Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Darurat Remote Rusak ! Ini Cara Mengatasinya Tanpa Perlu Ke Tempat Service Dengan Cepat

Share :
Darurat, Remote Rusak ! Ini Cara Mengatasinya Tanpa Perlu Ke Tempat Service Dengan Cepat

Glozaria - Salah satu bagian penting dari suatu perangkat adalah Remote. Barang-barang elektronik seperti TV, DVD, AC, Mobil & Motor Mainan, hingga drone membutuhkan controller berupa remote.

Anda benar-benar harus merawat perangkat remote ini dengan baik. Jika tidak ingin membuang-buang waktu dan biaya untuk memperbaikinya. Tanpa remote, alat-alat eletronik seperti di atas tidak bisa berfungsi dengan baik.

Dari jenis remote atau remote control, jenis yang banyak digunakan adalah Remote IR. Remote IR merupakan remote yang bekerja menggunakan infra merah sebagai penghantar kode ke receiver. Selain Remote, Infra merah juga disematkan di handphone (HP).

Darurat, Remote Rusak ! Ini Cara Mengatasinya Tanpa Perlu Ke Tempat Service Dengan Cepat
HP dan Remote Memiliki Infrared/Gambar : Glozaria
Sinar Infra merah di HP buat apa? Nah sinar inilah yang akan dimanfaatkan salah satunya sebagai remote control. Ya, jadi HP anda bisa digunakan sebagai Remote IR. Untuk melakukannya tentu anda perlu memasangkan/menyandingkan HP dengan perangkat lain seperti TV dan Top Box. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus ulasannya berikut ini.

Darurat, Remote Rusak ! Ini Cara Mengatasinya Tanpa Perlu Ke Tempat Service Dengan Cepat

Untuk mengatasi remote yang rusak, anda dapat menggunakan aplikasi Mi Remote. Mi Remote mendukung banyak perangkat seperti TV, STB, AC, kipas, smart box, penerima A/V, pemutar DVD, projektor, Mi TV/Mi Box, dan Kamera. Penggunaan aplikasi ini mengharuskan:
  • HP anda mendukung infra merah (infrared)
  • HP anda menggunakan versi android 5.0 atau lebih.
Pastikan kedua hal di atas terpenuhi untuk menghindari kegagalan fungsi aplikasi Mi Remote atau masalah tidak cocok/kompatibel.

Mengubah HP Menjadi Remote TV

1. Instal aplikasi Mi Remote. Untuk pengguna Google Play Store bisa coba ikuti tautan ini.
2. Buka aplikasi Mi Remote. Klik tombol plus (+) untuk mulai menambahkan perangkat. Nah, pastikan anda masih terhubung dengan koneksi internet. Penyandingan tidak dapat dilakukan jika HP tidak terhubung ke jaringan internet.


3. Pilih opsi TV 👉 Pilih merek TV yang digunakan baik dengan mencari pada pilihan Merek Populer atau dengan membuka pilihan semua merek TV. Misalkan di sini saya memilih merek LG.


4. Ikuti semua intruksi yang muncul. Pertama, Apakah TV hidup? Jika iya, pilih Hidup, begitu sebaliknya. Saat saya melakukan ini, TV dalam kondisi menyala. Anda bisa menyesuaikan jika TV anda masih tidak menyala.


5. Berikutnya, arahkan HP ke TV layaknya sebuah remote dengan posisi infrared menghadap TV. Infrared biasanya berada di bagian atas HP.
6. Ketuk tombol yang diperlihatkan. Di sini ketuk tombol Vol+Apakah Volume naik? Jika tidak, pilih opsi Tidak, begitu sebaliknya. Jika tidak, maka lanjut ke percobaan tombol berikutnya, ketuk kembali tombol Vol+. Anda akan mendapatkan 7 kali kesempatan untuk mencobanya.

7. Jika setelah klik tombol Vol+, muncul menu Volume di TV dan artinya TV merespon, maka pada saat ditanya Apakah volume naik?. Anda jawab dengan Ya.
8. Sesuaikan nama perangkat dan anda dapat menambahkan tombol pintasan (shotcut) supaya lebih mudah mengakses remote TV ini.


9. Klik tombol Berhasil dipasangkan. HP anda telah berhasil dipasangkan sebagai remote untuk TV.

Remote TV dengan HP

Baca Juga :

Mengubah HP Menjadi Remote Top Box (STB TV, dll)

Darurat, Remote Rusak ! Ini Cara Mengatasinya Tanpa Perlu Ke Tempat Service Dengan Cepat

1. Instal aplikasi Mi Remote. Untuk pengguna Google Play Store bisa coba ikuti tautan ini.
2. Buka aplikasi Mi Remote. Klik tombol plus (+) untuk mulai menambahkan perangkat. Nah, pastikan anda masih terhubung dengan koneksi internet. Penyandingan tidak dapat dilakukan jika HP tidak terhubung ke jaringan internet.

