Depositphotos

5+++ Cara Desainer Grafis Untuk Mendapatkan Uang Jutaan

{tocify} $title={Table of Contents}

Ilmu Desain Grafis mempelajari proses komunikasi dengan melibatkan elemen visual mencakup fotografi, typografi, dan ilustrasi yang bertujuan menciptakan persepsi dan pesan kepada khalayak umum.

Cara Desainer Grafis Untuk Mendapatkan Uang Jutaan

5+++ Cara Desainer Grafis Untuk Mendapatkan Uang Jutaan

Desain grafis merupakan ilmu yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan orang-orang yang kompeten di bidang tersebut sangatlah dicari. Anda pasti pernah melihat brosur, kartu undangan, logo hingga animasi. Karya-karya tersebut adalah hasil ciptaan desainer grafis.

Apalagi dengan perubahan zaman yang semakin terasa digital ini, bagi anda yang tertarik menjadi desainer grafis tentunya memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan penghasilan.

Lalu seperti apa sih cara-cara yang diperlukan seorang desainer grafis untuk mendapatkan uang ? Yuk simak artikel berikut ini .

Ikut Kontes Desain

Di internet sering kali ada pengumuman mengenai sayembara desain, entah membuat logo, desain baju dan semacamnya. Peluang ini adalah salah satu cara paling banyak dilakukan desainer grafis untuk mendapatkan income. Kontes desain biasanya diselenggarakan oleh instansi, platform dan web kontes desain. 

Sistem dari kontes desain adalah mencari desain yang paling bagus dan sesuai brief yang diberikan oleh client. Pemenang biasanya akan mendapatkan reward berupa uang dan sertifikat. Semakin sering desainer grafis mengikuti kontes, skill-nya akan terus bertambah dan kesempatan untuk menang akan semakin lebar. 

Jika anda tertarik mengikuti kontes desain pastikan karya merupakan hasil original, dan tidak menjiplak karya orang lain. Plagiarisme adalah sesuatu yang dilarang dalam dunia desain grafis.

Menjual karya di situs microstock

Situs microstock adalah sebuah web yang menyediakan berbagai karya visual seperti foto, kaligrafi, logo, desain kartu nama, kartu ucapan dan lain-lain. Situs ini juga berfungsi sebagai digital agency bagi para desainer grafis. Anda pun juga bisa bergabung dalam web tersebut untuk menjual karya desain grafis.

Setiap karya yang diupload akan melewati proses kurasi, karena web microstock memang selektif hanya memilih karya yang sesuai kriteria mereka. Income bisa didapat bila karya anda diunduh ataupun dibeli lisensinya oleh visitor web microstock.

Untuk rekomendasi web microstock terbukti membayar ada: shutterstock , dreamstime , adobestock , dan istock

Menjadi Freelance

Seorang desainer grafis akan memiliki keleluasaan dalam bekerja dengan menjadi freelancer. Dengan internet ada akan mudah mencari client yang butuh dibuatkan karya desain. Biasanya client membutuhkan jasa pembuatan logo, media promosi sosial media, edit foto, hingga bahan presentasi. Permintaan desain grafis sangatlah stabil dan anda tidak perlu untuk menjadi freelancer dalam dunia ini.

Pastikan anda memiliki kompetensi ahli di bidang desain, karena anda harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang agar dipercaya mengerjakan proyek. Pahami benar brief yang diberikan oleh mereka dan buatlah hasil yang maksimal. Sudah Desainer Grafis senior berhasil bebas finansial dari cara ini.

Untuk Rekomendasi website freelancer desain grafis adalah: fiverr , freelancer , upwork , dan sribulancer. Anda bisa mencoba aplikasi terbaru dari channel youtube Kasisolusi yaitu Kasisolusi Mitra.

Memasang Gig Service

Gig Service adalah menawarkan jasa sesuai keahlian anda. Ini adalah pilihan yang tepat bagi desainer grafis yang ingin menjual keahliannya dengan brief yang fokus. Anda harus memilih skill yang ingin dipasarkan, misalnya bila anda bisa membuat logo, edit foto, animasi, keahlian tersebut bisa dipromosikan dalam bentuk " Gig Service"

Dengan cara ini anda akan lebih mudah mendapatkan client spesifik. Mereka tahu anda menjual jasa apa. Jadi anda tidak perlu pusing mengerjakan projek yang tidak sesuai kemampuan anda.

Agar mendapatkan minat client, desainer grafis harus membuat portofolio yang menarik. Sebarkan di media sosial ( Instagram, Facebook, Twitter ) untuk mendapatkan atensi. Portofolio yang bagus bisa digunakan untuk menegosiasikan fee dari jasa anda.

Membuat percetakan

Desainer grafis bukan hanya bisa meraih keuntungan via online, dengan membuka usaha Percetakan anda juga bisa meraih keuntungan via bisnis offline. Percetakan selalu memiliki permintaan yang stabil, mengingat masyarakat membutuhkan berbagai karya grafis. Contohnya ketika ada acara perkawinan, client membutuhkan kartu undangan pernikahan untuk disebar. Pada saat tahun baru misalnya, Masyarakat membutuhkan kalender untuk mengetahui tanggal.

Bagaimana , menjadi desainer grafis punya peluang yang besar bukan ? Mudah-mudahan menjadi inspirasi untuk anda.

Selain berbagai cara di atas masih ada beberapa cara lagi menghasilkan cuan sebagai desainer grafis yaitu:
  • Membuat kelas online
  • Membuat Webinar
  • Menjual E-book
Dan masih banyak lagi peluang cuan lainnya.


Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos