Depositphotos

Kisah Sukses Cara Pengusaha Ini Lepas Dari Hutang 7,7 Miliar

{tocify} $title={Table of Contents}

Bagi yang sering melihat referensi tentang bisnis online, baik di YouTube maupun Instagram mungkin Nama Dewa Eka Prayoga menjadi salah satu Narasumber yang paling dikenal. Pengalamannya jatuh bangun dalam berbisnis bisa dibilang sangat berharga, karena beliau pernah dalam kondisi bangkrut dengan Hutang 7, 7 Miliar setelah baru menikah.

Kisah Sukses Cara Pengusaha Ini Lepas Dari Hutang 7,7 Miliar
Sumber : Youtube/Kasisolusi

Belum cukup sampai disitu Dewa Eka Prayoga juga pernah divonis penyakit langka yang disebut Sindrom Guillain-Barre yang menyerang syaraf anggota tubuhnya. Sehingga hari-hari beliau hanya terdiam dirumah sakit bahkan hampir meninggal.

Kisah Sukses Cara Pengusaha Ini Lepas Dari Hutang 7,7 Miliar

Cerita inspirasi bangkitnya Dewa Eka Prayoga bisa dilihat pada Channel Kasih solusi yang baru saja Upload tanggal 27 Juni 2022 yang lalu:

Penyebab Memiliki Hutang 7,7 Miliar

Semenjak usia belia beliau memang sudah menaruh minat pada dunia bisnis. Berbagai usaha ia coba sampai ketika pada tahun 2012 beliau ditawari sebuah bisnis oleh temannya sendiri berupa pengadaan laptop untuk berbagai instansi. Dewa tak ragu menjadi Investor selain karena percaya dengan teman baiknya, juga karena melihat legalitas yang dimiliki usaha tersebut.

Pada awalnya mekanisme bisnis yang diikuti Dewa Eka Prayoga berjalan lancar ia mendapat sejumlah keuntungan. Karena melihat potensi ini, ia mengajak sejumlah orang untuk mengikuti bisnis yang ia kerjakan. Tercatat ada 625 Orang yang bergabung menjadi Investor melalui beliau. 

Namun 6 Bulan berjalan bisnis pengadaan laptop untuk instansi tersebut bubar karena terindikasi Ponzi. Hal ini juga berimbas dengan Nasib Dewa Eka Prayoga yang harus menanggung kerugian Hutang 7,7 Miliar karena dituntut oleh orang yang ia prospek dulu. Sedangkan waktu itu Dewa Eka Prayoga baru melangsungkan pernikahan selama 10 Hari, tentu ini menjadi sesuatu yang tak terduga olehnya.

Dewa Eka Prayoga menegaskan bahwa ia tidak bermaksud menipu karena baru tahu bisnis yang dulu ia jalankan adalah Ponzi. Namun Orang-orang tetap menuntutnya untuk membayar. 3 bulan lamanya beliau kebingungan mencari jalan untuk keluar dari masalah ini. Beliau akhirnya mencoba untuk menghasilkan uang dari keahliannya sebagai pembicara, beberapa pundi uang ia dapatkan untuk mencicil Hutang tersebut.

Berbagai Ancaman yang Pernah Didapatkan Akibat Hutang

Beragam ancaman telah diterima beliau, meskipun secara hukum Dewa Prayoga juga merupakan korban yang tidak perlu bertanggung jawab atas kerugian tersebut. Orang-orang tidak mau tahu akan urusan Tersebut. Mereka tahunya mereka mengeluarkan uang lewat Dewa Eka Prayoga. 

Dewa Eka Prayoga dengan lapang hati Ikhlas menjalani hal tersebut. "Setelah 3 bulan merenung, saya lapangkan Hati saya untuk membayar tanggungan 7,7 Miliar" ujar Dewa saat berada dipodcast Kasisolusi.

Ancaman lewat BBM pernah beliau dapatkan, caci maki, diancam penjara hingga dipersekusi puluhan orang juga telah ia rasakan. Meskipun dalam kondisi tertekan beliau mencoba menenangkan pikirannya.

"Saya nggak akan kabur, seluruh alamat rumah, no Hp sudah saya berikan. Saya akan bayar tapi saya gak bisa tentukan kapan waktu lunasnya"

Dewa Eka Prayoga memberikan tips untuk orang yang terlilit hutang seperti dirinya dulu, untuk tetap tenang dalam mengambil keputusan dan selebihnya serahkan diri kepada Allah SWT.

Berhasil Melunasi Hutang

Hutang 7,7 Miliar adalah angka yang besar dan jika dipikir secara matematis Dewa Eka Prayoga tidak akan bisa melunasinya. Rata-rata uang cicilan yang sanggup ia berikan per-bulannya adalah antara 5 - 10 Juta.

Perlu berpuluh-puluh tahun bahkan ratusan Tahun untuk melunasi Hutang tersebut. Tapi Dewa Eka Prayoga menyikapi hal tersebut dalam pemahaman Agama. Bahwa Manusia tidak akan Di Uji diluar kemampuannya.

Dalam kondisi tertekan justru mental "Entrepreneur" Dewa Eka Prayoga semakin terasah. Hobinya menulis Ia Ubah jadi Buku Best Seller, Hobinya Berbicara ia manfaatkan untuk mengisi Seminar kewirausahaan, Hobinya berbisnis ia kembangkan menjadi Affiliate Marketer dan Membentuk Brand.

Dengan usaha tersebut, Ia berhasil melunasi Hutang 7,7 Miliar dalam jangka Waktu 5 Tahun. Bahkan tahun 2017 sampai sekarang Dewa Eka Prayoga malah mampu membuat 60 Brand Bisnis  Baru dengan Omzet miliaran per bulan.

Sumber Video : Youtube/Kasisolusi/https://youtu.be/Eh3pQkJ3V9A

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti

Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos