Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal 6 Penemuan Yang Ditemukan Tokoh Ilmuwan Islam

Share :
Mengenal Penemuan Yang Ditemukan Tokoh Ilmuwan Islam


Peradaban dunia ini tak lepas dari penemuan-penemuan dari umat Islam. Tercatat di medio abad 8 - 14 banyak sekali ditemukan ilmuwan muslim berlomba-lomba menciptakan berbagai penemuan. Tercatat dalam sejarah di mana dinasti muslim berjaya selama beberapa abad dan menjadi kiblat bangsa barat.

Seberapa tahukah kita terhadap pemerintahan dinasti Abbasiyah, tokoh-tokoh seperti al-khawarizmi, Ibnu haytam, Ishaq al-mausili dan Ibnu Sina. Sungguh kita patut bangga sebagai seorang muslim, karena dengan kontribusi mereka bisa berdampak luas pada peradaban manusia.


Lalu apa saja penemuan yang berhasil ditemukan muslim ? Simaklah artikel berikut ini.

Mengenal 6 Penemuan Yang Ditemukan Tokoh Ilmuwan Islam

Penemuan Alat Operasi

Salah satu penemuan paling berpengaruh dalam dunia medis adalah terciptanya alat dan teknik operasi. Dan yang mengejutkan adalah orang dibalik temuan tersebut adalah seorang dokter muslim Bernama Al-Zahrawi. Lahir di Cordoba 936 Masehi. Beliau memiliki karya yang banyak dijadikan rujukan di universitas-universitas Eropa. 

Al-Zahrawi adalah orang pertama yang melakukan tindakan operasi dan membuat berbagai alat bedah. Al-Zahrawi membuat benang operasi yang terbuat dari kulit domba, yang pada waktu belum pernah dipikirkan orang lain. 

Karya paling populer dari Al zahrawi adalah kitab tasrif yang berisi pelajaran tentang berbagai operasi dan peralatannya. Hingga kini karya beliau masih di gunakan oleh berbagai instansi medis seluruh dunia.

Penemu Aljabar

Masa keemasan Islam juga menjadi waktu tumbuhnya berbagai inovasi di bidang ilmu eksakta salah satunya matematika. Seorang bernama Muhammad bin Musa Al Khawarizmi adalah tokoh dibalik terciptanya rumus aljabar. Aljabar adalah salah satu cabang ilmu matematika yang fungsinya ada mempelajari simbol-simbol matematis dan pengoperasiannya.

Tanpa peran Al-Khawarizmi mungkin kemajuan matematika tidak sepesat ini. Pasalnya Aljabar masih digunakan sampai sekarang di berbagai instansi pendidikan dunia. Aljabar memiliki banyak manfaat seperti memprogram sebuah software, perancangan bangunan hingga memanajemen uang.

Penemu Prototipe Pesawat Terbang

Manusia pertama yang berhasil terbang adalah seorang muslim bernama Abbas Ibnu firnas. Gagasan untuk bisa terbang menjamah langit adalah hal yang dianggap gila untuk kebanyakan orang pada waktu tersebut. Tapi Abbas Ibnu Firnas membuktikan dengan berbagai usahanya ia bisa melakukan hal tersebut.

Memang pesawat modern diciptakan Wright bersaudara tahun 1903 di Amerika serikat, namun inspirasi pertamanya berasal dari cara kerja prototipe Abbas Ibnu firnas. Memiliki bentuk yang mirip dengan saya burung, dan bisa terbang di udara selama 10 menit. Ilmuwan barat menyempurnakannya dengan membuat bentuk pesawat lebih modern, aman dan memiliki ekor.

Penemu Bidang Ilmu Optik

Penemu Islam bidang teknologi optik yang paling mahsyur adalah Ibnu Haitham. Bahkan dunia sudah mengakui kecerdasan beliau hingga dijuluki bapak optik dunia. Beliau lahir di Basrah di penghujung tahun 900an Masehi dan hijrah ke Mesir untuk bersekolah di universitas Al Azhar. Hobinya yang suka akan membuat ilmu pengetahuan berbuah manis. Melalui karyanya yang berjudul Kitab Al- Manadir, beliau menjelaskan bagaimana cara kerja mata dalam melihat dan peran cahaya.

Salah satu pendapat dari Ibnu Haitham adalah cahaya yang keluar dengan garis lurus adalah dampak dari titik permukaan bercahaya. Konsep inilah yang akhirnya disempurnakan dan menjadi ide dari cara kerja kamera modern.

Sekolah Dengan Ijazah Modern

Ilmuwan Islam wanita juga ikut berperan dalam kemajuan Islam. Beliau bernama Fatima Al Fihri. Tak main-main beliau membangun sebuah universitas Qarawiyyin di Maroko. Universitas ini adalah yang pertama di dunia yang menggunakan ijazah sebagai tanda kelulusan muridnya.

Untuk mendapatkan Ijazah, murid harus menjalani pendidikan dan rangkaian ujian yang sudah ditetapkan. Atas hasil karya ilmuwan wanita muslim, UNESCO menobatkan Universitas Maroko sebagai universitas modern pertama yang menggunakan Ijazah. Sistem ini jugalah yang dipakai Universitas besar dunia sekarang seperti Cambridge, Harvard dan Oxford.

Rumah Sakit Modern

Penemuan Islam yang memiliki pengaruh besar adalah rumah sakit modern. Siapa sangka pencetus utamanya adalah seorang muslim Bernama Ahmad Ibnu Thulun. Latar belakang beliung sebenarnya adalah seorang gubernur di Mesir. Karena melihat masyarakatnya butuh fasilitas kesehatan terpadu, maka terciptalah ide untuk memulai rumah sakit modern.

Tercatat pada abad ke 9, Rumah sakit modern pertama di dunia diciptakan. Lengkap dengan ruang perawatan, ahli medis, perawatan dan ruang Obat-obatan.

Sumber Gambar: Idntimes.com

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Belum ada komentar untuk "Mengenal 6 Penemuan Yang Ditemukan Tokoh Ilmuwan Islam"