5 Tips Langkah Memotret Bagi Pemula Menggunakan Kamera DSLR

Tips langkah memotret bagi pemula menggunakan kamera DSLR memang sangat penting untuk diketahui. Terlebih untuk para pemula yang baru pertama kalinya. Pasalnya memiliki hobi fotografi memang keinginan masing-masing dan itu mungkin bisa membuat seseorang merasa senang.


Digital Single Lens Reflex atau kependekan dari DSLR tampaknya sudah menjadi salah satu jenis kamera yang semakin populer dan unggul. Bagaimana tidak, sebab di kalangan fotografer profesional pun sudah menggunakan jenis kamera ini daripada kamera lain. Sehingga, tips langkah memotret bagi pemula menggunakan kamera DSLR ini penting untuk diketahui.

Sebab dengan kamera ini mampu untuk menghasilkan gambar yang lebih hidup, tajam dan tentunya lebih detail. Oleh karena itu jika Anda ingin menggunakannya dan belum tahu cara menggunakan kamera DSLR maka bisa menyimak artikel kali ini sampai selesai.


5 Tips Langkah Memotret Bagi Pemula Menggunakan Kamera DSLR yang Mudah untuk Hasil Jernih

Sepertinya kehadiran kamera DSLR ini mampu untuk membantu para pecinta fotografi guna mengambil hasil gambar yang lebih jernih. Pasalnya jenis kamera ini memiliki banyak fitur yang tentunya bisa membuat hasil jepretan lebih tajam dan bening.

Meski demikian bagi para fotografer pemula memang memerlukan adaptasi mengenai cara penggunaannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menggali informasi seputar cara atau langkah menggunakan kamera ini agar hasilnya lebih sempurna.

Memang ketika awal menggunakannya untuk mengambil gambar terbilang cukup rumit bahkan sulit sehingga memerlukan pengetahuan khusus. Namun apabila sudah mampu dalam menguasai tekniknya, maka penggunaan DSLR pun akan lebih mudah. Lalu bagaimana cara menggunakannya ala pro?

Tips langkah-langkah menggunakan kamera DSLR dalam memotret sebagai pemula

Berikut tips langkah-langkah menggunakan kamera DSLR dalam memotret sebagai pemula biar hasilnya bisa bagus ala profesional.

Pilih Lensa yang Sesuai

Tips memotret bagi pemula untuk langkah yang pertama adalah dengan memilih jenis lensa yang sesuai dan tepat. Oleh karena itu Anda harus tahu apa sebenarnya fungsi dari lensa kamera tersebut.

Nah apabila Anda sudah bisa mengenalnya, maka Anda dapat langsung memilih jenis lensa yang menurut Anda itu cocok sesuai kebutuhan. Namun pastikan juga bahwa saat Anda akan memilih lensa kamera, budget harus siap sebelum membelinya.

Karena jika Anda memilih lensa kamera yang berkualitas tinggi namun harganya mahal, ya semuanya hanya percuma saja. Maka dari itu Anda bisa memilih jenis lensa yang memiliki harga terjangkau, sebab Anda seorang pemula, tapi tak ada salahnya juga untuk memilih yang mahal asalkan punya dana.

Ketahui Fungsi dari Setiap Tombol

Tips memotret bagi pemula yang baru kali pertamanya menggunakan kamera DSLR, maka harus mempelajari tentang tombol-tombol yang ada. Pasalnya dari setiap tombol yang ada pada kamera itu memiliki fungsi maupun kegunaan yang berbeda.

Oleh karena itu sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu fungsi dari setiap tombol yang ada, dan caranya dengan baca buku panduannya. Mungkin Anda juga dapat menginstal aplikasi khusus panduan yang bisa Anda unduh di smartphone Anda.

Nah, apabila Anda sudah paham tentang fungsi dari setiap tombol-tombolnya, maka saat akan menggunakannya Anda sudah paham. Dengan mempelajarinya secara teliti, maka akan dimudahkan pula Anda saat akan mengambil foto atau gambar.

Pahami Konsep Segitiga Eksposur

Tips memotret bagi pemula sebelum mengambil gambar, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang konsep segitiga eksposur, Nah konsep segitiga eksposur ini sering dikenal sebagai sebutan dengan pencahayaan.

Jadi segitiga eksposur ini adalah tiga kamera DSLR yang terdiri dari Shutter Speed, ISO dan Aperture serta fungsinya berbeda-beda. Dengan demikian Anda sudah sudah harus paham dulu mengenai ketiga fitur kamera tersebut sebelum menggunakannya.

Pasalnya dengan adanya konsep segitiga eksposur ini dalam fotografi, maka Anda bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih bagus. Hal ini sebab pencahayaannya bisa lebih fokus lagi dan tentunya hasilnya lebih maksimal.

Mengarahkan Kamera yang Benar

Tips memotret bagi pemula selanjutnya jika sudah mengetahui dan paham tentang fungsi dan fitur kini saatnya untuk mengambil gambar. Jadi mengarahkan kamera dengan cara yang benar dan baik merupakan salah satu hal yang cukup penting.

Lalu hidupkan kamera, namun bila belum pernah melakukannya, maka Anda bisa mengarahkan ke objek yang memiliki cahaya kuat. Sebaiknya jauhkan kamera dari permukaan yang stabil guna memastikan apakah komposisi Anda tak berubah.

Selanjutnya Anda juga bisa memilih subjek yang kreatif dan bukan berarti harus orang yang harus melemparkan senyuman mereka ke depan kamera. Sebab subjek ini sesuatu yang bisa membuat Anda tertarik untuk mengambil gambar tersebut, misalnya seperti hewan peliharaan.

Mengetahui Depth of Field (DOF) pada Gambar atau Foto

Nah untuk bisa menggunakan kamera DSLR terutama pemula, maka jangan lupa untuk mengenal apa itu depth of field pada gambar atau foto. Sehingga Anda bisa menciptakan dept of field itu melalui pengaturan kedalaman background.

Sebenarnya tips memotret bagi pemula ala pro ini cukup mudah, asalkan ada niat untuk bisa maka dapat menciptakan hasil jepretan berkualitas. 

Demikian, share bila informasi ini bermanfaat. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama