Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perlu Tahu Daftar 4 Jenis Chipset yang Dipakai HP Terbaru

Share :
Perlu Tahu Daftar Jenis Chipset yang Dipakai HP Terbaru
Gambar : XDA Developers

Glozaria.com - Seperti halnya otak dalam menangani hampir semua pekerjaan di tubuh kita. Dengan cara yang sama, prosesor di smartphone bekerja paling banyak di perangkat seluler manapun. Kapanpun kita membutuhkan sesuatu, smartphone akan mempersiapkan prosesor sehingga sekarang perangkat tau, harus melakukan pekerjaan ini. Misalnya, jika kalian menjalankan aplikasi di smartphone kalian, sebagian besar fungsinya dikontrol oleh prosesor.

Baca Juga :

Saat membeli smartphone, terutama yang mahal, kalian mungkin memiliki banyak pertanyaan. Layar mana yang lebih baik? Berapa RAM yang optimal? Bagaimana cara memilih smartphone dengan prosesor yang kuat? 

Gambar : Gadgetren
Prosesor merupakan komponen utama dari smartphone, yang membantu dalam menentukan kecepatan kinerja. Oleh karena itu, sangat penting dalam memilih smartphone untuk memilih smartphone dengan kecepatan tinggi. Tapi apa yang membuat prosesor smartphone lebih cepat dari yang lain?

Perlu Tahu Daftar 4 Jenis Chipset yang Dipakai HP Terbaru

Frekuensi clock dan beberapa core bukan menjadi aspek utama sebagai bahan penilaian. Untuk mempermudah kalian, Glozaria telah menyusun daftar Prosesor Smartphone Terbaik tahun 2020 yang dipakai oleh hp terbaru yang muncul beberapa waktu lalu.

Apple A13 Bionic

Menurut laporan Geekbench, prosesor mobile terbaik adalah Apple A13 Bionic pada tahun 2020. Prosesor ini digunakan pada seri Apple iPhone 11 dan iPhone SE 2020. Apple A13 Bionic adalah sistem berbasis ARM 64-bit pada sebuah chip, dirancang oleh Apple. Apple mengklaim bahwa A13 adalah platform Auto-learning mesin terbaik yang tersedia di semua smartphone sejauh ini. Perubahan utama dalam hal ini adalah akselerator khusus di CPU. Apple baru-baru ini meluncurkan generasi kedua dari iPhone SE yang terjangkau harganya. Dalam hal ini, Apple telah menggunakan chip A13 Bionic yang sama dengan seri iPhone 11 yang diluncurkan tahun lalu.

Jantung dari smartphone Seri iPhone 11, yaitu chip A13 Bionic yang paling kuat, menurut perusahaan tersebut setidaknya dua tahun di depan smartphone Android lainnya dalam perlombaan untuk prosesor cepat. Selama beberapa tahun terakhir, chip Apple telah bersaing dengan sendirinya dalam hal prosesor cepat di ponsel. Chipset Apple A12 yang diluncurkan tahun lalu mengungguli Snapdragon 855 dalam hal kinerja.

Qualcomm Snapdragon 865 dan 865 Plus

Qualcomm meluncurkan prosesor Snapdragon 865 pada Desember tahun 2019 lalu. Sekarang, di 2020 ini perusahaan telah meluncurkan Snapdragon 865 Plus SoC. Prosesor ini akan digunakan di smartphone yang diluncurkan pada paruh kedua tahun 2020. Prosesor Snapdragon 865 saat ini digunakan di 140 perangkat. Qualcomm mengatakan bahwa prosesor baru tersebut akan memberikan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan Qualcomm Snapdragon 865, perusahaan telah mengklaim bahwa ini akan meningkatkan kinerja yang ada di mesin sebelumnya. Bersamaan dengan ini, 25% peningkatan grafik yang lebih baik akan tersedia karena prosesor baru ini.

Snapdragon 865 Plus akan terbukti sangat membantu meningkatkan pengalaman bermain game. Ini akan membantu membuat kinerja ponsel cerdas menjadi sangat mulus. Snapdragon 865 Plus memiliki GPU Adreno 650 untuk grafis yang kecepatannya 10 persen lebih tinggi dari sebelumnya. Kecepatan CPU-nya adalah dari 2.84GHz hingga 3.1GHz, yang diklaim sebagai kecepatan tercepat yang pernah ada.

Baca Juga :

Exynos 990

Gambar : lp2stm.or.id
Samsung telah meluncurkan prosesor 5G Exynos baru. Prosesor ini akan digunakan di smartphone kelas menengah. Artinya, konektivitas 5G juga akan tersedia di ponsel yang memiliki harga lebih terjangkau. Selain itu, Samsung juga memiliki prosesor Exynos 980 dan 990 yang digunakan pada ponsel andalannya. Menurut Samsung, ponsel yang dilengkapi prosesor ini akan mendukung FHD + atau 1080 piksel. Prosesor octa-core ini akan dipasangkan dengan RAM LPDDR4X. Perusahaan mengatakan bahwa ponsel yang dilengkapi dengan prosesor ini akan memberikan kinerja optimal dan masa pakai baterai yang lama.

Kirin 990

Pabrikan smartphone andalan Cina, Huawei meluncurkan prosesor SoC (System on Chip) Kirin 990 5G pertamanya di IFA 2019 di Berlin. Prosesor ini digunakan pada seri Huawei Mate 30. Pada IFA 2019, perusahaan telah meluncurkan prosesor andalannya ini dalam dua varian : Kirin 990 dan Kirin 990 5G. Desain kedua chipset ini sama. Namun, beberapa perubahan telah dilakukan pada fitur-fiturnya. Berbicara tentang prosesor Kirin 990 5G, telah diperkenalkan dengan node proses 7nm TSMC yang memanfaatkan EUV. Ini telah diperkenalkan dengan desain 7nm yang sama dengan Qualcomm Snapdragon 855.

Penulis : Rizal Andy
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Perlu Tahu Daftar 4 Jenis Chipset yang Dipakai HP Terbaru"