Depositphotos

6 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan, Pengusaha Perlu Tahu Nih!!

Bisnis apapun sebenarnya harus memikirkan tujuan yang sama. Bagaimana caranya menciptakan sebuah produk/jasa yang dibutuhkan, menjadi solusi dan memuaskan pelanggannya.

Baca juga :

Ketika pelanggan sudah suka, sudah yakin dengan sebuah produk, dampaknya adalah meningkatnya penjualan. Nama brand semakin baik dan memicu terciptanya pelanggan loyal.

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan, Pengusaha Perlu Tahu Nih!!

Pastinya setiap pengusaha ingin mencapai level tersebut. Pastinya juga harus dibarengi komitmen. Istilah "Pembeli adalah raja" adalah benar ada nyatanya. Mereka mau diprioritaskan, mereka mau, ingin mendapatkan balasan setimpal dengan uang yang digunakan saat membeli sebuah produk.

{tocify} $title={Table of Contents}

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan, Pengusaha Perlu Tahu Nih!!

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan:

Kualitas Produk

Kualitas sebuah produk adalah faktor utama yang membuat pelanggan puas. Produk ini bisa berupa barang maupun jasa. Mau semenarik apapun iklan/promosi yang dilakukan kalau tidak dibarengi dengan kualitas produk sama saja adalah bohong. Maka dari itu produsen harus memikirkan cara membuat produk yang bagus, menggunakan sumberdaya manusia unggul , melibatkan peralatan-peralatan terbaik dan yang paling penting adalah riset.

Apa yang ditanam, maka itulah yang dipanen. Kualitas Produk yang bagus akan menghasilkan impact yang bagus. Pembeli akan puas, karena bisa mendapatkan produk sesuai ekspektasinya. Hal ini tentunya akan meningkatkan tingkat permintaan pasar.

Kualitas Pelayanan

Pengaruh lain yang bisa memenangkan sebuah produk dalam persaingan pasar adalah kualitas layanan. Meskipun kompetitor banyak menghasilkan produk sejenis, tapi dengan pelayanan yang bagus bisa menjadi poin tersendiri yang membuat pelanggan tertarik meminang produk. 

Seorang pengusaha selain berusaha membuat produk bagus harus diimbangi dengan kualitas layanannya. Aspek-aspek layanan meliputi keramahan saat merespon saran, kritik pelanggan, fast respon,dan produk seyogyanya tersedia diberbagai platform jual-beli. Jika hal tersebut dilakukan, emosional pelanggan akan terikat. Kepercayaan mereka juga akan semakin kuat dalam menilai produk.

Harga Produk

Dalam menentukan sebuah produk memang harus berpikir dalam dua sudut pandang. Pasti pengusaha wajar menetapkan harga dengan margin agar mendapatkan untung tapi harus dipikirkan juga agar harga tersebut sesuai dengan kondisi pasar. Intinya jangan terlalu murah atau terlalu mahal. Harga Produk pastinya juga mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. 

Jangan sampai kita menetapkan harga produk tinggi tapi kualitasnya mengecewakan, ini tentu akan merugikan pelanggan. Mereka mau mengorbankan uang, mereka  mau menabung karena mereka ingin mendapatkan barang yang sesuai ekspektasi mereka. Maka dari itu pengusaha ini harus membuat harga yang tepat. 

Faktor Akses Produk

Produk yang tidak tersedia di banyak marketplace, stock-nya terbatas, hingga proses pembelian yang sulit bisa membuat konsumen jengkel, yang paling parah mereka malah bisa batal dalam melakukan pembelian. Jangan sampai hal ini terjadi pada bisnis anda. " aksebilitas" sebuah produk harus dipikirkan matang-matang.

Pembeli ingin dimudahkan dalam proses transaksi. Salah satu caranya menyediakan produk dalam toko fisik dan marketplace online. Semakin banyak pilihan metode belanja yang ditawarkan, menunjukkan komitmen kita pada pelanggan. Selain membeli, pelanggan bisa juga melakukan promosi gratis memperkenalkan produk kita pada orang lain.

Costumer Experience

Pengalaman berbelanja dari konsumen merupakan salah satu bagian penting faktor pembentuk kepuasan. Pengalaman belanja ini berbicara tentang garis besar kualitas produk, pelayanan terhadap pelanggan, kemudahan transaksi hingga pemberian diskon. Pelanggan tentunya ingin mendapatkan itu semua. Mereka ingin dimudahkan dalam berbelanja, mereka ingin metode pembelian beragam dan kesesuaian ekpektasi terhadap barang. Pengalaman belanja yang bagus inilah yang harus diperjuangkan oleh produsen. Jika bisa diwujudkan, bukan tidak mungkin usaha kita akan memimpin, menjadi nomor satu dikelasnya.

Testimoni

Pendapatan orang lain, komentar mereka terhadap produk kita ternyata mempengaruhi persepsi calon pembeli baru. Karena testimoni adalah bahan yang bisa dibandingkan oleh mereka. Testimoni memberikan gambaran terhadap garis besar produk. Ketika banyak testimoni positif itu menguntungkan, karena bisa menjadi bahan promosi efektif. Ini jugalah yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Maka dari itu, produsen harus mau menerima saran dan kritik agar nantinya testimoni yang diterima mayoritas bersifat positif.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos