Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hati-hati Penipuan Oleh Penjual Olshop di Marketplace Saat Belanja Online, Ini Triknya !

Share :
Hati-hati Penipuan Oleh Penjual Olshop di Marketplace Saat Belanja Online, Ini Triknya !
Ilustrasi berbelanja online / Gambar : Pixabay
Glozaria - Benarkah ada penipuan di Marketplace? Sebelum menarik kesimpulan, Glozaria akan membagikan sebuah pengalaman yang cukup menarik saat berbelanja online. Pengalaman yang baru pertama dialami setelah beberapa tahun ini menikmati kegiatan mencari barang di marketplace.

Gozaria kalau mau berbelanja online, pertama harus dalam kondisi tenang. Alias tidak perlu terburu-buru. Glozaria akan mengecek beberapa toko hanya untuk mencari sebuah produk. Item yang dicek diantaranya harga, foto-foto produk, level toko, ulasan, dan hal-hal lainnya. Semua diperlukan untuk memastikan kita bisa mendapatkan produk yang sesuai dan memuaskan.

Dalam berbelanja online tidak selalu mulus. Inilah yang membuat Glozaria tidak suka buru-buru dalam melakukan checkout pesanan. Beberapa masalah yang pernah dialami seperti:
  • Kualitas barang / produk tidak bagus / tidak sesuai deskripsi / cacat.
  • Penjual lambat mengirimkan pesanan.
  • Respon Chat penjual lambat.
Kalau kalian anda masalah lain silahkan komentar di kolom komen yah!

Baca juga :

Hati-hati Penipuan Oleh Penjual Marketplace Saat Belanja Online, Ini Triknya !

Untuk mengetahui trik-trik mewaspadai penipuan dalam berbelanja online di platform marketplace, silahkan baca sampai akhir.

Masalah barang / produk yang dikirim tidak sesuai pesanan
Baru-baru ini, Glozaria menemukan masalah lain yang mungkin telah dialami oleh pembeli lainnya. Kalian bisa baca-baca di ulasan pembeli-pembeli di aplikasi marketplace. Masalahnya adalah barang / produk yang dikirim tidak sesuai pesanan.

Ada Hadiah dalam Pesanan
Di sini Glozaria tidak akan menyebutkan nama platform marketplace dan nama olshop - nya. Oleh karena ini bukan untuk menjatuhkan siapapun. Tapi menambah kewaspadaan dalam bertransaksi secara online. Baiklah, Glozaria mulai ya !

Setelah pembayaran pesanan diterima pihak marketplace (20/12/2020), penjual tidak mengirimkan pesanan secepatnya atau sesuai jadwal. Bahkan melewati waktu pengiriman seharusnya yang ditentukan pihak marketplace (25/12/2020). Glozaria pun sudah berusaha menanyakan kapan barang akan dikirim lewat fitur Chat (24/12/2020).

Melalui fitur Chat juga, penjual mengabarkan bahwa Glozaria mendapatkan hadiah atas pesanan tersebut. Pelapak menginformasikan kalau pesanan dan hadiah telah dikirim namun dalam paket dan kurir yang berbeda (25/12/2020). Pada saat membuat pesanan, Glozaria tidak melihat info ini sebelumnya di deskripsi produk atau lapak penjual. Tentu saja senang dong dapat hadiah.


Nomor resi hadiah didaftarkan sebagai resi pesanan dalam aplikasi Marketplace
Setelah menunggu beberapa hari, paketan pun datang (28/12/2020). Namun di sinilah muncul sesuatu yang janggal. Setelah membuka paketan, pesanan yang datang tidak sesuai. Barang yang datang duluan adalah hadiah, seperti tertulis juga di secarik kertas yang dilampirkan pelapak di paketan tersebut. Namun ini sesuai sih dengan info yang dikirimkan pelapak di Chat (25/12/2020) kalau Customer Care pelapak kadang mengirim hadiah dulu dan tidak berbarengan dengan pesanan. Meski begitu, pada bagian luar paketan terdapat informasi barang yang mencamtumkan item barang sesuai item pesanan. Ternyata isinya hadiah ya.

Pada hari itu juga, Glozaria mengonfirmasi telah menerima hadiah ke pelapak. Sekaligus bertanya kapan pesanan akan dikirim. Pelapak mengatakan untuk menunggu nomor resi susulan.

Platform Marketplace meminta konfirmasi pesanan diterima
Esok hari (29/12/2020), aplikasi marketplace meminta Glozaria untuk mengonfirmasi kalau pesanan sudah diterima. Tentu saja Glozaria tidak melakukannya begitu saja. Glozaria menunggu hingga batas akhir konfirmasi produk diterima (1/1/2021).

Kalau kalian mengomfirmasi bahwa pesanan sudah diterima, dana yang sudah dibayarkan akan diteruskan pihak marketplace ke pelapak. Jika di kemudian hari terjadi masalah, kalian tidak akan bisa meminta pengembalian dana.

