Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Sukses Mempersiapkan Diri Jadi Vlogger di 2021

Share :
Begini Cara Sukses Mempersiapkan Diri Jadi Vlogger di 2021


Seiring pesatnya laju teknologi membuat banyak perubahan dalam berbagai bidang, termasuk bidang pekerjaan. Jika dulu cita-cita banyak orang itu jadi dokter, akuntan atau pengacara. sekarang berubah banyak generasi muda tertarik pada bidang-bidang digital salah satunya jadi Vlogger.

Dengan Ngevlogging Seseorang bisa mengekspresikan apa yang ia suka, mendapatkan penonton dan mendapatkan penghasilan. Semua orang bisa jadi vlogger, mau muda atau tua, kaya atau miskin semua memiliki kesempatan yang sama. Hanya bermodalkan kamera smartphone dan kuota internet semua orang bisa jadi Vlogger.


Begini Cara Sukses Mempersiapkan Diri Jadi Vlogger di 2021

Lalu bagaimana caranya jadi vlogger ditahun 2021 ini ? Silahkan simak artikel dibawah ini:

Tentukan Tema

Sebelum memulai jadi vlogger kita harus punya tujuan yang jelas. Kalau cuma iseng-iseng pasti tidak akan lama. Vlogger itu tidak cuma merekam video tapi harus ada nilai value-nya. Nilai apa yang ingin kita sampaikan ke penonton. Penonton akan datang sendiri bila konten yang kita buat menjawab pertanyaan mereka.

Penting juga untuk menentukan tema, cari sesuatu yang memang kita sukai atau kita pahami, karena konten berkualitas berasal dari sana. Membuat konten bertema spesifik akan memunculkan identitas yang membuat penonton mengenali channel kita. 

Seorang Ria Ricis terkenal karena konten daily vlognya, Pandji petualang terkenal karena konten ularnya dan masih banyak lagi vlogger yang sukses karena punya identitas.

Munculkan Keunikan

Menjadi Vlogger memang bisa dilakukan semua orang, tapi tidak semua orang bisa mencapai level tertinggi. Mampu dikenal banyak orang, mampu menggerakkan pengikutnya, dan punya penghasilan dari video yang telah dibuat.

Setiap hari ada ratusan-ribuan video diupload, ada kompetisi yang harus dilewati dan cara untuk menenangkannya adalah keunikan. Video kita harus berbeda punya sudut baru yang jarang dibahas orang lain. Pandji Pragiwaksono pernah berkata sedikit lebih beda lebih baik dari pada sedikit lebih baik. Unik akan membuat kita berbeda dari yang lain. Membuat konten kita lebih dicari dari pada konten sejenis.


Konsisten

Tidak ada jalan instan jadi vlogger, segala kesuksesan yang diraih oleh vlogger ada effort dibaliknya. Beli peralatan vlogging, memikirkan ide konten, menyiapkan waktu dan Editing Video, semua hal ini harus dilakukan secara konsisten. Niatkan semuanya untuk berbagi, membuat konten berkualitas, mau menerima saran dan kritik, karena nantinya uang itu akan datang sendiri. Penghasilan adalah dampak dari apa yang kita perjuangkan.

Mulai aja dulu

Banyak yang ragu untuk memulai jadi vlogger, dengan alasan keterbatasan alat dan butuh modal banyak. Anggapan ini keliru karena menjadi vlogger bisa dimulai dengan memanfaatkan alat yang kita punya. Pakai smartphone pun sudah bisa.

Jangan takut kalau karya pertama hasilnya jelek, karena setiap karya bagus berasal dari karya jelek. Upload saja secara konsisten, dan temukan apa dari video kita yang perlu diperbaiki. Seiring waktu kemampuan berbicara didepan kamera atau editing video bisa meningkat. 

Bagi yang sudah kerja punya penghasilan bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung. Agar bisa membeli alat-alat vlogger. Sesuaikan anggaran dan riset perlengkapan apa yang memang diperlukan untuk kebutuhan konten.


Persiapan Alat-alat Vlogging


Untuk jadi vlogger profesional, kita membutuhkan berbagai macam peralatan.

A. Kamera

Alat yang digunakan untuk merekam video. Alat ini wajib dimiliki oleh vlogger. Bisa pilih jenis apa saja mulai dari kamera hp, digital atau DSLR. Pilih kamera beresolusi bagus karena akan mempengaruhi kualitas video yang ingin dibuat. Untuk konten daily vlog kamera hp sudah cukup, konten cinematography lebih bagus pakai DSLR, untuk konten Outdoor pilih action Cam.

B. Handphone/Laptop

Ini adalah alat yang digunakan untuk mengedit video. Video yang sebelumnya telah terekam perlu diolah lagi. Diatur durasinya, ditambahkan efek, dan dikurangi noisenya. Dan semua itu memerlukan laptop/handphone. Pengeditan bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Adobe premiere pro, Kinemaster, Windows Movie maker dan lainnya.

Agar video lebih bagus lagi, kita bisa melengkapi peralatan pendukung lain seperti tripod untuk meminimalisir guncangan, mic: untuk menghasilkan suara yang lebih jelas dan lighting: gunanya untuk memberikan cahaya tambahan. Tidak usah takut jadi vlogger karena semua orang punya kesempatan yang sama.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Belum ada komentar untuk "Begini Cara Sukses Mempersiapkan Diri Jadi Vlogger di 2021"