Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Trik Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai HP Xiaomi, Samsung, Vivo dan Semua Merk HP

Share :
Lama ! Ini 10 Trik Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai HP Xiaomi, Samsung, Vivo dan Semua Merk HP
Ilustrasi Pengisian Daya Baterai HP / Foto : Pexels
Glozaria - Pengecasan HP yang lambat seringkali menjadi masalah bagi kita semua. Entah itu disebabkan tegangan dari charger maupun masalah dari Handphone itu sendiri. Glozaria merasa bahwa sepertinya masalah tersebut sudah tak asing lagi bukan?

Berbagai cara pasti telah kalian lakukan untuk mengatasi permasalahan dalam men-charger HP tersebut. Bahkan, sampai terkadang menemukan cara–cara yang di luar dugaan, di luar nalar ataupun cara unik tersendiri.

Lama ! Ini Tips Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai HP Xiaomi, Samsung, Vivo dan Semua Merk HP

Sehubungan dengan hal itu, maka pada ulasan ini Glozaria akan memberikan beberapa tips untuk mempercepat pengecasan HP. Penasaran ? Apa saja sih tips yang dapat kalian lakukan untuk mempercepat pengisian daya smartphone ? Langsung saja yuk, mari kita bahas! 

Gunakan Charger HP Asli

Tips untuk mempercepat pengecasan HP yang pertama adalah gunakan charger HP asli! Jangan terlalu sering untuk meminjam charger dari teman Anda. Karena pada setiap charger HP memiliki tegangan daya yang berbeda-beda. Untuk itu, pakailah charger HP Asli karena tegangannya sudah disesuaikan dengan HP Anda. Tips ini sangat dianjurkan untuk dilakukan terutama bagi Anda yang memiliki HP baru.

Gunakan Charger Dengan Tegangan Yang Lebih Tinggi

Tips selanjutnya, gunakan charger yang memiliki tegangan lebih tinggi. Cara ini ampuh untuk mengatasi solusi pengisian daya cepat. Karena charger dengan arus 1 (satu) Ampere akan lebih lambat dibandingkan dengan charger berarus 2 (dua) Ampere. Tetapi, tetap perhatikan untuk menggunakan charger yang terpercaya atau ori! Sebab, charger yang tidak ori berpengaruh akan arus yang dihantarkan tidak sesuai dengan kenyataaan. Namun, disarankan untuk tips ini hanya digunakan saat urgent saja dan jangan dilakukan terlalu sering. Karena jika daya charger yang diterima tidak sesuai akan dapat merusak smartphone Anda.

Gunakan Fitur Fast Charging / Wireless Charging / Fast Wireless Charging

HP keluaran terbaru telah dibekali dengan fitur-fitur baterai yang mumpuni untuk mendukung pengoperasian HP secara maksimal. Fitur-fitur tersebut seperti fast charging, wireless charging, dan terbaru fast wireless charging. Kalian dapat mengecek kesesuaian fitur tersebut dengan HP kalian. Ketiga fitur tersebut mendukung kemampuan pengisian daya yang berbeda-beda. Untuk menggunakan fitur wireless charging misalnya, kalian perlu menghubungkan HP kalian dengan perangkat powerbank yang mendukung fitur ini. Dijamin baterai HP kalian cepat penuh!

Baca juga :

Gunakan Fitur Quick Charge

Selain fitur-fitur baterai yang telah disebutkan di atas, satu lagi adalah Quick charge dari Qualcomm. Fitur ini dapat memaksimalkan pengisian daya baterai hp dengan cara memasangkan HP dengan port USB berlabel Quick Charge menggunakan kabel data HP.


Aktifkan Airplane Mode (Mode Pesawat)

Mungkin sebagian orang sudah tahu dengan cara ini. Supaya daya handphone lebih cepat terisi, maka aktifkan airplane mode / mode pesawat saat sedang di charger. Mengapa perlu diaktifkan airplane mode? Alasannya karena bila smartphone masih dalam keadaan menyala, smartphone akan aktif untuk mencari sinyal dan aktivitas ini kan memakan daya baterai. Sehingga Anda sangat disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) saat handphone sedang dicharger.

Matikan Fitur Lokasi (GPS)

Pernahkah kalian berpikir untuk mematikan fitur lokasi / GPS saat mengisi daya baterai HP?. Menyalakan GPS saat pengisian daya dapat memakan daya baterai. Salah satu akibatnya adalah bisa meningkatkan suhu baterai. Sehingga percaya atau tidak menjadi pemicu meningkatnya kadar panas pada HP kalian.

Matikan Handphone

Solusi untuk mempercepat pengisian daya smartphone berikutnya adalah dengan mematikan handphone. Jadi, saat sedang mengecas handphone Anda perlu mematikannya terlebih dahulu. Hal ini sudah terbukti, alasannya karena saat smartphone menyala akan menghabiskan daya batreai walaupun sedikit. Tetapi, akan mempengaruhi kecepatan pengisian daya baterai. 

Matikan Data Selular & Wi-Fi

Kemudian, solusi selanjutnya untuk mempercepat pengisian daya yaitu dengan mematikan data selular atau Wi-FI. Mengapa ? Karena jika data selular atau Wi-Fi masih aktif akan timbul notifikasi-notifikasi dari aplikasi yang tersambung dengan internet. Sehingga akan memperlambat pengisian daya baterai.

Jauhkan Dari Tempat Yang Panas

Selain tips di atas, ternyata tempat saat mengisi daya handphone juga berpengaruh dalam kecepatan pengisian daya. Maka, Anda perlu memperhatikan tempat saat mengisi smartphone. Hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung atau tempat yang panas. Alasannya karena akan menghambat durasi dari pengisian daya smartphone.

Jangan Isi Daya Dengan USB Port 

Bagi Anda yang masih suka mengisi daya baterai dengan USB port komputer, laptop maupun notebook. Kalian harus menghentikan kebiasaan ini, karena akan berdampak pada pengisian daya dan juga berefek pada kinerja smartphone nantinya. Hal ini disebabkan oleh arus daya yang mengalir dari komputer, laptop atau notebook tidak stabil. Sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pengisian daya. Selain itu, arus bawaan komputer, notebook maupun laptop maksimal hanya 1 (satu) Ampere.

Demikian beberapa tips yang Glozaria sampaikan untuk mengatasi permasalahan dalam lambatnya pengisian daya smartphone. Semoga tips untuk mempercepat pengecasan HP tadi dapat bermanfaat bagi semua Glozovers yang sedang mengalami masalah tersebut. Jangan lupa share tips untuk mempercepat pengisian daya handphone ke teman atau keluarga Anda. Supaya mereka yang memiliki permasalaah yang sama dapat mengatasinya dengan tips ini. Salam Gadget!

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "10 Trik Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai HP Xiaomi, Samsung, Vivo dan Semua Merk HP"