang kuat tapi sering salah arah karena memikirkan ego sendiri.

4 Nasihat Wajib Dibaca Untuk Anak Muda

Nasehat, masukan atau saran adalah sesuatu yang diperlukan anak muda agar mempunyai sudut pandang yang lebih luas dalam menghadapi berbagai problematika hidup. Untuk alasan itulah kenapa kami membuat ulasan tentang nasihat positif untuk muda berikut ini:

Manfaatkan waktu dengan kegiatan positif
Anak muda itu memiliki waktu yang panjang dibandingkan generasi di atasnya. Sebaik-baik waktu itu digunakan untuk menyibukkan diri dengan kegiatan positif. Jangan pernah menyepelekan waktu. Waktu itu terus berjalan, tidak peduli dengan apa yang kita lakukan waktu akan membawa kita pada usia yang lebih tua dari sebelumnya.

Banyak anak muda yang masih bermasalah dalam menyusun skala prioritas. Mereka menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak profesional. Seperti berfoya-foya memamerkan kekayaan di media sosial hanya untuk gengsi, bermain game tanpa kenal waktu dan yang lainnya. Padahal momen “muda” tidak akan terulang kembali.

Mumpung masih ada waktu luang seyogyanya bisa menyibukkan diri dengan hal yang positif dan produktif. Misalnya mengikuti organisasi kemahasiswaan, Kursus, membuat karya kreatif dan yang lainnya.

Manfaat mengelola masa muda dengan hal positif akan dirasakan di kemudian hari. Ada pepatah yang mengatakan "apa yang kamu tuai di masa depan adalah apa yang kamu tanam pada hari ini"

Jangan lelah untuk mencari ilmu
Anak muda itu diberi anugerah oleh tuhan pikiran dan tenaga yang masih fresh. Kedua hal ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Anak muda harus semangat dalam menuntut ilmu. Karena dengan ilmu itulah akan membawa derajat kita menjadi lebih tinggi.

Dengan ilmu wawasan kita akan lebih luas, peluang pekerjaan akan lebih banyak, kita juga akan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan yang paling penting tuhan akan memberikan pahala untuk kita.

Tidak ada alasan untuk malas karena teknologi sudah hadir untuk mewujudkan media belajar yang efektif. Kita punya google, YouTube, telegram, zoom dan masih banyak lagi. Manfaatkan media tersebut untuk menambah intelektual kita.

Mencari pengalaman
Masa muda adalah masa yang paling tepat untuk mencoba pengalaman. Tidak usah takut untuk memulai hal baru. Segala ketakutan yang ada harus dilawan, karena sebagian ketakutan tidak benar-benar terjadi.

Kalau masih pelajar bisa mencari pengalaman lewat organisasi sekolah. Bisa juga mencari pengalaman lewat bekerja. Jangan mengeluh dengan pekerjaan yang didapat, karena ini akan memupuk mental dan pengalaman. Belajar hidup dari nol akan membuat kita sadar bahwa kesuksesan diraih dengan penuh perjuanganmu dan air mata.

Bersahabat dengan kegagalan
Anak muda harus berani dan bermental baja. Nasehat yang selanjutnya untuk anak muda adalah bersahabat dengan kegagalan. Karena sering terjadi usaha yang kita lakukan tidak berakhir sesuai keinginan. Seperti contohnya gagal lolos ujian perguruan tinggi, gagal saat memulai bisnis dan yang lainnya.

Banyak orang ketika gagal langsung mentalnya turun. Ini yang seharusnya dihindari oleh anak muda. Sadari bahwa usia muda adalah usia yang wajar untuk gagal. Kita memiliki peluang lain yang bisa dicoba.

Tuhan tidak pernah menutup pintu lain selama kita masih bernafas. Jangan malu saat gagal, justru dengan hal itulah kita akan belajar menghadapinya.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Belum ada komentar untuk "4 Nasihat Wajib Dibaca Untuk Anak Muda Jaman Sekarang"