Gunakan Fitur Chat hanya untuk bertanya / memperoleh informasi
Lewat Chat, (29/12/2020) Glozaria langsung menanyakan ke pelapak apakah barang sudah dikirim atau belum. Pada (30/12/2020) Glozaria mulai kesal dan mengatakan kalau nomor resi tidak dikirim besok (1/1/2021), maka Glozaria akan membatalkan pesanan. Masuklah balasan kalau pelapak lagi liburan dengan embel-embel close order ditutup sampai 2 januari dan chat akan dibalas per 4 januari 2021.

Glozaria sangat menyesalkan kalau pelapak mengabaikan pembelinya dalam kondisi demikian dengan alasan libur. Sementara pelapak terlihat selalu aktif membuka fitur Chat. Glozaria tidak melihat ada iktikad baik dari pelapak untuk melayani pembeli dengan baik.

Tanyakan ke CS Platform Marketpalce
Glozaria menanyakan permasalahan ini ke bagian CS aplikasi dengan menyampaikan permasalahannya. CS menyarankan untuk mengajukan pembatalan pesanan.

Ajukan pembatalan pesanan
Untuk menyelamatkan dana yang sudah dibayarkan, Glozaria pun memutuskan untuk mengajukan pembatalan pesanan (1/1/2021). Barang / produk yang disebut telah dikirim tidak kunjung sampai. Demikian juga dengan nomor resi yang diminta tidak kunjung ada. Kalau pelapak tidak merespon hingga waktu yang ditentukan, maka dana otomatis akan dikembalikan ke dompet digital Glozaria yang ada di aplikasi.

Ini bukan pertama kali bagi Glozaria dalam melakukan pembatalan pesanan. Glozaria pernah membatalkan pesanan karena pelapak terlambat mengirimkan pesanan. Bahkan sampai Glozaria harus memperpanjang masa garansi untuk memberi waktu bagi pelapak mengirimkan pesanan. Namun, saat itu pembatalan pesanan Glozaria ditolak oleh pelapak. Pelapak pun mengirimkan pesanan yang diminta.

Dana dikembalikan ke dompet digital aplikasi marketlace
Betul, dana yang sudah ditransfer pun masuk ke dompet digital Glozaria. Besaran dana sesuai nominal produk dan biaya kirim, tidak termasuk biaya penanganan. Entah, apa yang dipikirkan pelapak hingga tidak ada respon sama sekali. Glozaria menduga pelapak tidak mengerti cara kerja sistem di aplikasi tempat pelapak berjualan. Sehingga tidak bisa menangani pembelinya dengan baik. Padahal level pelapak sudah sangat bagus di aplikasi tersebut.

Hadiah tidak dikembalikan
Pada saat mengajukan pembatalan pesanan, ada opsi untuk mengembalikan / tidak mengembalikan barang / produk. Glozaria memutuskan untuk tidak mengembalikannya. Hadiah masak dikembalikan 😁

Barang pesanan sampai dengan sangat terlambat
Secara tidak diduga, pesanan yang sudah tidak diharapkan pun sampai. Kurir datang ke rumah membawa paketan tersebut (9/1/2021). Lalu? Dengan agak berat diterima karena Glozaria juga sudah pesan barang sejenis dan sudah sampai pula setelah cukup lama menunggu respon pelapak yang kurang memuaskan.

Mau tidak mau, oleh karena barang / produk sudah diterima maka Glozaria harus membayarnya. Glozaria menggunakan fitur Chat untuk meminta nomor rekening pelapak. Kali ini, responnya sangat cepat, cukup berbeda dengan waktu lalu. Glozaria pun membayar dan mengirimkan bukti transfer barang melalui whatsapp. Glozaria baru tenang karena masalah ini sudah selesai, kalau tidak maka masih akan terbayang dengan hadiah yang tidak terbayar tersebut 😂.

Perlu dicatat bahwa sekalipun Glozaria mendapatkan pengalaman berbelanja yang sangat tidak menyenangkan pada pelapak tersebut, Glozaria tidak melakukan hal-hal yang dapat menjatuhkan penilaian terhadap pelapak tersebut. Glozaria tidak memberikan ulasan negatif dan tentu saja tidak memberikan penilaian apapun (rating / bintang).

Pada awal permasalahan ini, saat menerima paketan yang ternyata hadiah, Glozaria sudah berpikir ini adalah modus penipuan. Bahkan sampai dana dikembalikan pun masih terpikir seperti itu. Namun setelah barang / pesanan sampai rumah, Glozaria tidak mengerti akan menyimpulkan permasalahan ini sebagai penipuan atau bukan. Silahkan kalian simpulkan sendiri.

Platform marketplace sendiri menyadari kalau penipuan bisa saja terjadi dalam berbelanja online lewat aplikasi mereka. Di fitur Chat-nya dapat kalian lihat, tertera pemberitahuan supaya berhati-hati untuk tidak melakukan pembayaran langsung ke penjual / di luar aplikasi untuk mewaspadai terjadinya penipuan.

Sebuah pengalaman di atas mungkin bisa menjadi pelajaran dalam berbelanja online. Kenali fitur-fitur aplikasi platform marketplace yang kalian gunakan. Supaya kalian dapat terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan. Berbelanjalah dengan tenang, pilih barang secara teliti. Happy Shopping !

Belum ada komentar untuk "Hati-hati Penipuan Oleh Penjual Olshop di Marketplace Saat Belanja Online, Ini Triknya !"