Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jangan Panik!! Ini 3 Hal Yang Harus Dilakukan Jika Akun Facebook Kena Hack

Share :
Hal Yang Harus Dilakukan Jika Akun Facebook Kena Hack
Ilustrasi Akun Terkunci/Sumber : Pixabay

Halo sobat glozover!! Apa kabar? Semoga sehat selalu di masa pandemi ini, dan  ingat selalu menjaga protokol kesehatan. Pada kesempatan kali ini mimin pengen bagi kiat-kiat apa saja yang perlu kamu lakukan jika akun FB mu di hack atau dibajak orang lain.

Hacking/pembajakan akun merupakan sebuah aktivitas mengambil alih hak kepemilikan akun biasanya aktivitas ini merugikan pihak yang dibajak, karena ketika akun fb dibajak maka akun tersebut akan di penuhi postingan, chat yang bersifat promosi, ajakan, uluran tangan (penipuan). Tentu saja orang yang mendapat/melihat postingan ini akan berfikir bahwasanya postingan tersebut diposting oleh pemilik akun. Sehingga pengguna lain cenderung percaya dan memberikan dukungan atas postingan.


Jangan Panik!! Ini 3 Hal Yang Harus Dilakukan Jika Akun Facebook Kena Hack

Pemilik akun akan panik jika hal ini terjadi dan tindakan apa yang dapat dilakukan sehingga dapat menghentikan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengendalikan akun. Nah di sini mari kita bahas satu-satu apa saja yang perlu dilakukan jika hal ini terjadi pada akunmu.

1. Hapus akun FB 

Cara ini dapat kamu lakukan jika akun fbmu masih dapat kamu akses. Biasanya penghapusan akun akan berdampak pada penghentian pengaksesan akun dalam ini terkait postingan, story, dan sebagainya. Ibaratnya akun menghilang dari FB. Jadi orang lain tidak dapat menjangkau atau bersosialisasi dengan akun kita.

Hal ini berdampak baik jika akun telah dipenuhi postingan yang tidak bertanggung jawab sehingga kamu dapat menghentikan intensitas pengguna lain untuk melihat postingan tersebut. Namun jangan berfikir kalau kamu tidak dapat mengaktivkan akun lagi, karena jika kamu melakukan pengaktivan kembali akun yang sebelumnya dihapus dapat dipulihkan dan kembali beraktivitas di FB. Adapun tutorial penghapusan akun telah ada di postingan kami sebelumnya.

2. Pengumuman mengenai keadaan akun

Nah jika akun kamu telah disalah gunakan ada baiknya jika kamu melakukan pengumuman dengan memposting story di WA, instagram dan media lainnya mengenai keadaan akun sehingga memungkinkanorang lain untuk mengacuhkan postingan atau chat yang di kirim oleh akun kita. Orang lain dapat melaporkan FB sehingga jika ditanggapi maka fb akan melakukan beberapa kebijakan seperti pemblokiran sementara, penghapusan postingan dan sebagainya.  Adapun cara mudah dalam melaporkan postingan ialah sebagai berikut:
  • Buka FB
  • Temukan postingan yang ingin dilaporkan
  • Klik menu lanjutan yang berikon titik tiga pada ujung atas postingan
  • Klik “cari dukungan dan laporkan postingan” dan pilih jenis permasalahan apa sehingga anda melaporkan postingan. Dan klik kirim. Maka laporan mengenai akun tersebut akan dikirim ke FB.

3. Ganti kata sandi

Langkah ini merupakan langkah yang mewajibkan pemilik memiliki hak akses atas FBnya, karena kebanyakan permasalah yang datang ialah ketika akun di bajak maka pemilik tidak memiliki hak akses lagi atas FB nya. Adapun tutorial ganti sandi fb sebagai berikut:
a. Beralih ke menu pengatuan dan privasi yang berada di bagian atas menu keluar FB.
b. Klik “pintasan privasi”.
c. Cari bagian “keamanan akun” dan klik ubah kata sandi anda.


d. Masukkan kata sandi lama dan masukkan juga kata sandi baru.
e. Klik simpan perubahan.

Setelah menyimpan perubahan anda akan dialihkan untuk memilih tetap masuk di akun atau keluar, di sini anda dapat memilih keluar dari semua perangkat, hal ini berfungsi untuk mengeluarkan pembajak dari akun kita sehingga ketika pembajak berusaha masuk dengan kata sandi lama maka login nya akan gagal.

4 Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Akun Facebook Kena Hack

Lakukan kiat-kiat di atas agar menghindari kerusakan yang terjadi pada akun. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk mencegah pembajakan?

Nah adapun yang dapat kamu lakukan untuk mencegah beberapa kemungkinan pembajakan akun ialah sebagai berikut:
1. Jangan login ke sembarang website jika tidak diperlukan.
Apalagi jika website tersebut merupakan website yang tidak jelas . Jika anda bersikeras untuk melakukan login ke website tersebut ada baiknya jika menggunakan akun fb cadangan yang tidak memilki data penting didalamnya (second account). Hal ini demi menjauhkan akun kita dari pembajakan yang nantinya memposting  konten porno atau perjudian.
2. Ganti sandi setiap 6 bulan sekali.
Jika anda memiliki daya ingat rendah setidaknya ganti sandi jika merasa kata sandi akun sudah diketahui pihak lain.
3. Gunakan autentikasi pada fb.
Autentikasi pada fb berfungsi untuk menghalau kemungkinan pembajakan akun , autentikan fb memiliki beberapa metode seperti dengan pesan SMS, kunci keamanan, aplikasi autentikasi dari google. Jika anda menggunakan pesan SMS maka kita akan dialihkan untuk memasukkan nomor telepon sehingga ketika ada akses tak wajar kode autentikasi akan dikirimkan kenomor yang didaftarkan sehingga memperkuat keamanan akun. 
4. Jangan perlihatkan sandi ke pihak lain.

Demikian, semoga bermanfaat.




Belum ada komentar untuk "Jangan Panik!! Ini 3 Hal Yang Harus Dilakukan Jika Akun Facebook Kena Hack"