Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengubah Lagu Menjadi Karaoke Dengan Audacity

Buat kalian yang hoby karaoke, bisa mencoba tutorial ini jika belum pernah mencobanya. Kali ini, admin ingin berbagi cara membuat lagu menjadi karaoke. Lagu karaoke bisa berbentuk audio atau video. Adapula lagu karaoke mempunyai format mp3 dan midi.

Kali ini Admin akan berbagi cara membuat lagu menjadi karaoke menggunakan komputer/laptop. Format akhir dari lagu karaoke ini adalah Mp3, bukan midi. Admin akan menggunakan aplikasi komputer/laptop yakni Audacity. Bagi kawan-kawan yang belum punya aplikasi Audacity silahkan didownload beserta Lame Audacity-nya.

Software audio editor audacity

Sebagai contoh, admin menggunakan lagu Virgoun Surat cinta untuk Starla. Jika kawan-kawan tertarik untuk mendengarkan hasil gubahannya berbentuk lagu karaoke, kawan-kawan bisa download pada tautan di bawah.

Lagu karaoke Virgoun Surat cinta untuk Starla

Cara membuat lagu menjadi karaoke menggunakan komputer/laptop

Berikut cara membuat lagu menjadi karaoke dengan komputer atau laptop.

1. Bukalah aplikasi Audacity. Klik menu File -> Open. Pilihlah file audio/video yang akan diubah audio/mp3 nya menjadi karaoke. Kemudian klik opsi Open. File audio/mp3 pun akan terbuka pada aplikasi Audacity.

Terlebih dahulu, perhatikan bentuk audio apakah mono atau stereo. Jika audio berbentuk stereo maka audio ini bisa diubah menjadi karaoke. Begitulah sebaliknya.


2. Tahap berikutnya, Set Sample Format. Klik gambar segitiga terbalik warna hitam (perhatikan gambar di atas yang ditandai dengan warna merah). Klik opsi Set Sample Format dan pilih opsi 16 PCM. Tunggu hingga proses selesai.


3. Selanjutnya, klik kembali gambar segitiga terbalik, klik opsi Split stereo track. File audio akan terbagi menjadi 2 (dua) yakni Left dan Right. Klik bagian Left kemudian klik gambar segitiga terbalik dan pilih opsi Mono. Lakukan langkah ini untuk bagian Right. Sehingga kedua file audio tadi menjadi mono.


Sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.



4. Berikuntya, klik pada audio bagian atas. Klik menu Effect -> Invert. Tunggu hingga proses invert selesai.


Sekarang, coba klik pada audio bagian atas yang di-invert tadi kemudian klik tombol Play. Coba dengarkan apakah suara vokal sang penyanyi sudah hilang. Pada proses ini sebenarnya suara vokal tidak hilang 100%. Melainkan hanya dikecilkan/dikurangi sekitar 90%. Jika suara vokal tidak berkurang maka lagu tersebut memang tidak bisa diubah menjadi lagu karaoke. Ini karena file audio lagu itu sudah bukan aslinya. Untuk itu kita harus mencari file lagu yang lain.

5. Jika suara vokal sudah berkurang sekitar 90% maka langkah terakhir adalah menyimpan file lagu karaoke. Klik menu File -> Export Audio. Tentukan nama dan posisi file lagu karaoke akan disimpan pada komputer/laptop. Jika sudah, klik opsi Save dan selamat lagu karaoke sudah berhasil dibuat.


Begitulah cara membuat lagu menjadi karaoke menggunakan komputer/laptop dengan Audacity. Jika tips/tutorial di atas bermanfaat silahkan dibagikan supaya membawa manfaat lebih banyak. Terima kasih sudah membaca tips/tutorial kami.
Share :

Belum ada komentar untuk "Mengubah Lagu Menjadi Karaoke Dengan Audacity"