Depositphotos

Tutorial Memotong dan Menggabungkan Video Bagi Pemula di Adobe Premiere Pro CC

Tutorial Memotong dan Menggabungkan Video Bagi Pemula di Adobe Premiere Pro CC

{tocify} $title={Table of Contents}

Hai teman-teman ! Para calon editor hebat. Dalam artikel kali ini, mimin akan share tentang cara memotong dan menggabungkan video di adobe premiere Pro CC.

Teknik cutting merupakan yang paling mendasar dalam dunia editing. Teknik cut dilakukan dengan cara memotong bagian video yang tidak diperlukan kemudian membuang atau mendelete-nya dan setelah itu menggabungkan potongan-potongan video yang diperlukan saja.

Bagi editor pemula, menggunakan adobe mungkin akan sangat membingungkan karena banyaknya fitur dan tools yang terdapat didalamnya. Tetapi walaupun terlihat membingungkan bagi pemula, adobe premiere pro CC ini memiliki kelebihan yaitu sangat bisa diandalkan. Kamu hanya perlu banyak bereksperimen dan mengulik fitur-fitur didalamnya lalu setelah itu lihatlah bagaimana adobe premiere pro CC ini membantumu dalam menyelesaikan project videomu.

Tools Aplikasi Adobe Premiere Pro CC

Oke, sebelum masuk ke tutorialnya, mimin akan jelaskan terlebih dahulu fungsi dari setiap tools pada ToolBox berikut ini.

  1. Selection Tool, merupakan tool default untuk memilih atau mengeser-geser clip pada timeline video
  2. Track Select Forward Tool, memiliki fungsi untuk memilih sebuah clip beserta dengan semua clip yang mengikutinya
  3. Ripple Edit Tool, berfungsi dalam menyesuaikan titik edit dan memindahkan tool lainnya dalam timeline agar seimbang
  4. Razor Tool, berfungsi untuk memotong clip
  5. Slip Tool, berfungsi untuk memindahkan clip dalam dan keluar poin yang jumlahnya sama dan dilakukan secara bersamaan agar tidak mempengaruhi sisa timeline yang ada
  6. Pen Tool, berfungsi sebagai jangkar poin atau digunakan untuk membuat control
  7. Hand Tool, berfungsi untuk menarik atau memindahkan tampilan timeline kiri dan kanan
  8. Type Tool, berfungsi untuk menambahkan teks ke timeline

Tutorial Memotong dan Menggabungkan Video Bagi Pemula di Adobe Premiere Pro CC

Setelah mengetahui fungsi dari setiap tool pada ToolBox, kali ini kita akan masuk kepada tutorial untuk memotong (cutting) dan menggabungkan video di Adobe Premiere Pro CC. Oke langsung aja ke tutorialnya. Berikut langkah-langkah memotong dan menggabung video di Adobe Premiere Pro CC:
1. Menyiapkan terlebih dahulu video yang akan di edit pada timeline
2. Untuk memotong video, kamu dapat memilih Razor Tool atau untuk lebih memudahkan silahkan tekan tombol C pada keyboard.
3. Setelah itu arahkan cursor kebagian video yang ingin dipotong lalu klik kiri untuk memotong video.


4. Setelah video terpotong tekan tombol V pada keyboard agar mengembalikan cursor keposisi selection tool atau tool default.
5. Menggunakan selection tool klik bagian video yang terpotong dan akan dihapus dan setelah itu klik delete pada keyboard.


6. Untuk menggabungkan potongan video yang tersisa, kamu dapat menggeser salah satu video ke bagian video yang lainnya.


Dan ya, kamu telah berhasil melewati tahap awal menjadi seorang editor. Gimana nih mudah bukan? 

Eiits tapi jangan puas dulu dengan hanya mengantongi ilmu cutting. Untuk menjadi seorang editor professional kalian masih harus banyak mempelajari teknik dan hal-hal dasar dalam dunia editing termasuk juga mempelajari fitur-fitur dan tools dari software editing yang kamu pilih seperti Adobe Premiere Pro CC contohnya.

Jadi jangan pernah bosan untuk eksperimen dan asah skill edit kamu ya… banyak mencari tau dan membaca artikel sesuai dengan yang kalian butuhkan seperti artikel ini contohnya hehe. 

Semoga artikel ini bermanfaat yaa… dan semangat untuk para calon editor professional. Next time mimin bakalan share lagi mengenai teknik dan pengetahuan apa aja yang harus kalian ketahui dalam dunia editing. Bay bay.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos