Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Tips Membeli Mifi 4G Terbaik Sesuai Kebutuhan, Bisa Dapat Paket Data Gratis Tiap Bulan

Share :
Bisa Dapat Paket Data Gratis Tiap Bulan ! Baca 9 Tips Membeli Mifi 4G Terbaik Sesuai Kebutuhan
Salah satu perangkat Mifi / Foto : Glozaria
Glozaria - Kemajuan teknologi di berbagai bidang membuat setiap orang dapat mengakses internet dengan mudah, dimanapun dan kapanpun itu. Kalau dulu wifi hanya dapat digunakan di satu tempat dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Sekarang ini, dengan adanya mobile wifi atau mini wifi siapapun dapat mengakses wifi dimanapun dan kapanpun.

MiFi sebenarnya adalah sebuah nama yang diberikan kepada perangkat wireless router yang berperan sebagai WiFi Hotspot. Kepanjangan dari Mifi adalah Mobile Wifi, sesuai dengan namanya kita dapat menggunakannya secara mobile.  Harga dari MiFi pun relatif terjangkau, sehingga siapapun dapat mendapatkannya dan menikmati layanan Mobile Wifi.


9 Tips Membeli Mifi 4G Terbaik yang Sesuai Kebutuhan

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli Mifi, Glozaria punya tips untuk memilih MiFi loh! Apa saja tips tersebut ? Langsung saja simak beberapa tips berikut!

1. Cek Frekuensi Jaringan
Tiap Mobile Wifi pastinya memiliki frekuensi jaringan yang berbeda-beda. Tips pertama, cek terlebih dahulu frekuensi dari jaringan MiFi yang akan dibeli. Pastikan  frekuensi jaringan MiFi mendukung seluruh frekuensi jaringan provider di Indonesia. Beberapa frekuensi jaringan 4G LTE yang ada di Indonesia, yaitu :
  1. FDD 1800 MHz untuk provider Tekomsel, XL, Axis, 3, dan Indosat
  2. FDD 850 MHz untuk provider Smartfren
  3. TDD 2300 MHz untuk provider Bolt dan Smartfren
Dengan daftar frekuensi yang sudah ada di atas, Anda dapat mencatat dan mengingatnya atau bahkan membuka kembali artikel ini untuk mengecek spesifikasi dari MiFi yang akan dibeli. Jadi, nanti tinggal cek ulang saja jaringan/band dan frekuensi

Misalnya terdapat spesifikasi 4G Band : FDD 850/1800 & TDD 2300 MHhz, artinya MiFi tersebut mendukung semua provider di Indonesia. Oh ya jangan lupa juga untuk pilih jaringan mifi yang versi Unlock, artinya sudah dapat digunakan untuk semua provider seluler. 

2. Pilihlah Kapasitas Baterai Besar & Fitur Byepass
Tips memilih mifi berikutnya pilih mobile wifi yang memiliki kapasitas baterai besar sehingga tidak terlalu khawatir jika di bawa pergi ke tempat yang tidak tersedia aliran listrik. 
Selain kapasitas baterai besar, pilihlah MiFi yang daya pengisian baterainya mendukung byepass. Artinya MiFi dapat digunakan tanpa harus dipasang baterai.  Jadi, walaupun baterainya nanti dilepas, MiFi tetap dapat bekerja dengan baik saat digunakan dengan daya langsung dari charger.

Baca juga :

3. Teliti Merek Dan Serinya
Perangkat elektronik seperti MiFi yang mempunyai merek dan seri bermacam-macam. Untuk itu, sebagai pembeli kita tidak boleh asal beli begitu saja. Kita harus memperhatikan merek dan serinya. Karena tiap merk dan seri mendukung jaringan frekuensi yang berbeda. Salah satu seri angka saja akan memiliki spesifikasi frekuensi yang berbeda. Jadi, harus teliti dalam memperhatikan merek dan seri mifi yang akan dibeli!

4. Perhatikan Chipset Yang Digunakan
Chipset pada Mifi akan mempengaruhi kecepatan WiFi yang dipancarkan. Kualitas tiap chipset pada mifi pastinya juga berbeda-beda. Contohnya mifi dengan chipset Qualcomm 9200 kecepatannya mencapai 300 Mbps. Sedangkan di indonesia chipset yang digunakan baru mendukung kecepatan dari 100-150 Mbps saja. Maka, perlu diperhatikan lagi diperhatikan chipset apa yang digunakan.

