Depositphotos

5+ Skill Yang Perlu Dikuasai Bila Ingin Jadi Digital Marketer

{tocify} $title={Table of Contents}

Jika berbicara tentang industri 4.0 tentunya orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang digital sangatlah di perlukan. Kini industri sudah berevolusi, dulu beberapa hal dilakukan dengan cara konvensional sekarang beralih pada cara yang lebih modern. Akibatnya, muncul profesi-profesi baru untuk menjawab tantangan zaman yang berubah.

5+ Skill Yang Perlu Dikuasai Bila Ingin Jadi Digital Marketer

Kami akan membahas lebih mengenai profesi Digital Marketer, yang baru-baru naik pamornya. Hal ini ditambah dengan sebuah survei yang dilakukan oleh LinkedIn yang memasukkan ilmu digital marketing sebagai salah satu ilmu yang paling banyak di cari perusahaan. Lowongan terbuka lebar serta gaji yang besar, membuat banyak orang ingin berkecimpung di dunia ini.

Skill Yang Perlu Dikuasai Bila Ingin Jadi Digital Marketer

Lalu skill apa yang perlu dipersiapkan ? Simak ulasan berikut Ini.

Content Marketing

Untuk jadi Digital Marketer handal, anda harus bisa membuat berbagai konten marketing. Karena ini merupakan salah satu cara paling bagus untuk meningkatkan nama brand, pengunjung web hingga mendongkrak penjualan. Content marketing paling banyak berbentuk tulisan dan gambar pendukung yang biasanya di upload pada media media sosial dan website.

Digital Marketer juga harus memiliki kemampuan untuk melakukan riset target pasar kemudian diaplikasikan dalam pembuatan content marketing yang relevan dengan segmen pasar yang dikehendaki.

SEO dan SEM

Skill selanjutnya yang harus dipelajari oleh Digital Marketer adalah SEO dan SEM. Kedua hal ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama yaitu mengoptimalisasi performa website sehingga bisa bersaing di urutan teratas mesin pencari, seperti Google dan Bing. 

Meskipun memiliki tujuan yang sama SEO dan SEM memiliki teknis yang berbeda. SEO dilakukan dengan cara khusus, tanpa biaya dan akan terasa efeknya dalam jangka panjang. Sementara SEM adalah Teknik Optimalisasi website dengan cara membayar pihak ketiga, bersifat otomatis dan hasilnya lebih cepat.  Digital Marketer yang handal dalam ilmu ini bisa membuat website banyak pengunjung.

Sosial Media Marketing

Jika ingin terjun dalam dunia digital marketing, mau tak mau harus belajar tentang cara promosi via media sosial. Istilahnya disebut sebagai sosial media marketing yang berarti sebuah teknik untuk memperkenalkan, mempromosikan dan meningkatkan penjualan baik produk atau jasa melalui jejaring sosial. 

Seorang digital Marketer harus paham dalam merencanakan konten, melakukan riset terhadap follower dan melakukan optimalisasi yang tepat dalam membangun media sosial. Digital Marketer juga harus paham dalam membuat postingan, mengirim direct message dan akses fitur berbayar seperti: Facebook ads, Tiktok ads dan WhatsApp Ads.

Email Marketing

Email memang punya fungsi utama untuk berkirim pesan elektronik namun dalam dunia marketing, sudah bukan hal aneh lagi bahwa banyak perusahaan besar Menggunakan paltform ini untuk, promosi produk dan layanannya. Bahkan keampuhan teknik Email Marketing ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Jika ingin menjadi seorang digital Marketer, maka hal ini harus bisa dikuasai.

Teknisnya, digital Marketer harus bisa mengoperasikan tools-tools seperti Mailchimp dan OptinMonster yang diperlukan untuk mengumpulkan database pelanggan. Selanjutnya, melakukan pengiriman email kepada mereka baik untuk promosi produk, penawaran khusus, undangan dan sejenisnya.

Copy writing

Copy writing adalah sebuah Ilmu yang berkaitan dengan membuat tulisan yang bertujuan promosi. Bisa dikatakan copy writing adalah dasar dari ilmu digital marketing. Tulisan adalah media yang efektif untuk mendorong pembaca untuk melakukan berbagai tindakan seperti pembelian sebuah produk, mendaftar newsletter, meng-klik URL Unduh/website dan keperluan sejenisnya.

Tentunya digital Marketer harus bisa membuat tulisan yang bagus dengan memahami detail deskripsi dari produk/jasa yang ditawarkan. Pemilihan kata yang tepat dan efektif akan berpengaruh pada tingkat ketertarikan audience. 

Salah satu strategi copy writing yang banyak diterapkan adalah AIDA ( Attention, Interest, Desire dan Action). Dimana tulisan harus menginformasikan manfaat dari sebuah produk, kaitkan dengan kebutuhan yang dihadapi konsumen, dan terakhir, berikan tulisan yang bersifat ajakan seperti " Lihat website kami, Klik Tombol dibawah dan dll "

Analisa Data 

Kemampuan lain yang menyempurnakan Skill-skill digital Marketer adalah analisa data. Hal ini dilakukan agar strategi bisnis yang akan diterapkan bisa berjalan efektif. Salah satu contoh analisa data adalah mengetahui kalangan/kelompok umur apa saja yang tertarik dengan produk. Alat yang paling familiar digunakan adalah Google Analitik.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos