Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jauhi Pinjaman Online, Buat Peminjam dan Pemilik Aplikasi Pinjol Perhatikan ini!

Share :
Ilustrasi Pinjaman/image:Rilsonav dari Pixabay
Beberapa hari lalu, tagar Indonesia Darurat Pinjol trending di twitter. Hari ini sudah tergeser dengan trend-trend lain. Coba deh salin tagar #IndonesiaDaruratPinjol ini ke aplikasi twitter Anda untuk melihat hasil lebih lengkap.

Sebenarnya Saya tidak terlalu tertarik membicarakan ini. Tapi hati Saya terusik lagi, teringat ulah oknum peminjam dan pemilik aplikasi pinjaman online.

Atasi Masalah Keuangan Dengan Pinjaman Online?

Apakah kamu tertarik melakukan pinjaman online? Jangan, mendingan jangan!!! Jika Anda tidak ada niat untuk membayar, lebih baik jangan. Jika Anda tidak mampu untuk Membayar Tepat Waktu maka tinggalkan pinjaman online.

Bila Anda sedang terjepit masalah keuangan, melakukan peminjaman melalui pinjaman online bukanlah jalan yang tepat. Sudah banyak yang mengalami masalah akibat berurusan dengan pinjaman online terutama pinjaman online ilegal. Carilah tempat atau orang yang mau memberikan Anda pinjaman tanpa denda dan bila perlu tanpa menambah jumlah pinjaman yang harus dikembalikan. Yah, mungkin langka tapi ada!

Salah satu pemilik akun twitter bernama Raja Purwa @BosTemlen memberikan kicauan: "Yang setuju dan sepakat bahwa PINJOL itu merusak tatanan sosial masyarakat kasih tanda dengan retweet". Cuitan ini telah disukai 2.626 dan diretweet sebanyak 2.861 oleh pengguna twitter hingga detik ini.

Aplikasi pinjaman online merupakan salah satu aplikasi yang diawasi oleh OJK dan SWI. Aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK merupakan aplikasi pinjaman online ilegal. Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan aplikasi pinjaman online.

Jauhi Pinjaman Online, Buat Peminjam dan Pemilik Pinjol Perhatikan ini!

Saya bukan peminjam dan tidak pernah melakukan peminjaman online. Namun, Saya pernah dibuat jengkel dengan aksi peminjam dan pemilik Aplikasi Pinjaman Online. Kejadian ini tidak terjadi Sekali tapi sudah 2 (dua) kali. Tentu saja ini sangat meresahkan sebagai orang yang tidak berhubungan langsung dengan pinjaman online!!!

Tiba-tiba pesan whatsapp masuk ke nomor HP Saya. Ini terjadi pada akhir tahun 2020. Pesan itu berbunyi seperti ini:

kami dari aplikasi KREDIT PRIBADI { pinjaman dana online } KAMI MENCARI PENIPU YANG BERNAMA.  "*************" BELIAU MEMPUNYAI HUTANG DI APLIKASI KREDIT PRIBADI, TAGIHAN BELIAU SUDAH TELAT JATUH TEMPO BELUM DI BAYARKAN, NOMOR ANDA DI CANTUMKAN SAMA BELIAU SEBAGAI KONTAK DARURATNYA, JADI KAMI BERHAK MENGHUBUNGI NOMOR ANDA SAMPAI BELIAU MELUNASI HUTANG NYA HUTANG NYA
total tagihan Rp. ********
no telpon 08********** 

Jauhi Pinjaman Online, Buat Peminjam dan Pemilik Pinjol Perhatikan ini!

Saya sampaikan padanya bahwa "Saya tau siapa yang di foto tapi Saya  'gak pernah dihubungi untuk jadi penjamin atas utangnya. Saya tidak tau menau tentang ini". Saya pun coba mencari aplikasi tersebut di play store namun hasilnya nihil (tidak ada). Dengan entengnya orang tersebut menjawab "Ya udah kalau ga tau".

Beberapa bulan berikutnya pada bulan Maret 2021, pesan serupa masuk lagi ke whatsapp Saya. Ditambah masih peminjam yang sama dengan pesan sebelumnya, berbunyi seperti ini:

Nama         : ************
No. Telp      : 628**********
VA Permata: 82************ (Kode Bank ***)
Nominal       : Rp. 1.800.000 
Nomor anda telah dijadikan penjamin hutang oleh yang bersangkutan.
Sampaikan pesan ini, karena yang bersangkutan mencoba kabur dan lalai dengan membawa uang perusahaan kami dan meninggalkan nomor anda sebagai penjamin hutang!
(jika tidak ingin permasalahan ini melebar kemana mana, sampaikan untuk tidak mencari masalah dengan kami dan segera siang ini melunasi hutang nya, di aplikasi DANA BANYAK )

Jauhi Pinjaman Online, Buat Peminjam dan Pemilik Pinjol Perhatikan ini!

Saya mencari aplikasi tersebut di Play Store dan iya, ada. Namun entah kenapa, sekarang aplikasi pinjaman Dana Banyak sudah tidak tersedia lagi di Play Store.

Oleh karena ini kejadian yang kedua kalinya, Saya pun sempat marah 😡 pada si penagih hutang. Saya katakan yang intinya adalah "kenapa si penagih baru menghubungi saya sekarang. Mengapa saya tidak dihubungi pada saat peminjam mengajukan hutang".

Saya sampaikan pada si penagih utang tersebut "Saya bukan kerabatnya, saya hanya orang lain dan lama tidak bertemu dengan peminjam". Si penagih pun menutup dengan mengatakan "tolong sampaikan ke yang bersangkutan untuk segera bayarkan tagihannya di aplikasi kami". Saya pun menutup dengan mengabaikan pesan tersebut.

Saran Untuk Peminjam dan Pemilik Aplikasi Pinjaman Online

Saya tidak tahu bagaimana sistem sebenarnya dalam aplikasi Pinjaman Online termasuk yang legal. Saya ingin mengingatkan baik kepada calon peminjam maupun pemilik/perusahaan aplikasi pinjaman online untuk melakukan konfirmasi pada Penjamin Pinjaman. Jangan semena-mena menambahkan orang lain sebagai penjamin hutang hanya dengan modal Nomor HP. Tanpa ada konfirmasi/verifikasi bahwa penjamin siap menjamin hutang peminjam. Ini jelas tidak benar!!!

Terlepas dari dugaan adanya penipuan dari pesan WA di atas atau pesan tersebut dikirim oleh perusahaan pinjaman online ilegal maka saran di atas harus diperhatikan. Ini karena merugikan termasuk kerugian psikis/kejiwaan.

Saat ini mulai susah untuk terhindar dari pesan-pesan penipuan atau pun orang yang ingin merugikan kita. Namun mari sama-sama waspada terhadap pesan yang kita terima karena kita tidak bisa mencegah orang lain menggunakan nomor HP kita. Sebisa mungkin tidak memberikan nomor HP pada orang tidak dikenal.

Akhirnya, Semoga rejeki kita dilancarkan dan dijauhkan dari berhutang. Demikian artikel berjudul Jauhi Pinjaman Online, Buat Peminjam dan Pemilik Aplikasi Pinjol Perhatikan ini!, semoga bermanfaat.

Belum ada komentar untuk "Jauhi Pinjaman Online, Buat Peminjam dan Pemilik Aplikasi Pinjol Perhatikan ini!"