5. Perhatikan Fitur Yang Ditawarkan
Apabila kita membeli sebuah perangkat elektronik, kita terarik dengan fitur-fitur canggih dan terbarunya. Sama halnya dengan membeli Mifi, kita juga harus memperhatikan fitur yang ditawarkan. Fiturnya seperti, slot antena eksternal, slot microSD, fitur lock 4G LTE Only, SMS, USSD, maupun fitur dashboard manajemen. Pilih mifi dengan fitur yang sesuai kebutuhan Anda!

6. Jumlah Pengguna Maksimal
Jumlah pengguna Mifi akan berpengaruh pada kecepatan dan kelancaran koneksi. Bila digunakan sendiri itu tidak apa, namun jika digunakan banyak orang maka perlu diperhatikan berapa jumlah pengguna maksimalnya. 

Baca juga :

7. Perhatikan Garansi
Tips memilih Mifi penting lainya adalah perlu memperhatikan masalah garansi. Sebagai pembeli, pasti menginginkan kualitas dan jaminan yang bagus bagi barang yang akan dibelinya. Apalagi ini barang elektronik yang biasanya terdapat pemalsuan barang atau bisa terjadi masalah kerusakan yang tidak disangka-sangka. Untuk itu, penting bagi kita memperhatikan jaminan garansi dari produk tersebut. 

8. Sesuaikan Budget
Harga mifi tentunya bervariatif, dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Selain itu, banyak perbedaan dari tiap merek mifi. Jadi, jangan terpaku dengan satu merek mifi saja. Tetapi, pilihlah merek dengan harga yang sesuai budget kantong Anda!

Kok cuma sampai 8 tips saja? lanjutin bacanya yah 👇

Cara Mendapatkan Paket Data Gratis Tiap Bulan Dengan Mifi

Selain 8 tips di atas, ada satu lagi tips yang dijamin jadi pengen memiliki sebuah Mifi. Tips kesembilan adalah dengan membeli Mifi paket Bundling. Beberapa Mifi sudah dibundling dengan kartu SIM / SIMCard. Yah tentu saja harganya akan lebih di atas dibandingkan hanya beli Mifi-nya saja. Namun ada keuntungan yang akan kalian dapatkan.

Keuntungan beli Mifi paket bundling adalah kalian akan mendapatkan kuota gratis selama beberapa bulan. Misalkan paket bundling telkomsel dengan total kuota 14 GB. Selama 2 bulan kalian akan dapat kuota 7 GB dengan harga Rp. 0 (Gratis). Sesuai informasi di paket pembelian dan ini masuk di dalam paket Mifi Main (Mifi Utama).  

Apakah kuota gratis di atas hanya berlaku selama 2 bulan? Ternyata tidak, Seperti Glozaria yang selalu dapat gratis paket data 7GB per bulan. Ini sudah berjalan selama sekitar 2 tahun. Paket data gratis ini akan aktif secara otomatis pada tanggal tertentu. Pemberitahuan akan masuk ketika paket data aktif atau perlu diaktifkan melalui SMS atau cek di aplikasi. Dari posisi tidak aktif (bukan habis sebelum masanya), paket data akan aktif lagi setelah 2 - 3 hari.

Baca juga :

Jika kuota gratis non aktif pada tanggal 25 maka akan aktif lagi otomatis sekitar tanggal 28. Pada saat masa berlaku paket data habis di tanggal 25, kalian bisa mengaktifkan secara manual jika tidak ingin menunggu. Beli saja dengan harga Rp. 0,- paket Mifi Main lewat aplikasi. Tapi kalian tidak dapat mengaktifkan paket Mifi Main jika kuota habis sebelum waktu masa non aktifnya. Selama kalian menggunakan kartu SIM ini, maka kalian akan selalu mendapatkan paket data gratis tiap bulan.

Bagaimana, apakah kalian tertarik memiliki sebuah perangkat MiFi ?

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "9 Tips Membeli Mifi 4G Terbaik Sesuai Kebutuhan, Bisa Dapat Paket Data Gratis Tiap Bulan"