Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jangan Salah Beli, Ini Jenis-Jenis Kabel USB Hingga yang Terbaru

Jangan Salah Beli, Ini Jenis-Jenis Kabel Data (USB) Hingga yang Terbaru
Glozaria.com - Hampir semua perangkat elektronik terutama gadget memiliki kabel untuk menghubungkannya ke perangkat lain atau untuk pengisian daya, kecuali perangkat nirkabel. Mulai dari HP, laptop, modem, mifi, remote kontrol, powerbank dan gadget lainnya memerlukan kabel USB untuk pengisian daya.

Baca Juga :

Namun, dari banyaknya jenis kabel, ali ini Glozaria akan membahas tentang macam-macam kabel data USB. Jadi, jangan salah beli! Selengkapnya simak ulasan ini.

Berikut ini jenis – jenis kabel data dari pertama hingga yang terbaru sekarang ini.

1. USB Type-A

usb type a

Jenis yang pertama adalah USB Type-A. Universal Serial Bus Type A ini merupakan tipe USB yang paling banyak digunakan dan memiliki bentuk persegi dengan dimensi yang lebar. Anda dapat menjumpainya di laptop, desktop, perangkat periferal, dan adaptor perangkat mobile. 
Selain pada komputer dan beberapa perangkat mobile, Anda juga dapat menemui USB type-A ini pada konsol game PlayStation, Nintendo Wii, Xbox DVD, televisi, dan Blu-Ray player.


2. USB Type-B

Jenis kabel USB yang kedua adalah USB Type-B. USB ini memiliki bentuk seperti persegi dan berfungsi untuk menyambungkan printer maupun scanner ke perangkat komputer. Tetapi, dikarenakan sekarang sudah terdapat tipe USB lain yang lebih kecil dan efisien. USB Type B menjadi semakin jarang digunakan.

3. USB Type-C

usb type c

Selanjutnya, USB Type-C yang telah marak digunakan di pabrikan ponsel kelas menengah ke atas dan pabrikan laptop. USB ini memiliki bentuk oval dan simetris, maka tak heran  bila USB ini dapat dicolokkan dalam posisi terbalik. Selain itu, Type-C mampu mengalirkan daya serta melakukan transfer data lebih cepat dibandingkan dengan tipe USB lain. Bahkan, USB ini jugasudah digunakan oleh laptop premium jenis ultrabook.


4. Micro USB

micro usb type a

Lalu, terdapat Micro USB yang masih tersematkan pada ponsel pintar serta beberapa perangkat pendukungnya seperti powerbank. Bentuk dari USB ini lebar dan pipih sehingga mudah untuk ditemui. Micro USB juga digunakan pada perangkat elektronik lain, misalnya pengisian daya baterai dan transfer data pada kamera digital. Biasanya berbentuk micro usb type a dengan sisi lainnya yang berupa usb type a.

5. Mini USB

Sebelum adanya Micro USB, terdapat Mini USB yang banyak dipakai pada perangkat mobile. Seperti ponsel, harddisk eksternal, MP3 player ataupun gamepad konsol pada PlayStation. Dapat dilihat dari namanya, Mini USB memiliki bentuk yang lebih kecil dibandungkan Type – B  dan Type – A. Tetapi bila dibandingkan Micro USB, Mini USB mempunyai bentuk yang sedikit lebih tebal.

6. Lightning

Jenis kabel USB selanjutnya yaitu Lightning. Kabel data satu ini merupakan USB yang didesain khusus oleh perusahaan Apple untuk menghubungkan produk perangkat mobile mereka. Misalnya iPhone atau iPad yang dihubungkan ke adaptor listrik, ke komputer maupun ke powerbank.

Koneksi  dari kabel Lightning ini memudahkan pengguna iPad maupun iPhone untuk bertukar kabel charger. Tetapi, Anda akan kesulitan bila menjumpai power bank atau perangkat sejenis yang dijual satu paket lengkap dengan kabel USB jenis ini. 

7. USB Micro B Superspeed

Jenis kabel data ini termasuk kabel USB yang paling jarang terlihat di pasaran. Sebab, USB Micro B Superspeed umumnya digunakan untuk menghubungkan harddisk eksternal ke televisi ataupun ke komputer. USB Micro B Superspeed juga mempunyai bentuk yang panjang dan pipih. USB tipe ini pun memiliki kemampuan transfer data yang sangat cepat mencapai 5 Gbps. 

8. USB OTG

usb otg

Terakhir, Universal Serial Bus On-The-Go atau biasanya disebut dengan USB OTG. Kemampuan dari kabel USB jenis ini adalah dapat mengubah tablet atau ponsel Android yang Anda miliki menjadi USB hub. Sehingga dapat menhubungkan media penyimpanan eksternal ke ponsel Anda. Seperti, flash drive ke ponsel dengan port Micro USB. Jadi, kamu dapat membuka, melihat, membaca, meng-copy-paste, maupun mengubah konten data yang ada pada media penyimpanan eksternal tersebut secara langsung dari perangkat Anda.


Tips Membeli Kabel USB Sesuai Kegunaan

Setelah mengetahui jenis-jenis kabel usb di atas, anda harus memastikan kabel USB mana yang digunakan untuk perangkat anda. Misalnya perangkat anda menggunakan kabel data dengan jenis Micro USB type A. Tentu belilah jenis ini yaitu Micro USB. Buat anda yang membeli HP terbaru, sebagian besar sudah menggunakan USB type C.

Selain itu, anda perlu perhatikan kegunaannya apakah untuk kabel charger atau kabel data. Sering Glozaria dapatkan kabel charger yang tidak dapat digunakan sebagai kabel data. Ada yang sama dengan Glozaria? Kabel bawaan (standar) biasanya sudah memiliki kedua fungsi ini. Namun lain halnya dengan kabel USB yang bukan bawaan HP/gadget tersebut.

Jika anda akan menggunakannnya sebagai kabel data, ada baiknya jika anda membawa perangkat lain yang akan dikoneksikan dengan Hp. Misalnya anda bisa membawa laptop anda untuk mencoba langsung kabel USB tersebut berfungsi dengan baik sebagai kabel data.

Nah, itulah jenis–jenis  kabel USB dan tips singkat membeli kabel USB sesuai kegunaan. Jadi harus dicermati ya perbedaan kabel USB-nya dan jangan sampai salah beli!

Supaya artikel ini bisa bermanfaat ke banyak orang. Untuk itu, jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman Anda! Supaya mereka tahu, pun paham ternyata ada beberapa jenis kabel data. Agar mereka juga tidak salah dalam membeli kabel data!

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "Jangan Salah Beli, Ini Jenis-Jenis Kabel USB Hingga yang Terbaru"