Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebelum Terlanjur Kecewa, Ini 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Online

Share :
Sebelum Terlanjur Kecewa, Ini 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Online

Halo Glozovers!! Kalian tim mana nih belanja online atau belanja offline? Kalau kalian tim online berarti kita samaan. Karena berhubung sekarang teknologi berkembang pesat, banyak pebisnis yang ingin menarik perhatian warganet dengan membuat Shopping berbasis internet. Jadinya orang nggak perlu ribet ke pasar atau pergi ke toko.

Baca Juga :

Banyak dampak positif yang ditimbulkan dari banyaknya e-Shopping/e-commerce yang bertebaran. Namun banyak juga dampak negatif yang membuat kita harus pikir 2 (dua) kali dalam berbelanja online. Apa saja dampak positif dan negatif belanja online? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif belanja online? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Dampak Positif dan Negatif Belanja Online

Nah, adapun dampak positif dan negatif dari adanya e-Shopping ini ialah sebagai berikut.
A. Dampak positif belanja online
  • Memudahkan pelanggan mendapatkan harga di bawah pasaran
  • Transaksi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
  • Paket dapat di antarkan ke rumah
  • Bebas memilih dan menentukan pilihan
  • Banyak promo dan gratis ongkos kirim yang dapat mengurangi beban pembayaran
Baca Juga :

B. Dampak negatif belanja online
  • Barang yang datang tak sesuai dengan ekspektasi
  • Produk ilegal banyak bertebaran
  • Resiko kerusakan barang saat pengiriman sangat tinggi
  • Produk palsu 
  • Mengurangi interaksi sosial
  • Penipuan berkedok bayar dulu barang kemudian
  • Tidak ada asuransi barang rusak pada saat pengiriman
Nah dari beberapa dampak tersebut dapat kalian lihat kalau dampak negatif berbelanja online sangatlah banyak ketimbang dampak positif. Apalagi buat kalian yang diiming-imingi harga murah, terutama untuk barang elektronik.

Baca Juga :

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Online

Barang elektronik merupakan barang yang sangat berisiko tinggi mengalami kerusakan saat pengiriman. Terlebih jika kalian tidak berhati-hati dalam berbelanja online. Ada beberapa hal yang kalian harus perhatikan serta pertimbangkan saat berbelanja secara online.

1. Perhatikan toko 
Kadang nih tak jarang, banyak pelanggan yang asal nyomot aja nggak memperhatikan kualitas toko yang ditempati membeli barang. Kehati-hatian menjadi kunci utama kesuksesan dalam e-shopping.

Jika kalian masih bingung bagaimana cara memilah toko, silahkan perhatikan jumlah bintang penilaian pembeli. Semakin tinggi bintang pembeli maka semakin banyak kepuasan yang pembeli rasakan saat membeli di toko tersebut. Sebagian e-commerce akan melabeli suatu toko yang sudah dipercaya melayani pelanggan dengan baik dengan label "Star".

Ada baiknya juga membaca komentar (ulasan) pembeli dan menyimak keluhan mereka. Jika keluhan mereka mengenai kerusakan, barang abal-abal, tidak sesuai gambar lebih baik cari toko lain dengan kualitas yang menjanjikan.

Baca Juga :

Untuk menghindari keragu-raguan dalam membeli, ada baiknya membeli barang di Gerai Resmi. Biasanya toko ini dilabeli dengan nama official store. Seperti perusahaan-perusahaan besar seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, dan perusahaan elektronik lainnya biasanya memiliki official store di e-commerce ini.

2. Jangan tergiur dengan harga murah
Terkhusus buat para pembeli yang hobi dengan harga murah, harap tidak menggunakan hobi tersebut dalam membeli barang elektronik. Banyak kasus yang membuktikan harga murah sesuai dengan kualitas asli barang. Apalagi di e-shopping saat ini banyak alat elektronik seperti hp, laptop yang dijual di bawah harga. Namun setelah membaca komentar pembeli, ternyata barang yang dikirimkan merupakan produk palsu atau bekas. Sementara pada gambar disebutkan sebagai barang ori dan baru.

Lain halnya dengan barang yang dijual di bawah harga dikarenakan adanya promo besar-besaran serta event tertentu. Sehingga membuat harga barang elektronik tersebut turun harga. Meskipun begitu, kita sebagai pembeli mesti cermat dalam memilih toko dan barang yang akan dibeli.

3. Diskusikan mengenai produk kepada penjual
Di online shoping, sudah tersedia fitur diskusi dan chat. Ada baiknya jika kalian menanyakan beberapa hal penting seperti nomor imei (pada Hp yang ingin dibeli, apakah terdaftar atau tidak), jasa pengiriman, lama pengemasan, garansi, ketersediaan barang, dan sebagainya. Tidak ada salahnya untuk bertanya selama itu mengenai produk jualan toko tersebut.

Baca Juga :

Dengan menggunakan fitur chat untuk mengobrol dengan penjual, kalian dapat mengecek tingkat respon dari penjual. Termasuk apakah penjual sering aktif atau tidak di online shop tersebut. Kalau penjual lambat bahkan sangat lambat membalas obrolan kalian, yah sebaiknya mencari toko yang lainnya.

4. Packingan
Banyak orang yang tak memperhatikan hal yang satu ini. Meskipun remeh namun packingan dapat menjadi permasalahan, jika barang yang diterima rusak saat pengiriman. Tanyakan kepada penjual apakah packingan aman atau tidak. Jika penjual mengatakan aman, coba anda buktikan dengan beberapa komentar terkait packingan toko tersebut di kolom ulasan.

Barang yang dibeli secara online, jika diperlukan biasanya sudah menggunakan Bubble Wrap (Pembungkus). Namun kalian dapat membeli lagi Bubble Wrap secara terpisah jika diperlukan di toko tersebut untuk keamanan tambahan. 

Baca Juga :

Lebih baik jika barang elektronik dengan ukuran cukup besar seperti laptop, tv, tablet dipacking dengan menggunakan kayu agar lebih aman. Bubble wrap tak selalu menjadi solusi yang menjanjikan untuk mengamankan paket besar.

5. Memilih jasa kurir yang aman dan terpercaya
Meskipun packingan sudah mantap, namun jika kurir yang kamu gunakan orang yang tidak jujur, sama saja bohong. Pilihlah jasa kurir yang terpercaya seperti jne, jnt, Si Cepat, Ninja Xpress, dan lainnya.

Ada baiknya jika menggunakan aplikasi jasa kurir seperti gojek/grab, dan sebagainya. Pastikan juga, jasa kurir tersebut tersedia di kota kalian.

Bagaimana apakah 5 point di atas membantumu? Semoga point-point tersebut bermanfaat dan kurangnya mohon dimaafkan, sekian dan see u next article dan bye.

Belum ada komentar untuk "Sebelum Terlanjur Kecewa, Ini 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Online"