3. Pilih opsi Set-top box 👉 Pilih merek Top Box yang digunakan baik dengan mencari pada daftar pilihan merek yang tersedia. Misalkan di sini saya memilih merek Samsung. Buat anda pengguna receiver Indovision, jangan pilih Indovision ya, karena akan gagal kecuali Indovision adalah Merk dari receiver anda. Di sini saya menggunakan receiver indovision dengan merk Samsung.


4. Ikuti semua intruksi yang muncul. Arahkan HP ke Top Box layaknya sebuah remote dengan posisi infrared menghadap Top Box. Infrared biasanya berada di bagian atas HP.
6. Ketuk tombol yang diperlihatkan. Di sini ketuk tombol Daya. Apakah perangkat dihidupkan/dimatikan? Jika Top Box merespon dalam arti jika perangkat mati menjadi menyala dan sebaliknya perangkat menyala menjadi mati maka anda pilih Ya. Sebaliknya jika perangkat Top Box tidak merespon maka pilih Tidak. Jika anda memilih opsi Tidak, maka lanjut ke percobaan berikutnya, ketuk kembali tombol Daya. Ulangi terus hingga Top Box merespon. Anda akan mendapatkan maksimal 66 kali kesempatan untuk mencobanya. Pada percobaan yang saya lakukan, perangkat berhasil merespon pada percobaan ke-13 dari 66 kali percobaan yang disediakan.


7. Jika setelah klik tombol Daya, Top Box merespon maka pilih opsi Ya.
8. Sesuaikan nama perangkat dan anda dapat menambahkan tombol pintasan (shotcut) supaya lebih mudah mengakses remote TV ini.


9. Klik tombol Berhasil dipasangkan. HP anda telah berhasil dipasangkan sebagai remote untuk Top Box (STB TV, dll). Remote berfungsi dengan baik pada jarak kurang dari 10 meter.

Sedikit tips, jika anda sudah melakukan hingga 66 kali percobaan pertama dan gagal maka ulangi lagi dari awal. Pastikan koneksi internet stabil.

Anda tidak membutuhkan koneksi internet lagi saat menggunakan HP yang sudah disandingkan sebagai Remote. Koneksi antara HP dengan TV/Top Box dilakukan menggunakan infrared seperti remote umumnya. Selama sinar infra merah dapat diterima oleh perangkat penerima dan berada pada jarak kurang dari 10 meter (Top Box) maka HP dapat berfungsi dengan baik sebagai remote.

Baca Juga :

Perangkat Tidak Dapat Dipasangkan

Bagaimana jika perangkat gagal dipasangkan? Kesalahan ini mungkin terjadi salah satunya karena anda memasukkan merek yang salah. Cek kembali merek perangkat dengan benar.

Anda akan melihat halaman untuk memasukkan model perangkat. Cek Model Perangkat di bodi perangkat, catat dan masukkan, kemudian klik Kirim. Anda harus menunggu hingga aplikasi diperbarui untuk dapat mengeceknya lagi.

Menghapus Perangkat Yang Sudah Dipasangkan

Kalau anda sudah pernah memasangkan perangkat, anda akan melihat daftar perangkat yang dapat anda kendalikan dengan remote HP anda.


Anda dapat menghapus perangkat tertentu dari daftar tersebut dengan sangat mudah seperti berikut.
1. Pada daftar, pilih dan tahan pada perangkat yang akan dihapus. Misalkan Samsung top box.
2. Pilih Hapus dari daftar pilihan.


3. Konfirmasi dengan klik Hapus.

Selesai.



Untuk perangkat lain seperti AC belum pernah dicoba. Namun contoh di atas cukup memberikan gambar penggunaan Aplikasi Mi Remote untuk mengubah HP menjadi Remote dengan memanfaatkan fitur Infrared.

Untuk sementara waktu anda dapat memanfaatkan Aplikasi Mi Remote sebagi remote perangkat anda. Namun, remote yang rusak tetap perlu anda perbaiki atau konsultasikan dengan penyedia remote tersebut. Siapa tahu anda beruntung, karena ada penggantian remote yang baru.

Demikian cara mengatasi Remote yang tiba-tiba rusak dengan cepat. Share jika info ini bermanfaat.

Belum ada komentar untuk "Darurat Remote Rusak ! Ini Cara Mengatasinya Tanpa Perlu Ke Tempat Service Dengan Cepat"