Cara Mudah Membuat Banner Sampul Channel Youtube Menggunakan Canva

Cara Mudah Membuat Banner Sampul Channel Youtube Menggunakan Canva

Banner pada youtube menjadi salah satu faktor ketertarikan seseorang terhadap sebuah channel youtube. Semakin menarik banner pada profil sampul youtube kalian, maka akan semakin besar peluang orang tertarik dan berlanjut untuk melihat-lihat konten yang ada pada channel youtube tersebut. 
 
Hallo semuanya, balik lagi bareng mimin di website yang selalu menyediakan informasi dan tutorial-tutorial bermanfaat apalagi kalau bukan Glozaria. Siapa disini yang punya cita-cita pengen banget jadi konten kreator youtube?

Yaa seperti yang kita semua tau dengan menjadi seorang konten kreator, kita bisa mendapatkan penghasilan yang jumlahnya bahkan bisa sangat besar apabila kita konsisten dalam membuat konten yang bermanfaat dan banyak dicari oleh penonton. Menjadi konten kreator memang bukanlah hal yang mudah, yang terlihat di video mungkin hanya kita yang ha ha hi hi saja, tetapi dibalik semua itu ada waktu, tenaga dan kreatifitas yang harus tercurahkan disetiap menit video yang dibuat. Jadi selain fisik, harus juga kuat mental dalam menjalani itu semua.

Bagi kalian yang masih pemula atau baru ingin memulai di dunia per-youtube-an ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk membangun sebuah channel youtube yaitu diantaranya buat channel youtube kalian memiliki ciri khas misalnya jam tayang konten yang terjadwal, thumbnail youtube dengan tema senada (contohnya ingin yang simple, hanya dengan tulisan saja) di setiap video, editing video dan settingan profil yang menarik. Ciri khas membuat channel youtube kalian melekat di ingatan penonton yang berkunjung di channel kalian. Olehnya beberapa hal tersebut perlu diperhatikan.

Baca juga:

Profil youtube adalah hal yang paling pertama terlihat ketika seseorang membuka youtube channel kalian.  Seseorang akan langsung mengetahui ketika melihat banner yang ada pada channel youtube yang kalian miliki, contohnya pada gambar dibawah ini:


Hanya dengan melihat banner pada profilnya saja, sudah dapat diketahui bahwa channel youtube “Web Programming UNPAS” ini berfokus pada dunia programmer begitupun dengan konten-konten didalamnya yang berisi tentang web design, web programming, programming tips dan vlog seperti yang tertera pada bener. Karenanya penting untuk memasang banner pada channel youtube yang kalian miliki.

Cara Mudah Membuat Banner Sampul Channel Youtube Menggunakan Canva

Pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat banner dengan mudah menggunakan template banner yang ada di canva.

Langkah-langkah Cara Membuat Banner Sampul Channel Youtube Menggunakan Canva

1. Masuk ke aplikasi canva atau kalian dapat mengaksesnya secara online di canva.com
2. Pada bagian “Mari coba desain” scroll ke samping untuk mencari pilihan “banner youtube”. Kalian juga bisa membuat thumbnail youtube di canva ini looh.


3. Pilih template banner sesuai dengan tema youtube kalian. Jika kalian menggunakan canva secara gratis maka akan ada beberapa template banner yang tidak dapat diakses. Disini mimin mengambil contoh template untuk youtuber gaming


4. Sesuaikan nama dan foto dengan youtube kalian. untuk mengubah nama klik 2x pada teks. Jika ingin mengganti foto kalian perlu terlebih dahulu mengunggah foto ke aplikasi canva. Pilih menu “unggahan” lalu “unggah file”


5. Setelah itu klik dan tahan pada foto yang akan kalian gunakan arahkan tepat pada foto yang ada di template maka foto akan langsung terganti dengan ukuran yang menyesuaikan dengan foto template sebelumnya.


6. Kalian juga dapat mengubah warna dari komponen yang ada pada template. Dengan cara klik pada komponen yang ingin diubah warnanya lalu klik kotak warna pada bagian atas, lalu pilih warna yang kalian inginkan.


7. Jika sudah simpan gambar dengan cara klik “bagikan” lalu “unduh”


Nah itu dia tutorial membuat banner di canva, gimana cukup mudah bukan? Menurut mimin cara ini sangat efektif karena template yang disediakan oleh canva banyak dan menarik, jika kalian takut banner kalian akan sama dengan orang lain, kalian bisa saja memodifikasi template yang kalian pilih dengan cara mengubah warna, teks ataupun bentuk dari template banner yang ada.

Jadi segitu dulu yaa untuk tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Next artikel mimin akan bagikan tutorial-tutorial bermanfaat lainnya, jangan lupa untuk terus mengunjungi website Glozaria yaa.

Kelas Desain

Ingin mahir ngedesain untuk keperluan konten dan kebutuhan digital lainnya? Ada kelas nih dengan fitur yang banyak dan materi yang bisa diakses lifetime. Langsung cek saja di link berikut.




Ada kendala??? Tidak perlu ragu kontak ke 0853 2177 0878 (WA & Telegram)

Terimakasih sudah membaca. Bye bye...

Penulis : Nita Ayu
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama