Cara Cepat Mengganti Background dan Ukuran Pas Foto di Adobe Photoshop

Di zaman yang serba canggih ini, banyak kemudahan yang bisa didapatkan hanya dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satu contohnya yaitu dahulu jika ingin membuat sebuah pas foto kita harus berfoto ke tempat yang menyediakan jasa foto dan juga fotocopy untuk mencetak hasil foto tersebut. Namun sekarang, kita bisa mengambil foto hanya dengan menggunakan kamera handphone yang latarnya dimana saja kemudian mengeditnya dan mengubah warna background sesuai dengan yang diperlukan. Cara ini juga dinilai lebih cepat dan hemat biaya.
 
Hai sobat glozovers… gimana nih kabarnya? Balik lagi bareng mimin di website yang menyediakan banyak informasi dan juga tutorial-tutorial bermanfaat, apalagi kalau bukan Glozaria.

Siapa disini tim yang gak mau ribet kalau misalnya disuruh bikin pas foto? pengennya tuh cepet selesai dan cepet jadi. Nah, kalian tau nggak sekarang hanya dengan menggunakan handphone kalian bisa membuat file pas foto yang rapi dan tetap cantik hasilnya. Kalian hanya perlu kamera handphone, pencahayaan yang cukup dan aplikasi editing foto.

Baca juga:

Sebenarnya, ada beberapa website yang menyediakan fitur untuk menghapus background secara otomatis. Tetapi sering kali hasilnya tidak rapih terutama jika background pada foto yang kalian gunakan itu terdapat banyak objek yang terdeteksi.

Cara lain yang dapat kalian lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi editing. Ada banyak aplikasi editing foto yang bisa kalian gunakan untuk mengganti background foto kalian.


Di sini aplikasi yang mimin akan bahas yaitu aplikasi editing yang paling banyak digunakan oleh para editor foto ataupun desain grafis karena fitur-fiturnya yang banyak dan dapat memenuhi kebutuhan yaitu Adobe Photoshop.

Cara Cepat Mengganti Background dan Ukuran Pas Foto di Adobe Photoshop

Siapasih yang gak tau Adobe Photoshop? Dilansir dari Wikipedia, Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.

Adobe Photoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar untuk perangkat lunak pengolahan foto/gambar. 

Dengan Adobe photoshop kalian dapat memotong, menghapus background, mengubah warna, menyimpan foto dengan banyak format yang disediakan, dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Langkah-langkah Mengubah Background dan Ukuran Pas Foto di Adobe Photoshop

Kali ini mimin akan bagikan tutorial gimana caranya untuk mengatur ukuran foto, menghapus dan mengubah warna background di Adobe Photoshop. Yuk langsung aja ke tutorialnya.
1. Pastikan kalian memiliki perangkat lunak Adobe Photoshop di Laptop/Pc kalian. Disini mimin menggunakan Adobe Photoshop CC 2018.
2. Buka aplikasi Adobe Photoshop lalu pada halaman awal klik pada file “new” untuk membuat lembar kerja baru.


3. Pilih custom lalu sesuaikan ukuran pas foto yang akan kalian buat. Kali ini mimin menggunakan contoh pas foto dengan ukuran 3x4. Kalian dapat mencari diinternet untuk ukuran lainnya. Jangan lupa untuk mengganti parameter menjadi centimeter atau sesuaikan dengan  satuan angka dengan yang kalian dapatkan.


4. Pada “background contents” ganti menjadi custom lalu ganti warna background sesuai dengan kebutuhan pas foto kalian. setelah itu klik “create”


5. Masukkan foto dengan cara tarik foto kedalam lembar kerja atau klik pada file -> place embedded…


6. Atur dan sesuaikan ukuran foto sesuai dengan kebutuhan lalu klik tanda centang diatas.


7. Untuk menyeleksi subject pada foto klik select -> subject, lalu menunggu proses selesai.


8. Jika subject sudah terselect seperti pada gambar dibawah, klik ctrl+J pada keyboard untuk membuat layer baru dengan background transparan.


9. Pada bagian kanan buat layar foto tidak terlihat dengan mengklik icon mata di samping file


10. Klik pada “layer 1” lalu sesuaikan lagi ukuran foto dengan menekan tombol ctrl+T pada keyboard. Perbesar foto untuk melihat detail yang tidak rapih, kalian dapat menekan ctrl+tombol plus(+) pada keyboard begitupun untuk memperkecil kembali dengan menekan ctrl+tombol minus(-). Jika ada yang masih belum rapih, kalian dapat menghapusnya dengan menggunakan tools eraser.


11. Atur ukuran penghapus untuk mempermudah menjangkau bagian-bagian yang sulit. Setelah itu mulailah untuk menghapus. Jika terjadi kesalahan kalian dapat meng-undo nya dengan menekan ctrl+alt+Z pada keyboard.


 12. Jika sudah selesai simpan foto dengan klik pada file -> Save As. 


13. Ubah format foto menjadi JPEG lalu klik simpan


14. Pilih resolusi foto sesuai dengan kebutuhan kalian
 

Nah itu dia tutorial cara mengubah dan mengatur ukuran pas foto di Adobe Photoshop.

Gimana menurut kalian, cukup mudah kan? jangan lupa untuk selalu mengunjungi Glozaria kalau kalian ingin mencari tutorial ataupun informasi-informasi yang bermanfaat pastinya.

Kelas Desain

Ingin mahir ngedesain untuk keperluan konten dan kebutuhan digital lainnya? Ada kelas nih dengan fitur yang banyak dan materi yang bisa diakses lifetime. Langsung cek saja di link berikut.




Ada kendala??? Tidak perlu ragu kontak ke 0853 2177 0878 (WA & Telegram)

Terimakasih sudah membaca. Byee gais.

Penulis : Nita Ayu
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama