Depositphotos

Dibahas Lengkap! Cara Merawat Kamera DSLR Dari Body, Lensa Sampai Baterai

Cara merawat kamera DSLR sangat perlu diketahui jika kamu memiliki perangkat tersebut. Pada dasarnya, bagian lensa harus selalu bersih dari debu. Oleh sebab itu, perawatan sangat perlu dilakukan.


Perawatan kamera juga sangat bermanfaat dalam memperpanjang umur perangkat tersebut. Salah satu hal yang perlu dijauhkan dari kamera adalah jamur. Jika sampai perangkat milik kamu berjamur, sudah pasti akan menyebabkan berbagai kerugian.

Cara Merawat Kamera DSLR Dari Body, Lensa Hingga Baterai

Jika ingin kamera awet dan terbebas dari jamur, maka lakukan perawatan secara rutin. Kamu perlu tahu cara menyimpan kamera agar tidak berjamur. Nah Kamu bisa menyimak cara memelihara kamera DSLR secara lengkap dalam artikel ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Aksesoris Kamera Penunjang Penting Dalam Perawatan Kamera DSLR

Sebelum menerapkan cara merawat kamera DSLR, kamu juga perlu memiliki beberapa aksesoris kamera ini. Melalui beberapa aksesoris atau alat ini, perangkat kamera kamu akan jauh lebih terjaga. Berikut aksesoris kamera yang terkait perawatan kamera DSLR.

1. Tas Kamera Khusus

Saat kamu akan pergi membawa DSLR untuk hunting foto, sebaiknya pakai tas khusus kamera. Biasanya tas ini dilengkapi dengan bantalan empuk sehingga menjaga perangkat dari adanya benturan.
Selain itu, tas tersebut juga menyediakan ruang khusus untuk meletakkan berbagai perlengkapan. Mulai dari lensa, charger, filter dan berbagai perlengkapan lain. 

2. Pelindung Layar LCD

Alat yang bisa menunjang cara memelihara DSLR Canon berikutnya ialah pelindung layar LCD. Layar LCD perlu dijaga agar tidak mudah tergores. Pelindung layar juga bisa melindungi LCD dari air dan debu. 

3. Filter Lensa

Selain melindungi LCD, kamu juga perlu memasang UV filter pada lensa. Jangan khawatir, UV filter ini tidak akan mengganggu kualitas bidikan foto. Filter ini berguna untuk mencegah gangguan sinar ultraviolet dari matahari.

Filter juga membantu untuk melindungi lensa kamera dari debu dan kotoran. Jadi saat hendak membersihkan lensa, kamu bisa sekaligus membersihkan filter. Gunakan kain halus untuk membersihkannya.

4. Shoulder Strap 

Mungkin beberapa orang merasa memakai shoulder strap dalam cara memelihara DSLR Canon tidak nyaman. Karena harus memasang tali yang berfungsi menggantung kamera di leher ketika akan mengambil foto. 

Padahal, tali ini penting untuk menjaga DSLR ketika tanpa sengaja terlepas dari tangan. Coba bayangkan bila perangkat tanpa sengaja terjatuh dan membentur lantai beton yang keras. 


Cara Merawat Kamera DSLR Dari Body, Lensa Hingga Baterai

Ketika mempunyai suatu barang, maka melakukan perawatan adalah hal wajib. Begitu juga ketika mempunyai kamera DSLR. Setelah mengetahui apa saja aksesoris kamera yang diperlukan dalam menujang perawatannya, berikut ini beberapa cara untuk merawat kamera DSLR agar bisa awet. 

1. Jauhi Kamera dari Air

Mirip dengan perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop, kamera juga wajib dijauhkan dari air. Walaupun perangkat milik kamu diklaim mampu tahan terhadap air, sebaiknya jangan membiarkannya terkena air.
Karena air bisa masuk ke dalam dan merusak komponen internal. Tidak hanya itu, air yang mengendap juga akan menyebabkan lensa berembun. Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil tangkapan foto. 

2. Jaga Kebersihan Lensa

Cara memelihara DSLR Canon berikutnya ialah menjaga kebersihan kamera meskipun sedang tidak dipakai. Cara aman untuk membersihkan lensa ialah memakai cleaning kit atau cairan pembersih khusus. 

Saat melakukan pembersihan, jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke lensa seperti ketika membersihkan kaca jendela. Semprotkan cairan ke lap microfiber terlebih dahulu, baru diusapkan pada lensa. 

3. Membersihkan Body Kamera

Perawatan tidak hanya terbatas pada lensa saja namun juga seluruh bagian kamera, terutama bagian body. Kamu bisa membersihkannya memakai minyak kayu putih yang cepat kering dan mempunyai sedikit kandungan air. 

Cara memelihara DSLR Canon juga bisa kamu lakukan dengan memakai cairan pembersih khusus body kamera. Pastikan menyemprot cairan ke kain halus terlebih dulu baru diusap ke body.

Gimana dengan ulasan di atas, apakah cukup dipahami? Eittsss, masih ada lo lanjutannya, yuk disimak kembali.

Cara Merawat Baterai Kamera DSLR

Selain menerapkan cara merawat kamera DSLR bagian fisik, memelihara daya juga tidak kalah pentingnya. Biasanya baterai kamera berupa Lithium-Ion. Agar baterai kualitasnya terjaga dan awet, simak cara merawatnya berikut ini.

1. Memakai Viewfinder

LCD display memang membuat baterai kamera lebih cepat habis. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk memakai viewfinder, yakni lensa kecil yang berada di bagian atas body belakang DSLR.
Memakai viewfinder akan lebih menghemat baterai daripada LCD. Akan tetapi, jika DSLR kamu tidak menyediakan viewfinder, maka turunkan saja brigthness pada LCD sehingga lebih menghemat baterai.

2. Tidak Tergesa-gesa Mengirim Foto

Biasanya setelah memotret, langsung ingin mengirim foto ke smartphone melalui fitur WiFi. Cara memelihara DSLR Canon pada bagian baterai adalah tidak tergesa-gesa untuk mengirim foto. Selesaikan dahulu kegiatan memotret, baru mengirim semua hasil fotonya ke ponsel. 

3. Mematikan Fitur yang Tidak dipakai

Karena DSLR menyediakan cukup banyak fitur, terkadang tidak semuanya dibutuhkan dalam satu waktu. Misalnya tidak memerlukan flash ketika pencahayaan sudah cukup terang. Nah, jika kamu sedang tidak membutuhkan fitur tertentu, sebaiknya dimatikan saja. 

4. Menyimpan dengan Cara yang Benar

Ketika kamera DSLR tidak kamu pakai dalam waktu lama, lebih baik lepaskan baterainya. Simpan baterai di tempat dingin, keringkan dengan silica gel. Hal ini akan membuatnya lebih awet dan tahan lama.

DSLR menjadi salah satu alat yang sangat berguna dalam mengabadikan momen. Hasilnya jauh lebih baik daripada kamera ponsel. Namun, karena kemampuannya ini, wajib untuk mengetahui cara memelihara DSLR Canon agar awet dan tahan lama.
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos