Depositphotos

Baru Resign atau Kena PHK! Begini Cara Atur Keuangan Saat Sedang Menganggur

Siapa sih yang ingin menganggur ? Apalagi di tengah situasi pandemi yang tidak menentu ini. Semua jadi terasa sulit, bahkan fundamental keuangan negara saja bisa mengalami resesi, apalagi Masyarakat yang ada didalamnya. Menganggur membuat seseorang kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan, mendapatkan jaminan dari perusahaan yang dulu mempekerjakan dan sekelumit masalah lainnya.

Baru Resign atau Kena PHK! Begini Cara Atur Keuangan Saat Sedang Menganggur

Bahkan data dari Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa jumlah pengangguran naik 1,82 Juta Per Februari 2021, Angka Jauh lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa faktor yang membuat hal tersebut terjadi seperti banyaknya perusahaan yang gulung tikar, Sehingga terpaksa mem PHK banyak karyawan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Baru Resign atau Kena PHK! Begini Cara Atur Keuangan Saat Sedang Menganggur

Bila anda mengalami masalah ini, menjadi pengangguran karena kondisi terpaksa, anda bisa menerapkan rencana keuangan berikut ini :

Membuat catatan pengeluaran

Tak dapat dipungkiri keadaan menganggur membuat kita tidak bisa mendapatkan penghasilan yang sama sewaktu aktif bekerja. Hal ini membuat kita tidak bisa menabung, tidak bisa memiliki dana cadangan hingga terbatas pilihannya dalam membeli sesuatu. Jika sudah seperti ini kita tidak boleh dalam mengeluarkan uang. 

Susunlah skala prioritas, uang yang dikeluarkan untuk keperluan-keperluan penting saja seperti memenuhi bahan makanan pokok, membayar SPP anak, membayar pulsa dan sebagainya. 

Belajar memasak sendiri

Salah satu alasan uang cepat habis adalah karena kebiasaan jajan. Kadang orang lebih mengutamakan keinginan lidah tanpa melihat kedalaman kantong. Apalagi dalam kondisi menganggur, yang seharusnya lebih selektif dalam mengeluarkan uang. 

Daripada jajan, lebih baik belajar memasak sendiri karena bisa menghemat pengeluaran sampai 3 kali lipat. Selain itu memasak sendiri, membuat kita lebih leluasa menentukan menu, porsi hingga gizi yang lebih terjamin. Untuk belajar, bisa menggunakan media buku resep, majalah kuliner atau melihat tutorial YouTube yang tersedia secara gratis.

Jauh-jauh hari siapkan dana cadangan

Langkah ini disebut sebagai langkah pencegahan, yang bisa menyelematkan kita dari masa sulit ketika menganggur. Jauh-jauh hari siapkan dana cadangan. Kumpulkan ketika kita masih bekerja, ketika kita masih mendapatkan gaji tetap. Bisa di alokasikan 5 - 10 % dari gaji perbulan untuk dana cadangan ini.

Sering orang menyepelekan tentang menabung, karena tidak berpikir panjang. Nyatanya orang yang mempersiapkan langkah preventif akan lebih siap menghadapi situasi ekonomi yang tidak menentu ini. Bahkan dana darurat ini bisa dijadikan modal usaha, apabila kita tidak bekerja di Perusahaan lagi.

Kontrol gaya hidup

Jangan egois menuruti hawa nafsu, misalnya untuk berbelanja barang-barang branded, handphone dan sebagainya, karena bila dituruti ini akan menjadi jebakan, kondisi menganggur akan berdampak lebih parah lagi.

Selalu ingat tentang kemampuan finansial yang dimiliki, ketika menganggur fokus kita adalah bagaimana caramu bertahan dari situasi tersebut, hingga kita bisa bekerja lagi. Mau tak mau uang tersisa hanya dikeluarkan untuk keperluan penting saja.

Tips berbelanja dalam situasi menganggur adalah jangan menggunakan kartu kredit, karena biasanya orang sering tergoda menggosok kartunya lagi, bila dibanding dengan menggunakan uang cash .

Cari pekerjaan yang bersifat freelance

Menjadi pengganguran tidak lantas kita berputus asa, manfaatkan perkembangan teknologi untuk mencari peluang kerja yang bersifat "freelance" pekerjaan ini biasanya lebih fleksibel dalam hal jenis pekerjaan, Waktu dan tempatnya. Dan hasil dari pekerjaan ini bisa untuk menutupi biaya kebutuhan sehari-hari.

Kita bisa menjadi videografer, fotografer, desainer grafis, content writer atau programmer. Bila belum menguasai ilmunya, kita bisa mencarinya melalui kursus dan internet. Banyak juga freelancer yang menjadikan bidang ini sebagai pekerjaan utama, karena peluang penghasilannya yang besar.

Sebisa mungkin hindari hutang

Jika terpaksa berhutang usahakan untuk memenuhi kebutuhan darurat yang memang tidak bisa ditunda-tunda lagi. Berhutang dengan orang terdekat seperti keluarga/saudara sangat direkomendasikan karena mereka lebih mengetahui dan mengerti kondisi kita. Berhutang dengan rentenir/ pinjol ilegal tidak direkomendasikan, meskipun prosesnya cepat namun biaya yang dibebankan kedepannya semakin tinggi, dalam situasi paling buruk, mungkin aset-aset penting kita akan habis hanya karena membayar hutang berbunga tinggi.

Baca juga :

Semoga dengan langkah-langkah tersebut, kita bisa lebih survive saat dalam kondisi menganggur.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Posted by : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos