Depositphotos

5 Cara Merawat Laptop Agar Terjaga, Tidak Lemot Dan Awet Lebih Dari 5 Tahun


5 Cara Merawat Laptop Agar Terjaga, Tidak Lemot Dan Awet Lebih Dari 5 Tahun

Cara merawat laptop, PC atau komputer agar terjaga, tidak lemot dan dapat awet lebih dari 5 tahun ini dapat menambah wawasan Anda untuk mempertahankan performa lperangkat Anda untuk jangka panjang. Laptop menjadi salah satu penunjang produktivitas baik untuk sekolah, pekerja kantor atau pekerja lepas. 

Begitu pentingnya laptop untuk kegiatan dan pekerjaan maka menjaga dan merawatnya adalah suatu keharusan. Sehingga, 5 cara mewarat laptop agar terjaga dan awet lebih dari 5 tahun ini penting untuk diketahui.

Penggunaan laptop dengan intensitas sering dalam waktu yang lama terkadang menjadi penyebab performanya semakin menurun. Sehingga terjadi gangguan hingga kerusakan. Namun bukan hanya berapa lama Anda menggunakannya, melainkan faktor lain yang memicu kerusakan pada laptop. Simak 5 cara merawat laptop berikut ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Terapkan 5 Cara Merawat Laptop Agar Terjaga, Tidak Lemot Dan Awet Lebih Dari 5 Tahun Tanpa Service

Faktor yang paling menentukan keawetan laptop adalah cara merawat yang benar. Hal ini kadang dianggap sepele oleh pengguna. Padahal cara merawat yang benar memberikan pengaruh yang cukup besar. Jika Anda ingin laptop tahan lama maka terapkan tips berikut.

Membersihkan Hardware Secara Berkala

Pertama Anda perhatikan hardware laptop berupa monitor, keyboard, bodi, dan lainnya. Fisik dari laptop ini perlu Anda rawat sehingga tetap bersih dan dalam kondisi baik. Bersihkan bagian body secara berkala untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran yang bisa mengendap pada laptop.

Perhatikan pada sisi dan lekukan-lekukan yang berpotensi debu menumpuk disana.Gunakan sikat pembersih serta cairan khusus laptop agar tidak merusak sisi luarnya. Sementara untuk membersihkan bagian dalam, Anda memang dianjurkan membawanya pada teknisi yang mahir. Hanya saja selama Anda pandai merawatnya, Anda tak perlu membawanya ke teknisi.

Tahukah Anda, debu dan kotoran bukan sekedar pengganggu saja. Namun juga penyebab terjadinya panas. Jika laptop Anda sering panas maka salah satu penyebabnya adalah debu. Terutama di bagian body Dan kipas. Jika Anda ingin memiliki laptop yang tahan lama serta awet tips agar laptop dapat awet lebih dari 5 tahun Anda perlu membersihkannya secara rutin.

Bersihkan Cache

Setiap hari menggunakan laptop terutama untuk berjelajah, membuat dokumen, menulis, dan aktivitas lainnya maka akan meninggalkan file sampah. File sampah ini bersifat sementara dan perlu Anda bersihkan secara berkala. File yang sifatnya tidak banyak tentu tidak masalah. Namun jika sudah menumpuk dan semakin banyak maka mengakibatkan lambat dan error.

Oleh karena itu perlu adanya pembersihan secara berkala untuk memaksimalkan performanya. Hal ini dapat teratasi dengan menggunakan software bawaan laptop atau mengunduhnya secara gratis. Lamanya proses pembersihan tergantung dari laptop itu sendiri.

Pasang Antivirus dan Scan Hard Disk

Tips merawat laptop adalah memasang antivirus. Biasanya memasang antivirus bisa Bawaan dari windowsnya. Jika tidak, Anda bisa juga memasang antivirus dari luar.

Menggunakan antivirus Bawaan, justru lebih mengetahui kebutuhan keamanan bagi software yang sudah dibuat. Misalkan windows 7 menggunakan windows security Essential.

Sementara windows 10 menggunakan windows Defender. Kedua antivirus ini masih bagus untuk melindungi laptop dari serangan malware atau virus.

Begitu juga dengan antivirus dari luar. Tips agar laptop dapat awet lebih dari 5 tahun jika Anda menggunakan antivirus lain maka jangan lupa mengupdate antivirus. Selain itu lakukan scan keseluruhan hardisk secara berkala untuk mencegah munculnya jenis jenis virus baru.

Umumnya proses update dan Scan antivirus sudah berjalan secara otomatis. Hanya saja tidak secara menyeluruh ke hard disk dan hanya scan sistem saja. Dengan memasang antivirus tersebut maka laptop Anda akan terlindungi dari virus yang merusak sistem windows.

Hindari Mengoperasikan Laptop di Permukaan Tidak Rata

Agar laptop dapat tahan jangka panjang maka Anda perlu menghindari penggunaan laptop di atas kasur, bantal atau guling. Intinya tidak dianjurkan mengoperasikan pada tempat yang empuk, tidak ada space udara keluar.

Hal ini bukanlah tanpa alasan. Pada dasarnya kipas laptop mengambil sirkulasi udara dari bawah. Nah saat meletakkan laptop di Kasur atau benda yang empuk lainnya maka tidak menutup kemungkinan bahwa sirkulasi akan tersumbat.

Apabila ini terjadi maka laptop kehilangan daya pendingin yang didapat sebelumnya dari bawah laptop. Sehingga laptop menjadi cepat panas karena tidak ada sirkulasi udara.

Tips agar laptop dapat awet lebih dari 5 tahun  jika Anda ingin menggunakan laptop di Kasur, usahakan memakai pengganjal laptop yang memberikan ruang bagian bawah laptop. Sehingga kipasnya dapat bekerja dengan normal.

Jika tidak maka semakin lama dapat menyebabkan overheat dan kerusakan komponen motherboard. Cara penggunaan yang tepat menambah usia laptop di masa depan.

Operasikan Laptop Seperlunya dan Matikan Setelah Digunakan

Menggunakan laptop untuk kebutuhan pekerjaan atau sekolah memang sangat mendukung aktivitas. Penggunaan laptop sebatas pada kepentingan.

Penyebab menurunnya kinerja laptop adalah tidak diberikan jeda istirahat atau mati setelah menggunakan. Sering terjadi mereka yang menghidupkan laptop dan membiarkan menyala begitu saja hingga seharian. Hal ini karena pekerjaannya belum selesai atau proses menghidupkannya yang membutuhkan waktu lama. Sehingga enggan mematikannya.

Terlebih pada seseorang yang terbiasa menutup layar dan dibiarkan standby dengan asumsi sebagai waktu beristirahat atau meredam suhu. Tips agar laptop dapat awet lebih dari 5 tahun adalah mematikannya setelah selesai penggunaan. Sehingga kinerja laptop dapat bertahan lama.

Gimana, perawatan apa saja yang sudah Anda lakukan pada laptop Anda? Demikian, bagikan bila informasi ini dirasa bermanfaat.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos