Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar 6 Generasi Usia di Tahun 2021, Apa itu Gen X, Gen Z dan Milenial ?

Apa itu Gen X, Gen Z dan Milenial ! Daftar 6 Generasi Usia di Tahun 2021
Ilustrasi Generasi Gen Z / Foto : Pixabay
Glozaria.com - Zaman tidak bisa dihentikan perkembangan dan kemajuannya. Sebagai generasi, kita hanya harus mengikutinya supaya tetap dapat bertahan dan sebisa mungkin berkembang. Ikutilah perkembangan zaman yang positif dan abaikan yang negatif. Sisi negatifnya dapat dijadikan pelajaran dalam mencapai tujuan hidup yang lebih baik.

Zaman ini, sebagian orang menyebutnya akhir zaman telah bermunculan istilah-istilah baru untuk generasi saat ini. Biasanya kita mendengar istilah dalam kategori usia sebagai anak-anak, anak muda, dewasa, tua dan lansia. Tapi kini ada istilah-istilah generasi sesuai usia yang lahir sejak beberapa tahun lalu.

Baca juga :

Kalian mungkin pernah mendengar istilah Milenial atau Generasi Z. Berdasarkan data statistik tahun 2020 dari Badan Pusat Statistik yang dikeluarkan di Januari 2021 diperoleh data 27,94%  Gen Z, dan 25,87% Milenial dari total 270,20 juta jiwa. Data penduduk Indonesia sesuai generasi selengkapnya sebagai berikut :
  1. Post Gen Z : 10,88%
  2. Gen Z : 27,94%
  3. Milenial : 25,87%
  4. Gen X : 21,88%
  5. Baby Boomer : 11,56%
  6. Pre-boomer 1,87%
Dengan data tersebut, wajar saja kalau kaum Milenial dan Gen Z sebagai kaum terbanyak yang menggunakan media sosial.

Apa itu Gen Z atau apa itu Milenial? Yuk simak ulasan lebih jelas berikut.

Baca juga :

Apa itu Gen X, Gen Z dan Milenial ! Daftar 6 Generasi Usia di Tahun 2021

Dalam daftar ini akan disusun sesuai urutan generasi dari paling muda sampai paling tua. Sehingga dapat dilihat perbedaan tiap generasi, seperti perbedaan generasi milenial dan generasi z. Berikut daftar 6 generasi usia di tahun 2021.

1. Post Gen Z
Kategori usia pertama adalah Post Gen Z. Disebut juga dengan Generasi Alpha. Post Gen Z adalah generasi yang lahir tahun 2013 ke atas. Saat ini berada pada usia bayi sampai dengan 7 tahun. Generasi Alpha adalah generasi paling muda dan biasanya adalah anak-anak dari para Millenial.

Generasi ini tumbuh dan berkembang dengan dikelilingi oleh teknologi. Kebanyakan dari orang tua mereka adalah pengguna teknologi dan media sosial. Sehingga generasi ini akan mengenali masa kecil mereka dengan tren-tren yang terjadi.

Generasi Alpha akan mencatatkan sejarah mereka dalam menghadapi pandemi Corona. Belajar dan bermain dengan protokol kesehatan yang mengekang kehidupan indah Generasi Alpha.

2. Gen Z
Kategori usia berikut adalah Gen Z. Gen Z adalah generasi yang lahir tahun 1997 - 2012. Perkiraan usia saat ini berada pada usia 8 - 23 tahun. Gen Z menempati posisi generasi terbanyak dalam komposisi penduduk Indoesia di 2021.

Generasi Z telah terbiasa menggunakan teknologi digital sejak usia muda dan merasa nyaman dengan Internet dan media sosial, terlebih dalam kondisi pandemi Corona. Salah satu generasi selain Generasi Alpha yang harus hidup sangat dekat dengan gadget karena kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) / Belajar dari rumah (BDR). Tapi mereka belum sepenuhnya terlibat dalam pengembangan teknologi.

Baca juga :


3. Milenial
Selanjutnya, generasi yang lahir pada tahun 1981 - 1996. Sekarang diperkirakan berusia 24 - 39 tahun. Generasi ini disebut sebagai Milenial, generasi terbanyak kedua setelah Gen Z. Generasi Milenial disebut juga sebagai Generasi Y.

Bagi Milenial, teknologi dapat membantu mereka dalam segala hal. Mereka menjadikan media sosial sebagai tempat mereka untuk mencari penghasilan dengan menjadi influencer, youtuber, blogger, endorse produk, dan sebagainya. Mereka telah menjadi bagian dalam perkembangan teknologi sekarang seperti content creator bahkan developer aplikasi dan web.

4. Gen X
Pada posisi keempat, ada generasi Gen X yang lahir pada tahun 1965 - 1980. Saat ini berusia 40 - 55 tahun. Kata X pada generasi ini dipopulerkan oleh novel yang berjudul Generation X : Tales for an Accelerated Culture yang ditulis Douglas Coupland.

Rata-rata Generasi X memiliki orang tua dari generasi Baby Boomer. Sifat generasi ini kebanyakan pekerja keras sama seperti orang tuanya.

Baca juga :

5. Baby Boomer
Generasi usia kelima adalah Baby Boomer. Generasi ini bagi bapak/ibu/orang tua kita yang lahir pada tahun 1946 - 1964. Perkiraan usia saat ini adalah 56 - 74 tahun. Generasi baby boomer lebih mengandalkan hal-hal yang berbau konvensional atau cara lama. Namun, tak sedikit sekarang yang mulai akrab dengan gadget.

Mengapa generasi tahun 56 sampai 75 dikatakan sebagai Baby Boomer ? Adakah yang tahu? Tulis komen di kolom komentar yah.

6. Pre Boomer
Terakhir adalah generasi Pre Boomer. Bagi Anda yang lahir sebelum tahun 1945. Sekarang berusia lebih dari 75 tahun. Genrasi Pre Boomer disebut juga Kaum Tradisionalis dan Silent Generation. Generasi ini saksi dari berbagai kejadian terbesar dunia seperti Perang Dunia II. Sebagian besar adalah veteran berjiwa patriotisme tinggi, terbiasa dengan masa penjajahan dan perang.

Nah, Glozovers ! Boleh cek KTP 😁😂 Kalian berada pada kaum generasi yang mana?

Demikian, semoga bermanfaat.
Share :

Belum ada komentar untuk "Daftar 6 Generasi Usia di Tahun 2021, Apa itu Gen X, Gen Z dan Milenial ?"