Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Tipe Kepribadian

Share :
Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Tipe Kepribadian
Seseorang yang sudah memasuki masa produktif diwajibkan untuk mencari pekerjaan untuk mencukupi hajat hidupnya. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih pekerjaan seperti gaji, jenjang karir, lokasi dan pertimbangan lainnya. Tapi salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah faktor kepribadian.

Penting untuk memprioritaskan memilih pekerjaan yang cocok dengan tipe kepribadian. Karena setiap kepribadian punya spesifikasi kelebihan masing-masing dan tentunya akan lebih maksimal bisa disalurkan di bidang pekerjaan yang tepat. Rasanya akan lebih menyenangkan, bila pekerjaan kita adalah passion.


5 Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Tipe Kepribadian

Lalu bagaimana sih caranya memilih pekerjaan berdasarkan Tipe Kepribadian ? Silakan simak artikel berikut ini.

Tipe Realistis

Orang dengan tipe realistis adalah orang yang suka dengan hal-hal pasti, lebih condong menggunakan logika dalam memecahkan masalah. Mereka kuat untuk sesuatu yang berbau teknis. Mereka suka mengikuti prosedur dan punya jiwa mandiri yang kuat.

Untuk pekerjaan yang cocok adalah cari bidang yang berhubungan dengan fisik, ketangkasan, dan hal-hal yang lebih berbau ilmu logika. Seperti:
  • Pilot: Ketegasan dan Kekuatan yang dimiliki oleh orang realistis akan dibutuhkan saat jadi polisi. Karena tugas polisi adalah untuk menegakkan aturan dan menjadi pengayom masyarakat.
  • Guru Matematika: Orang realistis juga bisa jadi guru terutama untuk pelajar eksakta seperti matematika, fisika dan kimia. Karena pelajaran membutuhkan kemampuan logika yang runut karena merupakan bagian dari ilmu pasti.
  • Teknisi: Orang Realistis ahli dalam mengikuti sebuah prosedur dan suka akan bertindak dari pada teori dan karakter ini sangat cocok untuk jadi teknisi. Profesi ini lebih mengutamakan tindakan langsung dalam mengatasi sebuah masalah.

Tipe Investagatif

Orang dengan Tipe kepribadian investigatif memiliki kemampuan analisa yang bagus, mampu memecahkan masalah berbau akademis. Tak jarang orang dengan tipe ini selalu mendapatkan rangking disekolah. Orang investagatif sangat haus akan informasi, sangat menyukai belajar dan tak jarang sering diminta nasehatnya oleh orang lain.

Pekerjaan yang sesuai dengan orang bertipe investigasi adalah guru, ilmuwan, pengacara, pengamat politik dan sejenisnya. Pekerjaan yang mendorong seseorang untuk menganalisa atau mencari tahu, itulah pekerjaan yang sesuai untuk orang bertipe investigasi.

Hindari pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan aspek kepemimpinan seperti menjadi pengusaha. karena kelemahan orang bertipe investigasi adalah terlalu banyak pertimbangan.

Tipe Artistik

Orang bertipe Artistik adalah memiliki kreatifitas yang tinggi, punya pemikiran yang out of the box, mampu menciptakan inovasi-inovasi baru dan dikenal akan keluwesannya. 

Mereka juga memiliki kemampuan adaptasi yang bagus dan mudah diterima dilingkungan baru. Imajinasi merupakan kekuatan yang dimiliki orang artistik dan profesi yang harus dipilih juga harus bisa mewadahi hal tersebut. Menjadi Desainer, Penyanyi, Actor atau Dubber menjadi pilihan yang cocok.

Hindari profesi-profesi yang memiliki aturan yang ketat seperti menjadi polisi atau jaksa. Karena orang artistik tidak bisa sepenuhnya mengekspresikan idenya.


Tipe Sosial

Orang bertipe Sosial memiliki kepedulian sosial yang tinggi, mereka terkenal aktif dalam merespon isu-isu sosial. Potensi terbesar mereka adalah kemampuan komunikasi dan adaptasi. Mereka dikenal ramah dan mudah mencari teman. Kemampuan terbaik orang sosial akan muncul jika bekerja untuk bidang-bidang kemanusiaan. 

Orang bertipe sosial akan cocok bekerja menjadi guru, pendakwah, psikolog dan dokter. Pekerjaan yang melibatkan interaksi dengan orang lain. Akan membuat potensinya keluar, sisi empati dan simpatinya sangat cocok diwadahi dibidang-bidang ini.

Hindari pekerjaan-pekerjaan yang berbau logika seperti ilmuwan, teknisi dan sejenisnya, karena tidak cocok dengan karakter yang dimiliki orang sosial.

Tipe Entrepreneur

Orang bertipe Entrepreneur memiliki gairah untuk menciptakan peluang sendiri, mereka senang memimpin, dalam satu kelompok orang entrepreneur juga dikenal sebagai pribadi dengan kepercayaan diri yang tinggi. 

Kekuatan yang dimiliki Orang bertipe Entrepreneur adalah cara mereka percaya diri dan bagaimana cara mereka mempersuasi orang. Bukan rahasia lagi bahwa mereka memiliki pengikut yang banyak.

Untuk pekerjaan, orang bertipe entrepreneur cocok berkerja menjadi pengusaha, Politikus, Aktivis, Pengacara dan sejenisnya. 

Orang Bertipe Entrepreneur kurang cocok berkerja dibidang investigatif seperti jadi ilmuwan, penyelidik, akuntan dan sejenisnya. Karena profesi-profesi tersebut membutuh kemampuan analisis yang tinggi.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Belum ada komentar untuk "5 Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Tipe Kepribadian"