Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu NFC dan Kegunaannya, Ini Daftar 5 HP Dengan NFC

Share :
Apa Itu NFC dan Kegunaannya, Ini Daftar HP Dengan NFC
Gambar : atlasRFIDstore
Glozaria.com - Jika kalian membeli smartphone jenis terbaru belakangan ini, kemungkinan besar smartphone tersebut dilengkapi dengan fitur yang disebut NFC. Meskipun tidak terlalu baru, teknologi NFC belum digunakan secara luas di seluruh dunia dan masih dalam fase pertumbuhan. Tapi, apa artinya nfc, dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas hal ini bersama-sama, menjelaskan cara menggunakan NFC, dan apa yang dapat kita lakukan dengan NFC di ponsel Android, atau smart watch kalian.

Baca Juga :

Apa Itu NFC dan Kegunaannya, Ini Daftar 5 HP Dengan NFC 

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Pada dasarnya, NFC merupakan sebuah teknologi dimana smartphone kalian berinteraksi dengan sesuatu benda atau alat secara berdekatan. NFC dapat digunakan di radius sekitar 4 cm serta menyediakan koneksi wireless antara perangkat yang satu dengan perangkat lainnya. Hal ini memungkinkan komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat dapat mengirim dan menerima informasi. Pada dasarnya, koneksi NFC tidak bergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE, ataupun yang lainnya, dan tidak ada biaya yang harus dipikirkan lainnya.

Gambar : Liputan6

Bagaimana kita tahu di smartphone kita ada NFC nya?

Sangat sederhana. Cukup buka Pengaturan 👉 Lainnya atau Pengaturan 👉 Wireless & Jaringan dan lihat apakah ada opsi NFC di sana. Sebagian besar smartphone yang memiliki NFC juga memasang logo NFC kecil di panel belakangnya.

Bagaimana cara NFC bekerja pada Android?

NFC mengirimkan atau menerima data melalui gelombang radio. Teknologi ini adalah standar komunikasi wireless yang ditetapkan, jadi jika perangkat tetap berpegang pada protokol NFC, mereka akan dapat berkomunikasi satu sama lain. Ini berbeda dari Bluetooth karena berfungsi melalui induksi elektromagnetik. Artinya, mungkin ada perangkat pasif, seperti poster atau stiker, yang tidak memerlukan sumber daya sendiri yang dapat mengirimkan data saat perangkat aktif, seperti smartphone kalian yang bersentuhan dengan alat tersebut.

Smartphone dapat menjadi perangkat aktif yang menggunakan NFC apabila dapat melakukan tiga mode:
  • Reader/writer (untuk membaca tag di tulisan NFC)
  • Card emulation (untuk melakukan pembayaran)
  • Peer-to-peer (untuk transfer file)
Komunikasi NFC terjadi melalui udara, dan tidak ada perlindungan nyata terhadap hacking dan apa yang sering disebut sebagai serangan man-in-the-middle. Namun, karena jarak yang sangat dekat yang diperlukan agar NFC dapat berfungsi, kerentanan ini bukanlah masalah besar. Lagi pula, pencuri harus berada dalam jarak beberapa sentimeter dari perangkat untuk menelusuri data kalian melalui NFC. Jika kalian menggunakan Google Pay, yakinlah bahwa nomor kartu kredit kalian tidak pernah dikirim. Sebaliknya, nomor rekening digital individu digunakan untuk mengidentifikasi detail pembayaran yang kalian lakukan.

Apa Itu NFC dan Kegunaannya, Ini Daftar HP Dengan NFC
Gambar : Thermolabo
NFC memberikan suatu solusi yang tepat dan terbaik dalam rangka mengatur koneksi antar perangkat elektronik. NFC juga memberikan solusi tercepat untuk transfer file antar perangkat dalam jarak dekat. NFC sangat bagus saat kalian kehabisan pulsa, kehabisan data, tidak memiliki Wi-Fi atau sinyal operator, atau tidak memiliki kabel untuk melakukan transfer PC. Cepat, mudah, dan menyatukan dua perangkat itu menyenangkan. NFC sudah masif digunakan di kota-kota besar seperti Jakarta. Hal ini biasanya digunakan dalam pembayaran KRL, Tol, dan sebagainya.

Baca Juga :

Berikut akan kami berikan beberapa daftar HP yang menggunakan teknologi NFC:

1. Samsung Galaxy S20 and S20 Plus
S20 dan S20 Plus masing-masing menghadirkan opsi yang sangat bertenaga, smartphone super mahal yang benar-benar menentukan lanskap andalan di tahun 2020.

2. Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G
Perlu diketahui bahwa baik Note 20 dan Note 20 Ultra memiliki chip NFC, dan keduanya memiliki S Pen, yang memiliki lebih banyak hal unik daripada sebelumnya. Tapi meski Note 20 Ultra sangat mahal memiliki spesifikasi teratas yang akan tetap bagus selama beberapa generasi, termasuk prosesor Snapdragon 865 Plus tercepat (atau Exynos 990).

3. OnePlus 8 Pro
OnePlus 8 Pro mengemas chipset Snapdragon 865 terbaru bersama dengan RAM 12GB. Smartphone ini juga dilengkapi sensor sidik jari dalam layar, kamera depan pop-up, dan, tentu saja, chip NFC.

4. Google Pixel 4a and 4a 5G
Baik Pixel 4a dan 4a 5G mendapatkan pembaruan yang cepat dan langsung dari Google, menawarkan jack headphone, dan tentu saja NFC.

5. Redmi Note 9 Pro
Redmi Note 9 Pro dilengkapi chipset Snapdragon 720G yang mumpuni, dan RAM 4GB - 6GB juga tersedia. Note 9 Pro juga memiliki pemindai sidik jari yang dipasang di samping dan dapat menangani dua kartu SIM pada saat yang bersamaan.

Penulis : Rizal Andy
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Apa Itu NFC dan Kegunaannya, Ini Daftar 5 HP Dengan NFC "