Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Trik Chat dan Fitur Whatsapp (Tersembunyi) yang Jarang Diketahui Pengguna

Share :
Trik Chat dan Fitur Whatsapp (Tersembunyi) yang Jarang Diketahui Pengguna
Update Whatsapp/Foto : Glozaria

Ingat dengan ulasan fitur whatsapp terbaru terdahulu? Ya, Glozaria telah memberikan ulasan mengenai fitur-fitur baru whatsapp setelah adanya pembaruan pada bulan Desember 2020.

Aplikasi whatsapp merupakan aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, pada aplikasi whatsapp sudah disematkan banyak fitur. Namun, tidak jarang banyak pengguna yang jarang bahkan tidak menggunakan beberapa fitur tersebut. Beberapa diantaranya berisi trik chat whatsapp yang akan membuat chat semakin menyenangkan. Selain itu, ada juga trik untuk mengamankan privasi pengguna.

Baca Juga :

Apa saja sih trik chat whatsapp dan fitur-fitur whatsapp tersebut ? Langsung saja yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Ubah Format Teks Di Whatssapp

Fitur ini sudah diketahui oleh banyak orang, yaitu mengubah format teks pada whatsapp.  Caranya jika ingin menebalkan kata atau huruf tinggal menulis format seperti *kata/kalimat* = kata/kalimat . Lalu, untuk membuat teks menjadi miring, tulis format _teks_ = teks sedangkan untuk mencoret teks tinggal menulis format ~coret ~ = coret  . Silahkan dicoba langsung pada aplikasi Whatsapp Anda!

2. Pin Percakapan / Grup Penting

Selanjutnya pin percakapan / grup yang penting. Hal ini bisa dilakukan dengan cara, tekan lama pada percakapan chat atau grup yang kamu rasa itu penting. Lalu pilih ikon pin maka percakapan chat/ grup kamu akan di pin atau disematkan pada baris atas/awal chat. Whatsapp membatasi hanya sampai 3 (tiga) chat yang dapat di-pin.

3. Bookmark Pesan (Pesan Berbintang)

Fitur pesan berbintang hampir sama seperti fitur bookmark. Pada fitur ini Anda bisa memberi tanda bintang pada pesan chat yang dirasa amat penting. Sehingga nantinya tinggal membuka bookmark dari pesan berbintang tersebut. Cara membuka pesan yang sudah disimpan dengan klik ikon Menu lalu pilih Pesan berbintang.

4. Stop Download Otomatis

Whatsapp juga memiliki fitur stop download otomatis loh! Caranya dengan membuka pengaturan lalu pilih data dan penyimpanan. Lalu, Anda tinggal pilih untuk menonaktifkan download otomatis.


5. Share Story Whatsapp Ke Facebook

Selain membuat status di whatsapp dan dilihat oleh keluarga ataupun orang terdekat. Anda juga bisa secara langsung membagikan story whatsapp yang telah dibuat ke story di akun facebook Anda.  

6. Menyembunyikan Tanda Pesan Dibaca

Fitur berikutnya yaitu menyembunyikan tanda pesan telah dibaca. Hal ini dapat kamu lakukan dengan cara membuka Setelan atau Setting. Lalu, buka account dan pilih privasi. Turn off read receipts / laporan dibaca.

7. Menyembunyikan Foto Profil dan Info

Selain menyembunyikan tanda pesan dibaca, Anda juga dapat menyembunyikan foto profil Anda. Baik itu menyembunyikannya dari orang yang belum mensave nomor Anda maupun dari seluruh kontak yang tersimpan di telepon Anda. Caranya buka setelan – akun – privasi – foto  profil  dan pilih siapa yang Anda izinkan untuk melihat foto profil Anda : Semua orang, kontak saya, dan tidak ada. Untuk menyembunyikan dari semua orang, pilih tidak ada. Trik chat ini serupa caranya jika anda ingin menyembunyikan Info profil.

8. Mengetahui Kapan Pesan Dibaca

Jika tadi Anda dapat menyembunyikan pesan yang telah dibaca dari orang lain. Fitur ini dapat mengetahui kapan pesan Anda dibaca. Ini berlaku saat kamu mengirim pesan di chatt pribadi ataupun grup. Caranya tekan lama pada pesan yang telah kamu kirim lalu pilih titik tiga di bagian kanan atas, dan pilih info. Maka akan muncul kapan pesan kamu terkirim dan dibaca. Jika di grup kamu juga akan tahu, pesan kamu telah dibaca oleh siapa saja. 


9. Menyembunyikan Status Kapan Terakhir Dilihat

Fitur – fitur  whatssapp yang perlu ditahu lainnya adalah menyembunyikan status kapan terakhir dilihat. Baik dari orang lain yang tersimpan di kontak hp kamu, atau yang tidka tersimpan di kontak, maupun siapapun. Caranya masuk ke pengaturan – akun – privasi  – terakhir dilihat / last seen dan pilih siapa yang Anda izinkan untuk melihatnya. Atau kalian ingin tidak seorangpun dapat melihat kapan Anda terakhir dilihat di whatsapp. Tetapi, saat Anda sedang online orang lain tetap dapat melihat Anda. 

10. Mengunci Whatsapp

Terakhir adalah fitur mengunci whatsapp. Fitur ini biasanya sudah ada pada beberapa smartphone yang terhubung dengan aplikasi whatsapp untuk lock app. Namun, kali ini whatsapp juga menyediakan lock-nya sendiri yaitu dengan fingerprint. Sehingga Anda dapat mengunci aplikasi whatsapp Anda dengan sidik jari. Caranya mudah, buka pengaturan / settings, lalu pilih akun, pilih privasi, scrol sampai ke bawah. Nah nanti akan Anda temukan kunci sidik jari / Fingerprint. Tinggal ditekan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Itulah beberapa fitur – fitur  whatssapp yang perlu ditahu. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menggunakan fitur-fitur yang telah disediakan oleh whatsapp. Selamat mencoba!

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Trik Chat dan Fitur Whatsapp (Tersembunyi) yang Jarang Diketahui Pengguna"