Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

11 Jenis Perawatan Motor Matic yang Wajib Diketahui

Share :
Jarang Diperhatikan ! Ini Jenis Perawatan Motor Matik yang Wajib Diketahui
Ilustrasi Pengendara Menggunakan Motor Matic / Foto : Pexels
Glozaria.com - Masyarakat Indonesia rata-rata memilih motor matic sebagai kendaraan pribadi mereka. Hal ini dikarenakan, motor matic lebih canggih teknologinya serta lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Apalagi akhir-akhir ini motor matic malah menjadi trend di masyarakat, sehingga tak heran jika lebih banyak diminati. Baik kaum remaja, orangtua, pria maupun wanita akhir-akhir ini lebih memilih menggunakan motor matic. Selain mudah digunakan juga simpel dan canggih teknologinya.

Perawatan motor matic pun lebih mudah. Sehingga motor matic dapat lebih awet dan selalu dalam kondisi yang prima. Tetapi, apa saja perawatan motor matic itu ? Yuk simak 11 Jenis Perawatan Motor Matic di bawah ini!

Baca juga :

11 Jenis Perawatan Motor Matic yang Wajib Diketahui

1. Selalu Panasi Motor
Tindakan ini merupakan sebuah langkah kecil yang kadang sering diabaikan oleh para pengguna sepeda motor. Padahal hal ini merupakan suatu langkah penting dalam merawat motor utamanya motor matic. Tidak hanya kita yang butuh pemanasan sebelum melakukan olahraga, sepeda motor pun juga harus begitu. Jadi, Anda harus panasi motor matic sekitar 2 - 3 menit sebelum digunakan.

2. Kondisikan Kecepatan Motor
Jenis perawatan motor matic berikutnya adalah Anda perlu mengkondisikan kecepatan motor matic secara stabil. Jangan tiba-tiba melakukan pengegasan ataupun tiba-tiba menurunkan kecepatan langsung saat sedang berjalan dengan kecepatan tinggi. Terlebih saat anda melewati jalanan yang tidak rata, permukaan ban dapat terkikis lebih besar. Terapkan Teknik Eco Driving untuk mendapatkan kenyamanan berkendara, tingkat keselamatan tinggi dan tentunya irit bahan bakar.

3. Isi Bahan Bakar dan gunakan yang ber-Oktan 92
Selalu isi bahan bakar pada motor matic jika sudah mulai habis. Hal ini perlu dilakukan agar dapat terhindar dari terjadinya ke-aus-an pada mesin. Tolong! Jangan sampai Anda baru mengisi bahan bakar motor ketika sudah habis kering kerontang! Sebaiknya anda gunakan bahan berbakar ber-Oktan. Anda dapat memilih Pertalite atau PertamaX.

4. Teratur Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan
Oli merupakan salah satu kebutuhan motor yang harus dipenuhi. Sebaiknya Anda harus mengecek oli mesin pada motor matic Anda. Lalu, menggantinya secara berkala sesuai pemakaian motor. Jika oli mesin sudah kotor dan tidak diganti maka dampaknya mesin pada motor matic Anda akan terpengaruhi. Minimal Anda perlu menggantinya setelah menempuh jarak 3000 km atau sama dengan 2 - 3 bulan sekali. Ganti oli berfungsi untuk menjaga kebersihan mesin motor matic Anda. Gunakan merk oli yang sama setiap penggantian. Ingat pula untuk menggnti Oli Gardan setiap 2 kali ganti Oli Mesin (bareng dengan penggantian oli mesin yang kedua).

Motor Matic yang jarang dipakai apakah tetap ganti oli? Benar, untuk motor matic yang pemakaiannya sangat jarang tetap perlu perawatan. Termasuk penggantian oli sekalipun jangka waktunya lebih lama dibandingkan motor matic yang lebih intens digunakan. Lakukan penggantian oli sekitar 5 - 6 bulan sekali untuk motor matic yang sering nganggur di rumah.


5. Gunakan Kain Microfiber atau Kanebo Premium
Dalam melakukan perawatan, perhatikan peralatan dan perlengkapan yang anda pakai. Seperti pemilihan perlengkapana untuk memperindah motor matic anda. Hindari penggunaan kain Kanebo sembarangan. Gunakan kanebo yang kualitasnya bagus. Untuk lebih aman, gunakan Kain Microfiber sebagai pengganti Kanebo. Baik saat mengkilapkan maupun mencuci motor matic anda.

6. Perhatikan Kondisi Accu Dan Busi
Berikutnya Anda harus memperhatikan kondisi dari Accu dan Busi pada motor matic. Sebab, dua komponen ini merupakan komponen yang penting. Hal ini berguna agar motor matic yang Anda miliki tidak gampang mogok dan tetap nyaman dipakai. 

7. Periksa Roler Dan Ventbeld
Selain memperhatikan kondisi accu dan busi, Anda juga perlu memeriksa komponen penting lainnya seperti Roler dan Ventbeld. Penggantian komponen / spare part motor matic disarankan  menggunakan spare part asli atau penggantiannya dilakukan di bengkel resmi.

8. Periksa Ruang Transmisi Dan Oli Shockbreaker
Kemudian perisak juga ruang transmisi dan oli shockbreaker. Sebab, pada ruang transmisi terdapat banyak debu yang menempel di sana. Jadi,jika ruang transmisi sudah mulai kotor jangan lupa untuk selalu dibersihkan. Begitu pula oli shockbreaker yang harus diganti secara berkala.

9. Servis Motor Matic 
Hal terpenting dalam merawat motor matic lainnya yaitu servis. Anda tidak boleh melupakan hal yang satu ini! Sehingga sebaiknya Anda harus rutin secara teratur dan berkala untuk men-servis motor matic di bengkel resmi atau bengkel motor yang sudah terpercaya. 

10. Perhatikan Timing Belt
Timing belt mempunyai fungsi yang sama dengan rantai pada motor bertransmisi. Maka Anda juga harus selalu memperhatikan timing belt agar tidak mengeras. Sebab, jika timing belt mengeras motor matic akan sulit berjalan sehingga dapat menghambat perjalanan Anda.

11. Perhatikan Oli CVT
Selain mengganti oli mesin, Anda juga perlu memperhatikan Oli CVT (Continous Variable Vransmission) yang berfungsi sebagai transmisi pada motor matic. Cara kerja oli CVT  dengan mengganti transmisi dari motor matic secara langsung sesuai kecepatan saat berkendara. Pada CVT inilah letak utama pergerakan dari motor matic. Jadi, Anda harus memperhatikan oli pada CVT dan menggantinya secara berkala agar transmisi motor matic tetap berada dalam kondisi prima.

Demikian informasi mengenai Jenis Perawatan Motor Matic. Ketika Anda memiliki sebuah barang maka Anda juga harus merawatnya bukan ?! Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. 

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "11 Jenis Perawatan Motor Matic yang Wajib Diketahui"