Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Translate Gambar, Percakapan Dan Tulisan Tangan Di HP Dengan Google Translate

Share :
Cara Mudah Translate Gambar, Percakapan Dan Tulisan Tangan Di HP Dengan Google Translate

Halo semua!! Gimana harinya? Semoga dipenuhi dengan keberuntungan. Pasti kalian pernah diberi tugas men-transtlate dari guru yang dimana tugasnya itu menerjemahkan sebuah kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain, gimana ribetkan? Apalagi kalau disuruh untuk merangkum buku yang berbahasa asing, pasti bener bener ribet ketik ini dan itu.

Nah semakin canggihnya teknologi kita semakin dimudahkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kita kini tidak perlu risau dengan tugas Translate yang segunung banyaknya dengan aplikasi Google Translate, semua menjadi mudah. Apalagi fiturnya yang mendukung pengidentifikasian gambar, suara, tulisan dan sebagainya. Aplikasi Google translate merupakan aplikasi bawaan dari google yang mendukung banyak bahasa dalam proses translatenya. Aplikasinya pun tergolong sangat user friendly dan memiliki interface yang menarik.


Cara Translate Gambar Dengan Google Translate Di HP 

Kali ini mimin akan membagikan cara mudah mentranslate gambar, percakapan dan tulisan tangan dengan Google Translate. Siapkan Hp kamu yak!

1. Download aplikasi google Translate di playstore atau app store dan buka aplikasinya.
2. Pilih bahasa yang akan dideteksi misalnya bahasa inggris. Pilih bahasa yang dituju misalnya bahasa Indonesia.
3. Klik menu “Kamera”. Nah fitur translate menggunakan kamera ada 3 cara yakni :
  • Menggunakan kamera pendeteksi
  • menggunakan pemindaian, dan
  • Menggunakan gambar dari Galeri
Untuk pemindaian dan mengambil gambar dari galeri agak sama. Jadi mimin pilih untuk jelaskan cara menggunakan kamera langsung dan menggunakan gambar dari galeri.
 
a. Menggunakan Kamera Pendeteksi
Arahkan kamera ke objek yang ingin di-translate dan akan muncul  arti dari bahasa tersebut. Perhatikan gambar cara translate dengan menggunakan kamera langsung ini.



Sambil mengarahkan kamera, mimin mengetikkan kata “ Itu Pohon Apel”. Google translate pun akan mulai menerjemahkannya gaess.

b. Mengambil Gambar Dari Galeri 
Caranya cukup mudah, klik Ikon Kamera 👉 klik Import. Silahkan pilih gambar yang akan di-translate. Selanjutnya google translate akan mendeteksi kata, setelah terdeteksi pilih/arsir bagian yang ingin ditranslate. Contohnya seperti tampak pada gambar berikut.



Cara Translate Percakapan Dengan Google Translate Di HP

Ini berguna banget bagi kalian yang pengen keluar negeri tapi tak ngerti bahasa mereka. Berbekal google translate kalian dapat menjelajahi dunia. Cara menggunakan google translate percakapan adalah dengan menekan menu percakapan dan sistem kerjanya seperti google voice, suara yang masuk akan di-translate. 


 

Cara Translate Tulisan Dengan Google Translate Di HP

Ini nih buat para maket (malas ketik), kalian bisa menggunakan fitur tulisan tangan yang nantinya tulisan tangan kamu  dapat dideteksi oleh google translate ini. Adapun caranya : kalian tinggal menekan menu “pulpen” dan akan muncul workspace. Disanalah nantinya anda menuliskan apa yang anda ingin translate. Jangan khawatir jika tulisan tanganmu jelek karena google akan menyesuaikan huruf yang kemungkinan sama . Walaupun nantinya hasil tak sesuai dengan permintaan, kalian masih bisa mengedit huruf-hurufnya.



Wahh semakin kagum dengan fitur-fitur lain dari google translate ini. BTW kalian jangan khawatir jika kalimat yang sudah kalian translate akan hilang karena google otomatis menyimpan kalimat-kalimat yang sudah anda translate. Google translate juga menyediakan definisi dan kata yang kalian translate terdiri dari nomina dan verba. Kalian juga bisa menggunakan berbagai fitur saat offline tentunya. Jadi jangan khawatir jika kalian kehabisan paket internet dan ingin mengerjakan tugas.

Recommended aplikasi translate dapat dibilang 1 (satu) aplikasi berjuta manfaat. Aplikasi yang wajib ada di HP para siswa dan mahasiswa dan tentunya aplikasi ini nggak banyak memakai memori penyimpanan.

Baiklah sekian sesi mengenai google translate, semoga bermanfaat dan kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. See u next article, bye.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Cara Mudah Translate Gambar, Percakapan Dan Tulisan Tangan Di HP Dengan Google Translate"