Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Macam-Macam Error Saat Akses Situs di Internet Dan Alternatif Cara Mengatasi

Arti Macam-Macam Error Saat Akses Situs di Internet Dan Alternatif Cara Mengatasi


Halo semuanya!! Apa kabar? Semoga sehat selalu. Pernah nggak sih kalian sementara searching di google tiba-tiba muncul error yang entah dari mana asalnya sehingga membuat kita merasa terganggu dengan kemunculan error tersebut. Sebab yang sering terjadi adalah salah mengetikkan alamat web, jaringan yang tidak mendukung dan sebagainya. 

Nah di sini mimin akan merangkum beberapa jenis error yang selalu muncul saat kita berselancar di dunia internet. Sudah tahu belum? dari salah satu jenis error yang akan mimin sampaikan, salah satunya kamu dapat memanfaatkannya untuk bermain game. Jenis error yang manakah itu? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Request Timed Out (RTO)

Pasti banyak yang sering dapat error yang seperti ini. Error ini disebabkan karena jaringan memerlukan banyak waktu untuk merespon permintaan klien. Jadinya koneksi sangat susah untuk dijangkau. Pada browser mozilla firefox error ini dapat ditemukan sebagai the connection has timed out. Error ini juga biasanya karena:
  • akses yang banyak dalam waktu tersebut yang mengakibatkan delay yang tinggi.
  • koneksi terputus.
  • jaringan tidak bagus.

Adapun cara mengatasi error RTO adalah:
  • periksa kembali alamat web yang dituju.
  • periksa jaringan  anda.
  • buka kembali alamat web  saat orang akses web tersebut tidak tinggi.

This Site Can't Be Reached


Error ini mungkin yang paling sering ditemui pengunjung internet. Saat kamu membuka internet tanpa koneksi internet maka kamu akan menemukan ini. Error ini juga biasanya karena:
  • Koneksi internet yang tiba-tiba drop/putus saat halaman sedang melakukan pemuatan.
  • Koneksi internet yang buruk atau tidak stabil.
  • Permintaan request yang lambat.

Adapun cara mengatasi error ini adalah:
  • Periksa koneksi internet.
  • Periksa konfigurasi proxy, firewall, dan DNS.
  • Refresh dengan klik tombol Reload pada halaman saat tersambung dengan internet.
  • Tunggu beberapa saat hingga halaman akan merefresh secara otomatis.
  • Coba jalankan windows network diagnostics.

No Internet

No internet pada Chrome

Dari error yang tampil terlihat jelas bahwa penyebabnya adalah karena perangkat tidak terhubung ke internet baik data seluler maupun wifi. Adapun cara mengatasi error ini adalah:
  • Periksa sambungan koneksi internet.
  • Reload halaman saat tersambung dengan internet.
  • Tunggu beberapa saat hingga halaman akan merefresh secara otomatis.
Perlu diketahui bahwa pada error ini kamu dapat memanfaatkan waktu menunggu untuk bermain game offline. Game ini akan otomatis terhenti saat koneksi internet kembali bagus. Pada Google Chrome misalnya kamu dapat bermain Game Dinosaurus T-rex . Artikelnya dapat dibaca di sini.



Your Connection Was Interrupted


Bingung apa yang terjadi? tenang mimin tahu penyebabnya guys. Jadi penyebab dari error ini adalah adanya perubahan/pergantian jenis koneksi. Saat kamu pindah dari satu wifi ke wifi lain atau SSID satu ke SSID lain saat pemuatan halaman maka akan memunculkan error ini. Adapun cara mengatasi error ini adalah:
  • Periksa sambungan koneksi internet.
  • Reload halaman saat tersambung dengan internet.
  • Tunggu beberapa saat hingga halaman akan merefresh secara otomatis.


400 Bad Request Error

Kesalahan ini biasa diakibatkan oleh pengguna yang memasukkan URL atau alamat yang tidak diketahui oleh penerima. Nah kemungkinan besar disebabkan karena URL  atau server yang rusak. Adapun cara mudah dalam menanggapi error ini ialah:

a. Periksa URL
Periksa kembali URL tujuan anda mungkin masih kurang 1 huruf,  tidak memakai “.” “;” , kurang huruf besar atau kecil dan sebagainya.
b. Kecilkan Ukuran File
Tak jarang nih ada yang mendapat error ini saat mengunggah video atau file. Kemungkinan kemunculan error ini disebabkan karena file yang anda unggah terlalu besar yang mengakibatkan jaringan tidak bisa menerima request file anda.
c. Refresh Halaman
Cara alternative mengatasi error ini ialah dengan merefresh/reload alamat web dan lakukan berulang ulang.

404 Not Found


Siapa yang sering dapat error seperti ini?? Pasti banyak. Nah error ini biasanya terjadi saat server tak menemukan sumber yang dicari bisa meliputi file, video, audio, web, dan sebagainya. Penyebab dari error ini bisanya karena pemilik telah menghapus file atau webnya.

Error 404 sengaja dibuat oleh pemilik situs web untuk memberi tahu pada pengunjung bahwa halaman yangs sedang diakses udah dihapus baik sementara maupun permanen. Untuk pemain adsense, halaman 404 ini sifatnya wajib ada untuk dapat diterima sebagai publisher (penayang iklan) Adsense.

Adapun cara mengatasi error ini adalah:
  • Periksa kembali alamat yang dituju.
  • Refresh alamat/web.
  • Mencari pada sumber/website lain.

502 Bad Gateway Error 

Masalah seperti gateaway ini umumnya dapat diatasi jika kita menghubungi pemilik server atau admin web. Walaupun sebagian besar error gateaway disebabkan server namun tak jarang error seperti ini disebabkan karena website yang terganggu. Adapun cara mengatasinya:

a. Refresh Halaman
Server yang overload terkadang dapat menyebabkan error pada gateaway. Nah yang kalian bisa lakukan ialah refresh halamannya hingga server dapat merespon kembali.
b. Hapus Cache Website
Nah apa sih itu cache? Cache merupakan berkas atau file yang biasa di simpan setelah mengunjungi sebuah website. Kemungkinan penyebab error gateaway bisa saja diakibatkan berkas cache sudah kadaluarsa makanya perlu kita untuk menghapus file cache ini.

403 forbidden

Nah pasti rada ngeri karena ada larangan pengaksesan guys. Jadi jika kalian mendapat error seperti ini kemungkinan besar karena kamu nggak punya hak dalam mengakses situs tersebut atau  kalian nggak diberi hak kepada server untuk mengakses website tersebut. Adapun cara mengatasinya ialah:
  • Ubah setelan keamanan pada website tersebut 
  • Refresh kembali laman website
  • Hubungi pemilik website agar memberikan akses pada situs tersebut.

503 Service Unavailable Rrror

Nah untuk error seperti ini biasanya disebabkan karena server yang tidak mampu menanggapi request dalam satu waktu. Biasanya website ini mempunyai batasan pengunjung sehingga saat server sibuk menanggapi request maka error inilah yang biasa sering muncul. Adapun cara mengatasinya ialah:
  • Merefresh kembali situs tersebut hingga server dapat menerima request anda
  • Buka kembali situs saat request pengguna sedang menurun.

Untuk sesi error networking pada kesempatan ini cukup sekian. Intinya kalau kalian lagi dapat error website kalian dapat merefresh situs agar server dapat menerima request dari kalian. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. See u next article,, bye.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "Arti Macam-Macam Error Saat Akses Situs di Internet Dan Alternatif Cara Mengatasi"