Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Prinsip Mark Zuckerberg Membangun Facebook Hingga Bisa Sukses

Share :
Prinsip Mark Zuckerberg Membangun Facebook Hingga Bisa Sukses

Alur dari kehidupan ini membuat kita harus memahami sebuah proses. Langkah-langkah sederhana mungkin punya dampak besar yang bisa melebihi ekspektasi. Beruntunglah untuk orang-orang yang selalu bersiap, memanfaatkan waktunya bukan untuk jadi seorang pengikut tapi menjadi seorang pengaggas perubahan.

Prinsip masa depan itu jelas, ketika kita menanam bibit tanaman terbaik, lalu kita pupuk, kita lakukan itu secara kontinyu, maka hasilnya adalah buah dengan kualitas terbaik. Begitu juga sebaliknya.


Prinsip Mark Zuckerberg Membangun Facebook Hingga Bisa Sukses

Mark Zuckerberg adalah salah satu sosok paling berpengaruh di dunia. Bagaimana caranya ia bisa memulai Facebook di usia 19 tahun, seolah ini adalah mustahil. Tapi ini benar-benar nyata. Sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak adalah Facebook. Mark Zuckerberg bisa jadi acuan, bagaimana generasi muda Bertindak. 

Awal Mula Mark Zuckerberg Menciptakan Facebook

Mark Zuckerberg adalah orang yang tahu ingin memulai sejarahnya dari mana. Problematika yang sering dialami anak muda adalah tidak punya tujuan. Kesulitan menemukan apa yang mereka bisa dan apa yang mereka inginkan. 

Di tilik dari latar belakang pendidikannya, Mark Zuckerberg pernah mengenyam kuliah di Harvard university dengan jurusan komputer dan psikologi, namun ia tak sampai menamatkanya dan memilih membangun Facebook.

Motivasi Mark Zuckerberg Menciptakan Facebook

Apa yang ada di pikiran Mark Zuckerberg pada saat itu, dengan gilanya memilih keluar dari salah satu institusi pendidikan tertinggi di dunia ? 

Kita semua tahu jaminan apa yang di miliki oleh seseorang dengan almamater " Harvard university" di pundaknya ?. Semua company menginginkannya, bukan hal sulit untuk mendapat jabatan tinggi, jika ia mau.

Tapi Mark Zuckerberg memilih jalan gila itu. Mark Zuckerberg mengajakn temannya untuk mendirikan Facebook. Awalnya dengan tujuan sederhana, menghubungkan para mahasiswa yang ada di Harvard university. 

Di mulai dari 4 Februari 2004, Facebook di kembangkan dari sebuah kamar kecil di kediaman Mark Zuckerberg. Semakin lama, banyak orang bergabung di media sosial ini. Cakupannya bukan lagi antar mahasiswa Harvard, Facebook melampaui ekpektasi yang di inginkan, kita semua tahu Facebook sampai sekarang memiliki lebih dari 2,7 miliar pengguna di seluruh dunia.


Pesan Motivasi Mark Zuckerberg Untuk Generasi Muda

Generasi muda harusnya memiliki antusiasme, penguasaan teknologi adalah kelebihan yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Facebook berdiri dengan gagasan ide sederhana, sekumpulan pemuda yang tidak sempat lulus dari Harvard berbagi ide bagaimana caranya agar orang-orang disekitar mereka bisa terhubung.

Pada waktu itu media sosial masih belum sebanyak sekarang. Komunikasi yang paling praktis hanya sebatas email atau SMS. Facebook hadir sebagai inovasi, sebagai media sosial yang penggunanya bisa membagikan aktivitas, foto, menunjukkan minat dan sebagainya.

Mark Zuckerberg menegaskan bahwa anak muda harus meningkatkan perannya demi peradaban dunia. 

Cara Mark Zuckerberg menemukan Tujuan hidupnya

Bagi Mark Zuckerberg menemukan tujuan sendiri tidaklah cukup. Kita harus membagikan rasa memiliki tujuan juga kepada orang lain. Tantanganya adalah bagaimana membuat dunia yang bisa membuat semua orang memiliki tujuan hidup. 

Pernyataan ini juga menjawab kenapa Mark Zuckerberg tidak melangkah kuliahnya hingga lulus. Alih-alih menjadi alumni Harvard,  bekerja dengan perusahaan besar dan menikmati gaji jutaan dolar. Ia memilih untuk menjadi orang yang memberi dampak. Peduli dengan apa yang di butuhkan orang-orang. 

Dan Facebook adalah bukti nyata bahwa Mark Zuckerberg ingin membuat semua orang di dunia ini saling terhubung tanpa sekat pembatas geografis, tanpa pembedaan kelas sosial dan dengan biaya terjangkau.

Prinsip Enterpreneur Ala Mark Zuckerberg

Yang mengejutkan dari Mark Zuckerberg saat mendirikan Facebook adalah bukan untuk menjadikannya perusahaan. Facebook diciptakan untuk memberikan dampak, untuk memberikan wadah penduduk dunia untuk saling terhubung. 

Ada hal yang lebih penting dari pada uang, baginya keberhasilan sejati adalah ketika seseorang menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri. Seseorang harus memiliki value, meningkatkan kualitasnya, sehingga ia bisa lebih banyak membantu orang lain.

Mark Zuckerberg berpesan kepada kita semua, jangan takut merealisasikan ide, meskipun pada awalnya belum terbentuk sempurna. Perlu yang namanya langkah pertama, kedua dan selanjutnya, agar ide terlihat lebih jelas.

Facebook berawal dari ide yang belum banyak dipikirkan orang, tapi setidaknya sampai titik ini, kita tahu bahwa segala sesuatu yang dimulai dari tujuan baik, akan berbuah dengan suatu yang baik.

Sumber Foto Utama: money.kompas.com

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Belum ada komentar untuk "Prinsip Mark Zuckerberg Membangun Facebook Hingga Bisa Sukses"