Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Baru Pasang Aplikasi Telegram, Wajib Tahu Fitur Telegram Ini !

Share :
Baru Pasang Aplikasi Telegram, Wajib Tahu Fitur Telegram Ini !
Telegram adalah sebuah aplikasi pengiriman pesan instan yang multi-platform. Telegram hampir mirip dengan aplikasi WhatsApp . Perbedaannya adalah telegram dapat tersedia untuk berbagai perangkat genggam lainnya, seperti iOs, Android, Windows Phone, dan Ubuntu Touch. Serta tersedia pula untuk perangkat komputer (OS X, Linux dan Windows).

Pengguna aplikasi telegram semakin hari semakin bertambah, utamanya di masa pandemi virus corona. Saat ini aplikasi buatan wirausahawan Rusia, Pavel Durov sudah diinstall lebih dari 500 juta kali. Nilai yang besar tapi belum membuat aplikasi telegram menjadi sangat familiar. Masih kalah jauh dengan aplikasi sekelas whatsapp.


Sudah menginstal telegram? Cobalah memulai dengan membuka percakapan dengan keluarga, teman dan orang lain. Selain fitur chat dengan ikon pensil, ada lagi beberapa fitur telegram yang harus anda ketahui dalam aplikasi Telegram. Apa saja fitur-fitur tersebut ? Simak penjelasan berikut!

1. Fitur Search

Pada aplikasi telegram terdapat fitur search, sehingga ketika kita ingin mencari sesuatu. Seperti orang, grup, maupun channel. Maka kita tinggal mengetikkan kata kunci pada kolom searching tersebut. Kelebihan fitur search pada telegram yaitu  kita dapat mencari kata baik yang ada di chat, grup, private maupun channel.  

2. Stiker Chat and Gif

Tak kalah dengan aplikasi lain, telegram juga memiliki fitur stiker dan gif seperti line dan juga whatsapp. Stiker dan Gif tersebut terhubung dengan emotikon dan Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Bahkan Anda dapat membuat stiker Anda sendiri.

Baca Juga:

3. Grup

Pada aplikasi Telegram juga terdapat fitur Grup. Anda dapat memasuki berbagai macam grup mulai dari kutu buku, sejarah, chatindonesia, melawanhoax, atau grup game seperti werewolf, dll. Jangan lupa! Dari setiap grup memiliki aturannya masing-masing.  Yang hanya dapat mengatur aturan grup adalah admin grup.

Jadi, sebagai anggota grup yang baik, Anda tidak boleh melanggar aturan atau ketentuan yang telah disepakati bersama. Supaya Anda tidak di kick-out oleh admin grup. Terkait jumlah anggota dari grup, sampai saat ini telegram mampu menampung hingga 5000 member. Keren sekali bukan ?!

4. Channel

Selain grup, Anda juga dapat membuat channel ataupun sekadar join channel lainnya di telegram. Bisa dikatakan channel ini seperti channel radio ataupun televisi. Maksudnya disini adalah, komunikasi hanya dapat dilakukan satu arah. Tetapi, pesan yang disampaikan bisa berbagai macam jenis. Seperti video, mp3, tulisan dan file. 

5. Telegram Web

Baru Pasang Aplikasi Telegram, Wajib Tahu Fitur Telegram Ini !
Aplikasi telegram juga tersedia di perangkat komputer dan laptop yang disebut dengan Telegram Web. Sama halnya dengan whatsapp yang memiliki whatsapp web-nya. Telegram web memberikan akses yang cepat. Anda dapat mengakses telegram web di alamat https://web.telegram.org/. Untuk login pertama kali di telegram web caranya sangat mudah seperti halnya saat melakukan pendaftaran di telegram. Anda hanya perlu menentukan negara dan memasukkan nomor hp sesuai kode negara.

6. Nama Pengguna (Username)

Selain nama profil untuk ditampilkan pada pengguna telegram lainnya, anda dapat membuat nama pengguna (username). Dengan username, pengguna lain dapat menemukan anda tanpa perlu menyimpan nomor hp anda. Anda pun dapat membagikan nama pengguna ini kepada orang lain supaya dapat memberitahu bahwa anda menggunakan telegram. Pergilah ke pengaturan lewat tombol menu, lalu klik username untuk membuat nama pengguna anda. Nama pengguna anda akan tampil seperti ini 👉 https://t.me/namapengguna.

7. Dark Mode

Baru Pasang Aplikasi Telegram, Wajib Tahu Fitur Telegram Ini !
Selain tema/mode default yang menggunakan Light Mode (Mode Terang), anda juga dapat berpindah menggunakan Dark Mode (Mode Gelap). Dark mode tidak berlaku jika anda sedang menggunakan telegram web. Anda sudah mencobanya?

8. Bot

Telegram memiliki fitur bot seperti yang ada pada aplikasi Line. Namun, bot pada telegram lebih beragam. Mulai dari mengatur arsip, game, grup, dan lain-lain.

9. Penyimpanan Berbasis Cloud 

Keunggulan dari telegram lainnya adalah aplikasi ini memiliki penyimpanan berbasis Cloud. Tidak seperti aplikasi lainnya yang datanya dapat hilang jika dibuka di gadget lain ataupun jika data sudah terlalu lama mengendap akan hilang. Jadi, tenang saja! Chat di telegram tidak akan hilang selama Anda tidak menghapusnya secara sengaja!

Selain itu, maksimal peng-uploadan di telegram sebesar 1,5 gb. Tidak mengherankan bila ada channel khusus untuk mengupload film-film bioskop, drakor, maupun video lainnya.

10. Multi Gadget & Platform 

Aplikasi pengiriman pesan, telegram ini dapat dibuka pada hampir semua gadget dan platform. Mulai dari tablet, handphone, notebook hingga pc, mac, ios, windows dan website.


11. Multi Login

Hal-hal yang harus diketahui tentang telegram lainnya adalah fitur multi login. Multi login artinya Anda dapat membuka akun telegram di beberapa gadget yang berbeda sekaligus. Tetapi, tetap chat di berbagai gadget lainnya dapat tersinkronisasi. Jika kamu kehilangan HP, tak perlu khawatir! Karena sinkronisasi dari telegram dapat diputus melalui gadget lain.

12. Open Source / Free

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi telegram di atas, ternyata telegram merupakan aplikasi open source/free. Bisa dikatakan full gratis dan tidak berbayar loh! Sehingga, tidak heran banyak yang menambahkan fitur di luar aplikasi resmi telegram dengan versi yang berbeda. Contohnya seperti Telegram pluss messenger yang di dalamnya terdapat pengelompokan berdasarkan jenis chat. Seperti private, channel, dan bot. Pengelompokkan ini dinilai lebih memudahkan bagi chat telegramnya yang sudah tidak tertata.

Hingga saat ini, telegram terus menerus melakukan pembaharuan. Seperti voice call, pinned message hingga video call. Jadi, semakin penasaran pembaruan fitur seperti apalagi pada versi telegram berikutnya. Tunggu apalagi ? Coba deh, install aplikasi telegram dan buat akun! Supaya Anda dapat merasakan fitur-fitur canggih dari telegram.

Demikian pembahasan mengenai Hal-hal yang harus diketahui tentang aplikasi telegram. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan! Jangan lupa share informasi ini ke temanmu ya!

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Baru Pasang Aplikasi Telegram, Wajib Tahu Fitur Telegram Ini !"