Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G Tanpa ke Grapari

4G LTE - Perkembangan teknologi sangat cepat. Dari jaringan 3G kini beralih ke jaringan 4G dengan kecepatan upload dan download yang lebih baik. Sehingga di banyak gerai HP banyak dijumpai kartu upgrade 4G telkomsel. Kartu upgrade 4G telkomsel berfungsi untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G dengan nomor telkomsel yang sama dengan kartu SIM lama. tentu ini solusi buat anda yang tidak ingin ganti nomor tapi ingin beralih ke 4G.

Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G Tanpa ke Grapari


Jaringan 4G LTE Telkomsel/Ilustrasi:telkomsel.com
Untuk beralih ke jaringan 4G Telkomsel juga cukup mudah. Anda tidak perlu pergi ke grapari untuk melakukannya. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mudah dan cepat.

Untuk upgrade kartu SIM Telkomsel ke 4G, berikut hal-hal yang perlu disiapkan terlebih dulu.
1. Beli kartu upgrade 4G di Konter/gerai HP terdekat
2. Registrasi Kartu Upgrade 4G
Untuk registrasi kartu upgrade 4G dengan cara yang serupa dengan kartu SIM telkomsel pada umumnya. Kirim SMS dengan format:

REG<spasi>NIK#No. KK# kirim ke 4444
Contoh: REG 123456789#91234567890#

Tunggu SMS bahwa kartu SIM sudah berhasil didaftarkan.


Setelah kartu upgrade 4G terregistrasi, proses migrasi jaringan 3G ke 4G sudah bisa anda mulai. Adapun langkah-langkah selengkapnya sebagai berikut.

1. Mendapatkan token/PIN pada kartu SIM lama
Dari kartu SIM lama hubungi *888*46#. Untuk memulai migrasi ikuti langkah-langkah berikut.
a. Pilih 1. Langkah 1 (kartu lama)
b. Pilih 1. Lanjut / Ya
c. Tunggu permintaan sedang diproses.
d. Catat PIN 4G yang dikirimkan melalui SMS. PIN berlaku selama 15 menit. Sehingga anda perlu segera melanjutkan proses migrasi dengan PIN tersebut.

Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G Tanpa ke Grapari 2. Memasukkan PIN 4G ke kartu upgrade 4G
Pasang kartu upgrade 4G yang sudah didaftarkan. Hubungi *888*46#. Untuk melanjutkan migrasi ikuti langkah-langkah berikut.
a. Pilih 2. Langkah 2 (kartu upgrade 4G)
b. Masukkan PIN 4G anda. Perhatikan huruf besar dan kecil yang terdapat pada PIN dengan baik.
c. Pilih 1. Ya, Lanjut jika PIN 4G yang dimasukkan sudah benar untuk memverifikasi PIN 4G.
d. Tunggu SMS konfirmasi dalam waktu 15 menit. Jika dalam waktu 15 menit anda belum terima SMS konfirmasi maka coba mulai ulang (restart) HP anda.

Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G Tanpa ke Grapari Nah jika SMS tidak kunjung masuk dalam waktu 15 menit maka sebaiknya anda restart HP anda. Tidak lama setelah itu anda akan melihat SMS konfirmasi masuk ke inbox.

3. Ubah pengaturan jaringan HP ke 4G
Untuk HP android lakukan langkah-langkah berikut.
1. Klik menu pengaturan (setting)
2. Klik jaringan seluler (Mobile Networks)
3. Klik Mode jaringan (Network Mode) lalu ubah ke LTE.

Sedangkan untuk HP IOS langkah-langkahnya seperti berikut.
1. Klik menu pengaturan (setting)
2. Klik seluler (Celullar)
3. Klik Voice & Data lalu pilih LTE.

Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G Tanpa ke Grapari Jika anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka jaringan 4G akan muncul di HP anda. Tentu hanya bisa apabila daerah anda sudah mendukung jaringan 4G. Informasi ini juga dapat ditemukan langsung di halaman resmi telkomsel melalui link ini.

Kekurangan Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G Tanpa ke Grapari

Ada kekurangan melakukan upgrade sendiri Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G ini yaitu nomor ganda. Nomor anda yang terdaftar di telkomsel menjadi double (dua) yaitu nomor kartu upgrade 4G sebelum di upgrade dan nomor lama yang sudah diupgrade. Padahal terang anda tidak membutuhkan nomor baru dari kartu upgrade 4G tersebut bukan?.

Sedangkan sejak pemberlakuan registrasi pelanggan menggunakan NIK maka setiap pelanggan hanya dibatasi 3 nomor telkomsel saja. Jika anda merasa bermasalah dengan ini ada baiknya jika anda langsung ke grapari untuk melakukan perubahan data. Jika anda ingin cek data registrasi pelanggan Prabayar, anda bisa cek link ini. Anda akan melihat 3 daftar nomor yang terdaftar atas NIK anda.

Terima kasih sudah membaca artikel berjudul Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G Tanpa ke Grapari. Sampai ketemu lagi di artikel menarik lainnya.


Baca juga:
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Belum ada Komentar untuk "Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke Jaringan 4G Tanpa ke Grapari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel